Senin, 20 November 2017
Rabu, 11 Oktober 2017 07:26:00

Pemimpin Catalonia Tunda Deklarasi Kemerdekaan

Oleh: Redaksi
Rabu, 11 Oktober 2017 07:26:00
BAGIKAN:
Pemimpin Catalonia Carles Puigdemont (Foto: Pau Barrena/AFP)

POROSRIAU.COM--Pemimpin Catalonia Carles Puigdemont mengatakan menerima keinginan rakyat Catalonia untuk merdeka dari Spanyol. Meski demikian ia mengusulkan agar Parlemen Catalonia menunda deklarasi kemerdekaan, dan membuka pintu untuk berdialog dengan pemerintah Spanyol dalam beberapa pekan ke depan.

Puigdemont tidak mengatakan mencari dukungan terbuka dari parlemen bagi kemerdekaan dalam pemungutan suara, langkah yang bisa menutup peluang bagi penyelesaian apa pun. Namun, pernyataan kemerdekaan itu membuat Spanyol berada dalam ketidakpastian.

Pemerintah Spanyol telah menyatakan bahwa pendeklarasian kemerdekaan secara sepihak merupakan tindakan ilegal. Madrid berjanji "akan menegakkan hukum dan demokrasi" jika parlemen wilayah otonomi itu meneruskan langkahnya menuju kemerdekaan.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy bisa mengambil tindakan, yang tidak pernah terjadi sebelumnya, untuk membubarkan parlemen Catalunya dan menggelar pemilihan wilayah baru, yang disebut dengan "opsi nuklir".

Pemerintahan Madrid juga bisa meminta pengadilan untuk menyatakan proklamasi kemerdekaan sebagai tindakan yang melanggar undang-undang dasar.

Kendati ada desakan untuk melakukan dialog dengan Madrid, pernyataan kemerdekaan membuat penyelesaian semakin sulit untuk dicapai, karena Rajoy sendiri telah menyatakan tidak akan berbicara dengan para pemimpin Catalonia sampai mereka membatalkan rencana menuju kemerdekaan.(Antara/Reuters/Src)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Indonesia Tak Akui Kemerdekaan Catalonia

    3 minggu lalu

    Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa Indonesia tidak mengakui kemerdekaan Catalonia dan tidak mendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol.

  • Pedoman Media Siber

    tahun lalu

    Pedoman Pemberitaan Media Siber Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklaras

  • Bupati Yopi Beri Arahan Pada Calon Anggota Paskibraka Inhu

    tahun lalu

    Bupati Inhu H Yopi Arianto memberikan arahan kepada para calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Inhu di Gedung Sejuta Sungkai Rengat, Senin (1/08/2016).

  • Hamsar : Suara Azis Catur 85 Persen di Desa Pulau Birandang

    10 bulan lalu

    BANGKINANG(POROSRIAU.COM)-- Kunjungan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kampar Azis-Catur disambut baik oleh warga Pulau Birandang, Rabu malam (1/2/2017

  • Syukuran Kemerdekaan, Tiga Agama Di Bengkalis Gelar Doa Bersama

    3 bulan lalu

    Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal Helm mengajak masyarakat Kabupaten Bengkalis ikut serta dalam doa bersama. Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga lokasi bersamaan, pada 17 Agustus 2017 pukul 17.00 Wib. (171717)

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.