Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • DUNIA
  • Umat Muslim Serbia 'Kehilangan' Masjid
Sabtu, 27 Mei 2017 15:48:00

Umat Muslim Serbia 'Kehilangan' Masjid

Oleh: Redaksi
Sabtu, 27 Mei 2017 15:48:00
BAGIKAN:
Int
Warga melakukan shalat di depan Masjid yang telah dihancurkan di Serbia.

BELGRADE(POROSRIAU.COM) -Umat muslim di pinggiran kota Belgrade, Serbia terpaksa menelan kekecewaan karena sebuah masjid yang masih dalam tahap pembangunan dibongkar oleh pemerintah hanya sehari sebelum memasuki bulan Ramadan.

 Aparat berwenang di kawasan Zemun Polje, pingggiran kota Belgrade membongkar masjid yang masih dalam tahap pembangunan dengan alasan tidak mendapat izin bangunan yang sah. 
 

Meskipun diprotes, namun pemerintah dibantu pasukan keamanan tetap membongkar masjid dua lantai tanpa menara yang mulai dibangun pada tahun 2014.

Wali kota Belgrade, Goran Vesic, mengatakan pemerintah membongkar masjid karena dibangun secara ilegal dan proses pembongkaran telah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. 

Ulama terkenal ibu kota Belgrade, Mufti Muhamed Jusufpahic mengatakan, masyarakat islam akan mengajukan protes kepada Presiden Serbia.

"Kami sangat terkejut hal ini terjadi ketika puncak perayaan Ramadan," Jusufspahic, seperti yang dilansir Reuters pada 26 Mei 2017.

Jusufspahic menambahkan bahwa otoritas Belgrade belum mengeluarkan satu izin konstruksi pun kepada masyarakat muslim selama lima dekade terakhir.

Belgrade merupakan rumah bagi sekitar 20 ribu umat Islam. Namun di ibu kota Serbia itu hanya ada sebuah masjid yang dibangun pada 1575, ketika wilayah Balkan itu diperintah oleh kekaisaran Ottoman Turki.

Secara keseluruhan jumlah muslim di Serbia adalah 230 ribu buah atau 3,1 persen dari jumlah penduduk negara itu. Sebagian besar terkonsentrasi di wilayah barat daya Sandzak yang berbatasan dengan Bosnia, Kosovo, dan Montenegro.

Sejauh ini tidak ada penjelasan pemerintah Belgrade kenapa bangunan masjid dibongkar saat umat Islammemasuki Ramadan tahun ini.(*/Tempo)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Ribuan Jemaah Meranti Ikuti Wirid Bulanan

    tahun lalu

    Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya menjalin kedekatan dengan masyarakat, berbagai carapun dilakukan, salah satunya dengan menggelar kegiatan Wirid bulanan Pemkab. Meranti dengan mengundang Ustadz dari ibu kota, yang dipusatkan di

  • Ribuan Massa Gelar Aksi Damai 4 November

    12 bulan lalu

    Ribuan Massa yang tergabung dalam pembelaan Islam terlihat memadati jalan jendral sudirman Pekanbaru, Tepatnya di depan kantor Mapolda Riau. Mereka melakukan aksi demo menuntut penistaan Agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnam

  • Mahasiswa Rohul Dan Ormas Islam Demo Ahok

    12 bulan lalu

    Sekitar 500_an massa dari berbagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam dan Mahasiswa di Kabupaten Rokan Hulu menggelar aksi unjuk rasa mendesak Pihak berwajib segera memproses Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

  • Beredar Pesan Habib Rizieq Minta Umat Islam Maafkan Ahok, Benarkah?

    11 bulan lalu

    Intruksi Imam Besar Front Pembela Islam, Al Habib Muhammad Rizieq Syihab yang meminta umat Islam memaafkan Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas kasus dugaan penistaan agama, tersebar di sosial media.

  • H.Sukiman Ajak Seluruh Tokoh Agama di Rohul Jaga Keutuhan NKRI

    11 bulan lalu

    Plt Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, menghimbau seluruh tokoh agama di wilayahnya untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI. Himbauan tersebut disampaikannya terkait adanya rencana Demonstrasi Besar umat Islam yang akan dilaksanakan pada 2 Desember 2016 mend

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.