Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • DUNIA
  • Emmanuel Macron Dilantik Jadi Presiden Prancis
Senin, 15 Mei 2017 06:59:00

Emmanuel Macron Dilantik Jadi Presiden Prancis

Oleh: Redaksi
Senin, 15 Mei 2017 06:59:00
BAGIKAN:
int
Emmanuel Macron dan Brigitte Trogneux.

POROSRIAU.COM--Emmanuel Macron kini resmi mengambil alih pemerintahan Prancis dari tangan Francois Hollande. Minggu (14/5) waktu setempat, Macron dilantik sebagai presiden termuda Prancis setelah Napoleon.

Macron (39) tiba di Istana Elysee di pusat Paris dalam pengawalan sepeda motor dan berjalan melewati karpet merah di bawah hujan ringan dan disambut Hollande. Sementara itu, istrinya, Brigitte, datang terpisah.

Pengawalan ketat dikerahkan sepanjang upacara pelantikan berlangsung. Maklum, setahun terakhir Prancis sering jadi target teror kelompok radikal Negara Islam Irak dan Syam (ISIS).

Dilansir dari The Guardian, Macron nantinya akan melakukan pertemuan pribadi dengan Hollande yang mana dia akan memberikan kode untuk meluncurkan senjata nuklir Negeri Menara Eiffel tersebut.

Dia juga akan menghadiri upacara di depan ratusan politisi dan tamu undangan, yang mana hasil resmi pilpres akan dibacakan.

Pada akhir upacara, tembakan penghormatan juga diberikan dari rumah sakit militer sampai ke sisi lain Sungai Seine. Macron juga nantinya akan berkendara ke Arc de Triomphe untuk meletakkan karangan bunga di makam para tentara.

Sebagai presiden baru, Macron akan menghadapi sejumlah tantangan, yakni menanggulangi angka pengangguran tinggi, memerangi kekerasan dan menyatukan kembali negara itu.

Sebab, selama lima tahun memimpin, pertumbuhan ekonomi pada masa pemerintahan Hollande lamban. Ditambah berbagai serangan teror menewaskan lebih dari 230 orang.

Di pemerintahan Hollande pula, Macron naik dari dunia investasi perbankan menjadi penasihat dan kemudian menteri ekonomi.

"Saya tidak menyerahkan kekuasaan kepada lawan politik, hal ini jauh lebih sederhana," ungkap Hollande pada Kamis lalu.

Upacara pelantikan Macron dijaga ketat oleh sekitar 1.500 petugas polisi. Mereka ditempatkan di dekat istana kepresidenan dan Avenue des Champs-Elysees. Para petugas keamanan ini juga memblokir jalan-jalan sekitar tempat pelantikan Macron dilaksanakan. (merdeka)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Bupati Amril Lantik Pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis

    8 bulan lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.COM)-- Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengucapkan tahniah kepada pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis terpilih periode 2017-2022. Ia berharap dengan kepemimpinan yang baru, eksistensi Baznas lebih menigkat lagi, sehingga keberadaanya

  • Hari Ini, Si Penjual Nasi Padang Dilantik Jadi Presiden Singapura

    satu bulan lalu

    Saat usia 8 tahun Halimah harus bangun sebelum matahari terbit. Sebelum berangkat sekolah, dia membantu ibunya berjualan nasi padang di sebuah gerobak dorong di Shenton Way.

  • Posisi Menteri Desa Bakal Jadi Rebutan

    tahun lalu

    Pengamat politik Ray Rangkuti menyebut jabatan Menteri Desa dan Transmigrasi merupakan posisi yang paling diperebutkan jika nantinya dilakukan perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo.

  • Jokowi Susun Puzzle Pemerintahan Baru

    tahun lalu

    Pagi ini rabu (27/07/16) beredar informasi mengenai Reshuffle Kabinet kerjanya Pemerintahan Presiden Joko WIdodo, infomasi ini didapat Pimred porosriau.com melalui akun BBM nya.

  • Sabtu Besok, Pawai Budaya Akan Meriahkan Hari Jadi ke 504 Kab.Bengkalis

    tahun lalu

    Sempena Hari Jadi ke-504 Bengkalis, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Sabtu (30/7/2016) siang, akan menggelar berbagai kegiatan, diantaranya Pawai Budaya yang akan diikuti berbagai suku yang ada di Negeri Junjungan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.