Jumat, 16 April 2021
  • Home
  • DUMAI
  • Pelindo 1 Cabang Dumai Sukses Ekspor 25 Kontainer ke Port Klang Malaysia
Senin, 29 Maret 2021 19:25:00

Pelindo 1 Cabang Dumai Sukses Ekspor 25 Kontainer ke Port Klang Malaysia

Senin, 29 Maret 2021 19:25:00
BAGIKAN:
NET
Ilustrasi pelabuahn peti kemas
DUMAI,POROS RIAU.COM- Kegiatan kepelabuhanan Pelindo 1 Cabang Dumai semakin menggeliat. Selain melayani kegiatan curah cair dan curah kering serta jasa penundaan dan pemanduan kapal.
 
Perusahaan semi plat merah ini juga merambah bisnis kegiatan bongkar muat pelayanan ekspor kontainer atau peti kemas yang berskala international.
 
Pelindo 1 Dumai sukses melaksanakan pemuatan sebanyak 25 boks peti kemas untuk diekspor ke Port Klang, Malaysia, Ahad (28/03/21).
 
GM Pelindo I Cabang Dumai Jonedi Ramli mengatakan pemuatan peti kemas tersebut merupakan yang perdana di tahun 2021 ini. Dalam kegiatan pemuatan peti kemas ini, pihaknya bekerja sama dengan perusahaan pemilik peti kemas yakni PT Sagara Mitra Abadi.
 
Pemindahan peti kemas dari trailer ke tongkang menggunakan shore cran sennebogen berkapasitas 45 ton. Kegiatan muat peti kemas dimuat diatas tongkang BG BH 2 pada 28 Maret 2021 pukul 22.50 WIB. Dan keesokan harinya pada pukul 07.00 WIB, tongkang bersama puluhan peti kemas tersebut langsung bergerak menuju Port Klang, Malaysia.
 
  "Sebanyak 25 box peti kemas telah kita ekspor ke Port Klang Malaysia melalui Dermaga C Pelindo 1 Cabang Dumai, alhamdulilah semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan" ujar GM Pelindo I Dumai Jonedi Ramli, Senin (29/03/21).
 
Jonedi berharap kegiatan perdana ekpor peti kemas ke jalur international ini menjadi titik tolak berkesinambungannya kegiatan ekspor dan impor peti kemas antar mancanegara.
 
Pelindo 1 Dumai lanjutnya telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung kelancaran kegiatan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Dumai.
 
"Kita memiliki fasilitas yang sangat memadai baik dari sisi container yard (lapangan penumpukan peti kemas) serta didukung dengan peralatan bongkar muat dan alat berat reachtaker yang selalu siap pakai disertai dengan operator yang kompeten dan handal," ungkap Jonedi Ramli.
 
Sementara itu Direktur Utama PT Sagara Mitra Abadi, Yudi mengakui pengiriman peti kemas melalui Dermaga C Pelindo Dumai lebih efisien dibandingkan dengan daerah lainnya. Sebab, jarak tempuh dari Pelabuhan Dumai ke Port Klang diperkirakan hanya memerlukan waktu sekitar 20 jam perjalanan.
 
"Kami memilih Pelabuhan Pelindo Dumai karena posisinya yang strategis dan dekat dengan Port Klang, di sisi waktu sangat efesien diperkirakan hanya 22 jam saja sudah sampai ke pelabuhan tujuan, sementara jika kita menggunakan pelabuhan lainnya bisa-bisa baru sampai dalam 3 hari perjalanan," ungkap Yudi.(rls)
  Berita Terkait
  • Pelabuhan Tikus Pintu Masuk Narkoba di Riau

    2 tahun lalu

    Banyak pelabuhan kecil yang tidak resmi di pesisir pantai di wilayah Riau kerap dijadikan pintu masuk bagi pengiriman narkoba dari negara tetangga ke wilayah Indonesia.

  • Mukhtar : Kota Dumai Adalah Kota Yang Berpotensi Memiliki Perputaran Uang Yang Sangat Besar

    2 tahun lalu

    DUMAI (POROSRIAU.COM) –  Mukhtar adalah Calon Anggota Legislatif (Caleg ) 2019 Kota Dumai yang mencalonkan melalui Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan Daerah Pemilihan (Dapil) II ya

  • Demi Keamanan, Jembatan TPI Milik PT Pelindo Dumai Ditutup

    tahun lalu

    Penutupan dengan menggunakan dua peti kontainer dilakukan sekitar jam 08.00 WIB. Dua peti kontainer yang melintang di jembatan TPI Dumai bertuliskan Temas Line.

  • Ketua APKB Wilayah Sumatera dan Kalimantan Serahkan Sertifikat untuk PT KLK dan KJA

    5 bulan lalu

    Kedua perusahaan tersebut berlokasi di Jalan Datuk Laksamana, kawasan PT Pelindo 1 Cabang Dumai, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur 28814, Riau

  • Indonesia dan Arab Saudi, Siapa Membutuhkan Siapa?

    4 tahun lalu

    POROSRIAU.COM--Pertumbuhan ekonomi Arab Saudi terus melambat dalam dua tahun terakhir. Setelah mencatat pertumbuhan fenomenal sebesar 10 persen pada 2011, perekonomian negara teluk itu kemudian turun pada 2012, dengan pertumbuhan 5,4 persen dan turun lagi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.