Minggu, 19 November 2017
  • Home
  • INTERNASONAL
  • Polisi Kolombia Sita 12 Ton Kokain Yang Dikubur Di Kebun Pisang
Sabtu, 11 November 2017 07:34:00

Polisi Kolombia Sita 12 Ton Kokain Yang Dikubur Di Kebun Pisang

Oleh: Redaksi
Sabtu, 11 November 2017 07:34:00
BAGIKAN:
Aparat keamanan Kolombia menyita kokain bernilai ratusan juta dolar di perkebunan pisang. [Foto/Istimewa]

BOGOTA(POROSRIAU.COM)-- Polisi Kolombia telah menyita 12 ton penyimpanan kokain senilai US$ 360 juta atau lebih dari sepertiga miliar dolar dalam tangkapan obat terlarang terbesar dalam sejarah negara tersebut.

Seperti dilaporkan Euronews, Kamis (9/11), polisi menemukan 12 ton kokain yang dikubur di bawah perkebunan pisang dekat dengan rute penyelundupan yang diketahui.

Obat-obatan tersebut ditemukan terkubur di bawah empat perkebunan pisang di bagian utara Kolombia. Lokasi penyimpanan kokain berada dekat dengan rute penyelundupan yang digunakan untuk mengangkut bubuk putih tersebut ke Amerika Serikat (AS).

Polisi mengatakan mereka juga menahan empat orang selama operasi tersebut, yang merupakan bagian ofensif terhadap “kelompok Teluk” yang terkenal, satu geng perdagangan narkoba yang terkenal.

"Di Kolombia, satu kilo kokain dihargai US$ 1.500 dolar AS. Di pasar Amerika Serikat, harganya naik menjadi US$ 30.000. Artinya penyitaan ini bernilai US$ 360 juta,” kata Presiden Kolombia Juan Manuel Santos.

Obat-obatan tersebut diyakini telah disimpan oleh pemimpin Kelompok Teluk, Dairo Úsuga, juga dikenal sebagai Otoniel. Bandar narkoba ini memang sudah bertahun-tahun diincar pihak berwenang Kolombia.

Klan Teluk muncul dari abu berbagai kelompok paramiliter sayap kanan yang melakukan demobilisasi pada tahun 2006 menyusul kesepakatan damai pemerintah.

Kolombia menyatakan telah menahan lebih dari 1.500 anggota kelompok Teluk sepanjang tahun ini. Komandan kedua geng itu diketahui telah terbunuh. (Euronews/Sp)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Bentrok Sengketa Lahan, 1 Unit Honda Jazz Jadi Korban

    tahun lalu

    Warga Desa Sikijang, Kecamatan Tapung Hilir bakar satu unit mobil Honda Jazz berwarna silver bernomor polisi BM 1538 ZQ milik Roni (33), sekiranya pukul 09.00 Wib, Selasa (26/7).

  • Curi Uang Tetangga, Warga Perum Pelangi Nusantara Diserahkan ke Polisi

    tahun lalu

    Inhu(POROSRIAU.com)- Af (24) warga Perumahan PT Pelangi Nusantara desa Sungai Akar kecamatan Batang Gansal kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian, gara-gara aksinya yang hendak mencuri uang tetangga diketahui oleh

  • BEM UR Pegang Kata-Kata Wakapolda Terkait Foto Kongkow 3 Kombes

    tahun lalu

    PEKANBARU (POROSRIAU.com) - Wakapolda Riau, Kombes Suharsono, Senin (5/9/2016) sore, akhirnya menemui ratusan pengunjuk rasa dari BEM Universitas Riau yang menggelar orasi di ruas Jalan Jenderal Sudirman, depan gerbang Mapolda.

  • Hisap Marijuana Di Kebun Sawit, Tiga Orang Warga Taratak Bulu Di Gerebek Polisi

    tahun lalu

    Bangkinang (POROSRIAU.com) - Jajaran Polsek Siak Hulu Polres Kampar melakukan penangkapan terhadap 3 (tiga) tersangka pelaku penyalahgunaan narkotika jenis daun ganja kering di wilayah Desa Teratak Bikin , Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Sabtu tangg

  • Aia Malanca, Destinasi Wisata Alam Solok Selatan

    tahun lalu

    Aia Malanca atau dikenal juga dengan sebutan Simalanca, adalah wisata pemandian alami yang menyatukan empat objek wisata alam yang diantaranya, pemadian, seluncur, panorama dan objek air terjun. Disamping lokasi yang asri, udara yang sejuk dan sangat alam

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.