Rabu, 23 Agustus 2017
  • Home
  • DUNIA
  • Perempuan Di Jepang Tewas Setelah Tertular Kutu Dari Kucing Liar
Kamis, 27 Juli 2017 07:59:00

Perempuan Di Jepang Tewas Setelah Tertular Kutu Dari Kucing Liar

Oleh: Redaksi
Kamis, 27 Juli 2017 07:59:00
BAGIKAN:
Int
Kutu Kucing.

POROSRIAU.COM--Seorang perempuan Jepang meninggal akibat penyakit yang tertular dari gigitan kucing liar tahun lalu, kata kementerian kesehatan Jepang.

Ini merupakan kejadian yang pertama dalam hal transmisi mamalia-ke-manusia.

Perempuan berusia sekitar 50-an yang tidak disebutkan namanya itu tertular justru saat menolong kucing yang tampaknya sakit.

Sepuluh hari kemudian ia meninggal menyusul demam parah oleh Trombositopenia Syndrome (SFTS) yang dibawa oleh kutu kucing.

kutu yang terdeteksi, dokter menganggap penyakit itu bisa saja menular lewat kucing.

"Tidak ada laporan tentang kasus penularan dari hewan ke manusia yang terjadi sejauh ini," kata seorang pejabat kementerian kesehatan Jepang kepada kantor berita AFP.

"Masih belum dapat dipastikan apakah virus itu berasal dari kucing, tapi bisa jadi itu memang kasus pertama," tambah pejabat tersebut.

SFTS adalah penyakit menular yang relatif baru yang muncul di Cina, Korea dan Jepang.

Virus ini dikatakan menyebabkan tingkat kematian hingga 30% dan bisa berakibat fatal bila menyerang orang-orang yang berusia di atas 50 tahun. yang lucu, tapi berpotensi membawa penyakit.

Menurut media Jepang, SFTS pertama kali muncul di negara ini pada 2013.

Kementerian kesehatan Jepang mengatakan bahwa kematian yang terjadi tahun lalu masih merupakan kasus yang jarang terjadi, namun memperingatkan orangwarga agar berhati-hati saat berhubungan dengan binatang yang sedang dalam kondisi fisik yang buruk.

Secara global, gigitan kutu banyak dikaitkan dengan penularan penyakit Lyme yang dapat menyebabkan sakit parah dan kematian jika tidak segera diobati.(bbc)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Pendaki Ilegal Asal Malaysia Tewas Di Gunung Rinjani

    9 bulan lalu

    Nasional (Porosriau.com) - Ng Yin Teck (24), pendaki ilegal warga negara Malaysia ditemukan tewas di tempat pemandian Aik Kalak (pemandian air panas) yang berada di atas Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu.

  • Pembunuh Dewi di Durian Sebatang Ujung Batu Terungkap

    7 bulan lalu

    ROHUL (POROSRIAU.COM)--Tim gabungan dari Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Rohul dan Polsek Ujung Batu berhasil menangkap terduga pelaku pembunuhan Lidia alias Dewi (36) warga Dusun Durian Sebatang, Desa Sukadamai, Kecamatan Ujung Batu, Ahad (1/1/2017) sek

  • Copot Kapolres Solok, Kapolri: Tindak Tegas Polisi yang Tidak Beri Perlindungan

    3 bulan lalu

    Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot Ajun Komisaris Besar Susmelawati Rosya dari jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Resor Solok, Sumatera Barat, terkait kasus persekusi yang menimpa dokter Fiera Lovita.

  • Detik-detik Terakhir Imam NII Kartosoewirjo

    4 minggu lalu

    Dia dieksekusi dan dimakamkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu, bukan di Onrust seperti yang selama ini diyakini banyak orang. Dia diperlakukan secara Islami.

  • Semaraknya Hari Jadi ke 504 Kabupaten Bengkalis

    tahun lalu

    Ribuan peserta dari berbagai suku etnis dan bangsa, serta pelajar Kabupaten Bengkalis menyemarakan pawai budaya sempena Hari Jadi ke-504 Bengkalis, yang dilepas langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Sabtu (30/7/2016) kemaren.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.