Rabu, 22 Mei 2019
  • Home
  • INHIL
  • Pelayanan Publik Pemkab Inhil Masuk Zona Kuning
Jumat, 10 Maret 2017 10:39:00

Pelayanan Publik Pemkab Inhil Masuk Zona Kuning

Oleh: Redaksi
Jumat, 10 Maret 2017 10:39:00
BAGIKAN:
antara

INHIL(POROSRIAU.COM)--Ombudsman RI Perwakilan Riau menyatakan bahwa hasil penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik menunjukkan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, masuk pada zona kuning.

Pemaparan Ombudsman RI Perwakilan Riau pada Kamis terkait nilai kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2016 kepada Pemerintah Kabupaten Inhil dihadiri oleh Asisten I Drs Afrizal yang didampingi Asisten II Drs.Rudiansyah, Setda Inhil serta Kepala Dinas, Badan, Kabag dan Camat se-Kabupaten Inhil.

"Adapun hasil dari penilaian kepatuhan Pelayanan Publik, Pemerintah Kabupaten Inhil berada pada zona kuning di posisi 41 dari 85 Kabupaten/kota seluruh Indonesia," kata Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Riau, Bambang Pratama di Tembilahan.

Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai dengan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik bertujuan untuk megevaluasi serta mendorong peningkatan pelayanan publik.

Untuk Kabupaten Inhil, pengumpulan data penilaian dilaksanakan pada Mei hingga Agustus 2016 dan sudah memasuki tahun ke-2.

Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk mendorong kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik.

Ada tiga zona kepatuhan pelayanan publik yakni zona hijau, Kuning dan Merah.  

Sedangkan penilaian yang dilakukan Ombudsman RI terdiri atas sembilan variabel, yakni standar pelayanan, sistem informasi pelaynan publik, sarana dan prasarana, pelayanan khusus, pengelolaan pengaduan, penilaian kerja, visi misi dan motto pelayanan dan terakhir atribut.

Untuk selanjutnya Pemkab Inhil harus mampu berada pada zona hijau. Untuk mencapai zona hijau itu, pemkab harus menyediakan beberapa Variabel yang termasuk dalam penilaian tersebut.

Asisten I Setda Inhil Drs Afrizal mengatakan, hasil penilaian Kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di Inhil dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, baik dari segi peringkat maupun nilai.

"Walaupun pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Inhil masih berada di zona kuning, semoga kedepan Inhil dapat kembali meningkat meski masih banyak pekerjaan atau PR yang harus di lakukan dalam rangka kesiapan untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dibidang administrasi," katanya.(antara)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Pemberhentian Seluruh Honorer di Pemkab Kuansing, Pelayanan Publik Terganggu

    2 tahun lalu

    TELUK KUANTAN(POROSRIAU.COM) - Setelah diberhentikannya seluruh pegawai honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, sejak Kamis (5/1/2017) lalu, otomatis pelayanan publik sedikit terganggu, terutama di tempat-tempat pelayanan vital, seper

  • Humas Inhu Sosialisasikan LAPOR dihadapan Mahasiswa Baru STIE

    3 tahun lalu

    Inhu (POROSRIAU.com) - Bagian Humas Setda Kabupaten Inhu menggelar sosialisasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dihadapan ratusan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri Rengat, Kamis (1/9) di Gedung Dang Purnama Rengat

  • Sekda Inhil Lantik 136 Pejabat Eselon III dan IV, Berikut Nama-namanya

    6 bulan lalu

    Melalui promosi dan rotasi yang dilakukan bagi aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Indragiri Hilir (Inhil) diharapkan, penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik di masa yang a

  • ASN Diminta Jangan Hanya Bisa Bebankan Pemerintah dan Masyarakat

    3 tahun lalu

    MERANTI (porosriau.com) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H. Said Hasyim terus mendorong peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal itu dengan cara melihat langsung kinerja A

  • Wabup Meranti: Kinerja ASN Diukur dari Tingkat Kepuasan Publik

    3 tahun lalu

    MERANTI (Porosriau.com) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim terus memantau kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, terutama di SKPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.