Rabu, 22 November 2017
    Rabu, 13 September 2017 11:19:00

    Hari Ini, Si Penjual Nasi Padang Dilantik Jadi Presiden Singapura

    Oleh: Redaksi
    Rabu, 13 September 2017 11:19:00
    BAGIKAN:
    Halimah Yacob (foto/politiktoday)

    JAKARTA(POROSRIAU.COM) – Rabu (13/9/2017), Halimah Yacob, 62 tahun, akan dilantik menjadi Presiden Singapura untuk masa jabatan enam tahun ke depan. Politikus senior itu menjadi presiden perempuan pertama Singapura. Tak cuma itu, istri pengusaha Mohammed Abdullah Alhabshee itu rupanya pernah berjualan nasi padang.

    Sang ayah meninggal saat Halimah berusia 8 tahun. Sejak itu sang Ibulah yang membesarkan Halimah dengan keempat saudara laki-lakinya. Mereka tinggal di satu petak kamar di sebuah apartemen di jalan Hindu, Singapura.

    Saat usia 8 tahun Halimah harus bangun sebelum matahari terbit. Sebelum berangkat sekolah, dia membantu ibunya berjualan nasi padang di sebuah gerobak dorong di Shenton Way.

    Dikutip dari Straitstimes edisi 7 Agustus 2017, masa-masa dia sekolah di Singapore Chinese Girls ‘School dan Tanjong Katong Girls’ sangat menegangkan. Terkadang Halimah harus mengerjakan tugas di sela mengelap meja dan mencuci piring. Musabab keterbatasan ekonomi tak jarang dia harus nunggak membayar biaya sekolah.

    Semangat Halimah untuk meneruskan pendidikan tak kendur. Selepas SMA dia mendaftarkan diri ke Fakultas Hukum Universitas Singapura. Lagi-lagi dia tak tahu dari mana biaya kuliahnya nanti. Namun kecerdasannya membuat Halimah mendapatkan beasiswa dari Islamic Religious Council of Singapore sebesar 1.000 dolar Singapura.

    Sang kakak yang saat itu juga sudah bekerja juga membantu 50 dolar Singapura per bulan. Halimah menyelesaikan kuliah pada 1978 dan kemudian bergabung dengan National Trades Union Congress (NTUC) sebagai divisi hukum. Dia aktif memperjuangkan hak-hak pekerja.

    Pada 1999 – 2001, Halimah tercatat sebagai orang Singapura pertama yang duduk di lembaga buruh internasional (International Labour Organisation/ILO). Tahun 2001 dia terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai anggota parlemen Singapura dari Partai Aksi Rakyat (People’s Action Party/PAP).

    Pada 2013, Halimah menjadi perempuan pertama yang menjabat Ketua Parlemen (Group Representation Constituency) Singapura. Dan di hari Minggu, 6 Agustus 2017 lalu dia mengumumkan maju di pemilihan Presiden Singapura.

    Halimah Yacob tidak perlu menjalani proses pemungutan suara secara nasional untuk bisa menjabat Presiden Singapura yang baru, setelah kandidat lainnya gugur. Setelah terpilih sebagai Presiden Singapura, Halimah berjanji akan melakukan yang terbaik bagi rakyat di negeri Singa itu.

    “Saya berjanji untuk melakukan sebaik mungkin yang saya mampu untuk mengabdi pada rakyat Singapura dan itu tidak akan berubah apakah ada pemilu atau tidak ada pemilu,” tegas Halimah saat ditemui wartawan setempat, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (12/9/2017). (detik.com)

    Editor: Chaviz

    Iklan Lowongan
    copy code snippet
    Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
      Berita Terkait
  • Indonesia dan Arab Saudi, Siapa Membutuhkan Siapa?

    9 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Pertumbuhan ekonomi Arab Saudi terus melambat dalam dua tahun terakhir. Setelah mencatat pertumbuhan fenomenal sebesar 10 persen pada 2011, perekonomian negara teluk itu kemudian turun pada 2012, dengan pertumbuhan 5,4 persen dan turun lagi

  • Halimah Yacob Memilih Tinggal Di Rusun

    2 bulan lalu

    Halimah Yacob merupakan pemimpin Singapura pertama dari etnis Melayu dalam 47 tahun terakhir. Presiden wanita pertama di Singapura ini memiliki perjalanan hidup yang panjang hingga karir politik mengantarnya menjadi presiden. Halimah kecil dulunya merupak

  • Rekamannya Beredar, Lukman: Biasa, Kalau Orang Ingin Maju Macam-Macam

    9 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- Masuknya laporan soal rekaman percakapan Lurah Sungai Sibam (Labuh Baru Barat) Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru pada 1 Februari 2017 malam dalam Acara Musrenbang tingkat Kelurahan di kantor kelurahan berisikan ajakan memilih pa

  • Detik-detik Terakhir Imam NII Kartosoewirjo

    4 bulan lalu

    Dia dieksekusi dan dimakamkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu, bukan di Onrust seperti yang selama ini diyakini banyak orang. Dia diperlakukan secara Islami.

  • Timnas Bantai Filipina, Jokowi Berkicau Di Twitter

    2 bulan lalu

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung bereaksi terhadap kemenangan pasukan Garuda Nusantara yang sukses menghancurkan Filipina 9-0 pada turnamen AFF U-18 di Myanmar, Kamis (7/9/2017).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.