Minggu, 19 November 2017
    Selasa, 29 Agustus 2017 13:17:00

    Korea Utara Luncurkan Rudal Ke Arah Jepang, Indonesia Ikut Mengecam

    Oleh: Redaksi
    Selasa, 29 Agustus 2017 13:17:00
    BAGIKAN:
    jpnn
    Salah satu Misil Korea Utara

     JAKARTA(POROSRIAU.COM)- Uji coba rudal Korea Utara pagi tadi, Selasa (29/8) mengagetkan semua negara di kawasan Asia-Pasifik. Bagaimana tidak, rudal itu melintas di atas wilayah Jepang.

    Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri ikut mengecam tindakan Korut tersebut.

    "Indonesia mengecam uji coba peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korea Utara pada tanggal 28 Agustus 2017 yang melewati ruang udara negara lain dan membahayakan jalur penerbangan," tulis pihak Kementerian Luar Negeri dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.

    Indonesia juga memandang tindakan Korut sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. Khususnya resolusi 2270 (2016), 2321 (2016), 2356 (2017), dan 2371 (2017).

    Atas dasar itu, Indonesia mendesak Korut memenuhi semua kewajiban internasionalnya. Termasuk melaksanakan sepenuhnya resolusi-resolusi DK PBB.

    Sebagai negara di kawasan Asia-Pasifik, Indonesia menilai stabilitas di semenanjung Korea memiliki arti penting. Karena itu, semua negara diharapkan berkontribusi terhadap penciptaan perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Korea meluncurkan rudal dari area dekan Sunan, Pyongyang, sekitar pukul 5:57 waktu setempat. rudal tersebut diarahkan ke laut bagian timur Semenanjung Korea dan melintasi Jepang.

    Pemerintah Jepang sendiri mengatakan bahwa misil tersebut melintas di atas Tanjung Erimo, Hokkaido. Mereka memperkirakan rudal tersebut jatuh di Samudera Pasifik, sekitar 1000 kilometer di timur Tanjung Erimo.

    Meski cuma melintas, rudal Korea Utara tersebut tetap membuat Jepang merasa terancam. Pemerintah Negeri Matahari Terbit menyebut rudal tersebut sebagai ancaman yang sangat serius dan berbahaya. (jpnn)

    Editor: Chaviz

    copy code snippet
    Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
      Berita Terkait
  • Ungku Saliah, Kakek Berkopiah di Sejumlah Rumah Makan Padang

    5 bulan lalu

    KESAKTIANNYA jadi buah bibir urang awak. Dipercaya membawa keberuntungan, potret Ungku Saliah kerap dijumpai di rumah makan Padang. Fenomena ini pun diangkat sejumlah mahasiswa dalam skripsinya.

  • Donald Trump Ancam Korut Pasca Rudal Lintasi Jepang

    3 bulan lalu

    Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memberi peringatan kepada Pyongyang pasca peluncuran rudal balistik dari negara itu yang melintasi Jepang.

  • Nuklir Korea Utara Terbaru, 8 Kali Lebih Kuat Dari Bom Hiroshima

    3 bulan lalu

    Rezim Kim Jong-un telah mengklaim bahwa mereka berhasil menguji bom H-120 kilo ton. Getarannya tercatat di hingga semenanjung Korea.

  • Donald Trump Ancam Hancurkan Korea Utara

    2 bulan lalu

    Dalam penampilan pertamanya di panggung Debat Umum sejak terpilih menjadi presiden AS awal tahun ini, Trump menyatakan ambisi Korut dalam mengembangkan senjata Nuklir dan peluru kendali jarak jauh merupakan ancaman bagi keamanan dunia.

  • Merasa Dihina Trump, Kim Jong Un Murka

    2 bulan lalu

    Dalam pernyataan tersebut, Kim mengatakan Korea Utara akan membuat pemimpin AS membayar mahal untuk pidatonya.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.