Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • DUNIA
  • Amerika Serikat Keluar Dari UNESCO
Jumat, 13 Oktober 2017 07:34:00

Amerika Serikat Keluar Dari UNESCO

Oleh: Redaksi
Jumat, 13 Oktober 2017 07:34:00
BAGIKAN:
UNESCO.(charismanews.com)

POROSRIAU.COM--Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyampaikan pengumuman untuk keluar dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan atau UNESCO pada Kamis (12/10). Mereka menuding badan khusus di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu telah bertindak bias anti-Israel.

Juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Heather Nauert mengatakan Washington akan membentuk 'misi pengamat' untuk menggantikan perwakilannya di lembaga yang berkantor pusar di Paris tersebut.

Awal mula peristiwa ini karena Amerika Serikat dibuat geram pada 2011 ketika semua anggota UNESCO memberikan hak keanggotaan penuh kepada Palestina, meski mendapat tentangan dari sekutunya Israel.

Washington sendiri menentang langkah apapun yang dilakukan oleh badan-badan khusus PBB untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Mereka berkeyakinan bahwa hal ini harus menunggu kesepakatan damai Timur Tengah yang tengah dinegosiasikan.

Akan tetapi, pemerintahan Presiden AS Donald Trump juga telah melakukan banyak peninjauan tentang komitmen multilateralnya, yakni mengedepankan kebijakan luar negerinya America First.

Menurut Nauert, Deplu AS telah memberi tahu Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova tentang keputusan mereka pada Kamis pagi waktu setempat.

“Keputusan ini tidak dapat dianggap enteng, dan mencerminkan kekhawatiran AS akan meningkatnya tunggakan di UNESCO, kebutuhan akan reformasi fundamental dalam organisasi tersebut, dan berlanjutnya bias anti-Israel di UNESCO,” bunyi pernyataan.

Nauert menambahkan, Amerika Serikat juga menunjukkan kepada direktur jenderal itu soal keinginan untuk tetap terlibat dengan UNESCO sebagai negara pengamat non-anggota demi menyumbangkan pandangan, perspektif dan keahlian AS mengenai beberapa isu penting yang dilakukan oleh organisasi tersebut, termasuk perlindungan warisan dunia, mendukung kebebasan pers serta mempromosikan kolaborasi ilmiah dan pendidikan.(AFP/BS)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Gara-gara Izin Ekspor, Nasib Freeport Tahun Ini di Ujung Tanduk

    10 bulan lalu

    POROSRIAU.COM-- Pemerintah tengah berjuang untuk meningkatkan nilai tambah hasil mineral dalam negeri. Salah satunya, dengan meminta perusahaan tambang yang beroperasi di dalam negeri harus mengolah mineral melalui pabrik pengolahan dan pemurnian atau sme

  • CIA Menggulingkan Sukarno Demi Emas Di Papua

    satu bulan lalu

    Untuk menguasai tambang emas di Papua yang dikeruk oleh Freeport, Amerika Serikat mendepak Belanda lalu menggulingkan Sukarno.

  • Usai Pengesahan APBD-P 2016, Kantor DPRD Siak Digeruduk Ratusan Massa, Ada Apa?

    12 bulan lalu

    Ratusan massa yang mengatasnamakan dirinya buruh Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (F-SPTI) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Siak, menggeruduk kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak, Senin (31/10/2016)

  • Tarif Listrik 18,8 Juta Pelanggan Naik Bertahap, Ini Skemanya

    12 bulan lalu

    Nasional (porosriau.com) - Pemerintah memutuskan mencabut subsidi listrik untuk golongan 900 Volt Ampere (VA) yang masuk dalam kategori mampu, sebanyak 18,8 juta. Pencabutan subsidi listrik dilakukan secara bertahap sebanyak tiga kali. Dengan begitu otoma

  • Sabuk Juara WBO Kado Ultah Manny Pacquiao

    12 bulan lalu

    Manny Pacquiao mencuri sabuk juara dunia kelas welter versi WBO setelah menang angka melawan Jessie Vargas di Thomas & Mack Arena, Las Vegas, Minggu (6/11/2016) siang WIB. Ikon tinju Filipina itu menang mutlak setelah ketiga hakim memberikan penilaian

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.