Jumat, 10 Juli 2020
  • Home
  • DUMAI
  • Pipa Loading Pecah, Diduga Palm Stearin PT. Kreasijaya Adhikarya Cemari Laut.
Kamis, 18 Juni 2020 21:09:00

Pipa Loading Pecah, Diduga Palm Stearin PT. Kreasijaya Adhikarya Cemari Laut.

Oleh: MA
Kamis, 18 Juni 2020 21:09:00
BAGIKAN:
Petugas Kebersihan PT. Kreasijaya Adhikarya Membersihkan Sisa Tumpahan Stearin.

DUMAI, Porosriau.com - ‎ Palm Stearin PT Kreasijaya Adhikarya tumpah saat loading di dermaga B Pelabuhan Pelindo I Cabang Kota Dumai. Stearin yang tumpah diduga mencemari laut kota Dumai.

Informasi yang dirangkum di lapangan, tumpahnya stearin akibat pipa loading mengalami kerusakan dan pecah. Palm stearin menyembur ke atas dermaga B dan membasahi pipa yang ada di dermaga tersebut, sebagian stearin diduga jatuh ke laut.

Kejadian sekitar pukul 23.30 WIB saat PT Kreasi melakukan loading stearin ke Motor Tengker (MT) Stolt Botan, Rabu malam (17/6/2020).

Kamis (18/6/2020), petugas dari PT Kreasi membersihkan tumpahan stearin yang mengotori pipa-pipa di dermaga B Pelindo Dumai.

Made, HSE PT Kreasijaya Adhikarya ‎membenarkan adanya insiden Pecahnya pipa loading Setearin dari perusahaan Kreasi ke kapal Stolt Botan, berdasarkan informasi petugas di lapangan, kejadian tersebut terjadi pada Rabu (17/6/2020), sekitar pukul 23.30 WIB.

Dirinya mengaku, bahwa saat ini pihaknya masih melakukan kroscek ulang seperti apa kronologis dilapangan, yang sebenarnya.

"Menurut petugas di lapangan saat kejadian tidak ada stearin yang jatuh ke laut," tegasnya.

Sementara, Herry Yos Purwanto Purba, selaku Kasi Penjagaan, Patroli ‎dan Penyidikan (P3), Kantor KSOP Kelas I Dumai, mengungkapkan, setelah mendapatkan informasi terkait pecahnya pipa loading di lapangan pihaknya langsung menuju ke lapangan untuk melihat situasi lapangan.

‎"Kami kasih waktu kepada perusahaan untuk melakukan pembersihan, dan nantinya kita akan meminta perusahaan menjelaskan kronologis kejadian," katanya.

Setelah pembersihan, tambahnya, pihaknya akan melakukan patroli melihat sisi lautnya, apakah ada sisa-sisa stearin di laut.

Terpisah, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kota Dumai, Satrio Wibowo melalui, Kabid penataan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup, Anton Bididharma mengatakan, terkait kejadian itu, pihak perusahaan sudah melapor ke DLH.

"Pihak perusahaan telah melaporkan kejadian tersebut Kamis (18/6/2020) pada pukul 08.00 WIB," kata Anton.

Dalam laporannya, pihak perusahaan menjelaskan, kejadian pada Kamis dinihari sekitar pukul 03.00 wib. Pihak perusahaan tidak menyebut berapa banyak stearin yang tumpah.

"Kita juga sudah cek kelapangan, memang tumpahan Starin tidak terlihat di laut, namun petugas masih membersihkan ceceran-cecerannya masih ada di pipa-pipa atas," pungkasnya.
Editor: Redaksi

Sumber: Halloriau.com

  Berita Terkait
  • Tumpahan CPO, PT. Kreasi Jaya Adhikarya Tidak Henti Hentinya Cemari Laut Dumai

    tahun lalu

    DUMAI (POROSRIAU.COM) – Laut Dumai kembali tercemar CPO dari tongkang milik PT Multi Perkasa Sejahtera untuk diloading ke PT Kreasi Jaya Adhikarya didermaga B kawasan Pelindo, Rabu (29/05).

  • Layak kah Wabup Bengkalis Muhammad Dipenjara KPK?

    4 tahun lalu

    POROSRIAU.com- Riau dikenal dengan sebutan “Petro Dollar” karena kaya dengan minyak bumi dan perkebunan kelapa sawit.“Atas minyak, bawah minyak” kerap terdengar istilah ters

  • Ini Jawaban Kepala Daerah Terhadap Pandangan Umum Fraksi LKPJ Kepala Daerah Tahun 2017

    2 tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Kepulaian Meranti H. Said Hasyim menyampaikan Jawaban Kepala Daerah Terhadap Pandangan Umum Fraksi Fraksi Tentang Penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun 2017, pa

  • Berikut Nama-Nama Tersangka Dan Kejahatannya

    4 tahun lalu

    Rohil(POROSRIAU.com) - Kepolisian Sektor ( Polsek ) Bangko,Rokan Hilir Riau ekspos 3 kasus yang berbeda, ekspos dipimpin langsung Kapolsek Bangko AKP.Agung Triadi.SIK di aula Mapolsek,Jalan Perwira,Kamis (4/8/16) siang didampingi Wakapolsek AKP.Dodi dan K

  • Ikan Penis Gegerkan Pantai California

    7 bulan lalu

    Ikan penis tersebut terlihat di Pantai Drake, yang terletak 80 km dari San Fransisco. Ikan penis sering juga disebut sebagai 'penjaga penginapan yang gemuk (fat innkeeper)'.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.