Rabu, 23 Agustus 2017
  • Home
  • LIFESTYLE
  • Benarkah Minum Teh dan Kopi Saat Makan Hambat Penyerapan Zat Besi ?
Jumat, 31 Maret 2017 13:58:00

Benarkah Minum Teh dan Kopi Saat Makan Hambat Penyerapan Zat Besi ?

Oleh: Redaksi
Jumat, 31 Maret 2017 13:58:00
BAGIKAN:
int
ILUSTRASI

POROSRIAU.COM- Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, Prof. Endang L. Achadi, tidak menyarankan meminum teh atau kopi saat makan karena dapat menghambat tubuh menyerap zat besi yang dibutuhkan tubuh. "Teh dan kopi itu punya zat yang mengikat zat besi, sehingga tubuh tidak dapat menyerap zat besi tersebut," kata Endang.

Zat besi diperlukan tubuh pada pembentukan hemoglobin (Hb) yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan seluruh jaringan tubuh. Hemoglobin dibentuk dari gabungan protein dan zat besi dan terdapat di dalam sel darah merah (eritrosit) dan jika manusia kekurangan hemoglobin maka orang tersebut dapat menderita anemia.

Selain kopi dan teh, makanan yang tinggi serat dan mengandung kalsium juga dapat menghambat penyerapan zat besi. Untuk itu, Endang menyarankan meminum jus buah, terutama yang kaya dengan vitamin C, agar penyerapan zat besi menjadi optimal. "Jus buah yang kaya vitamin C, seperti jus jeruk, dapat membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak. Selain itu disarankan untuk mengkonsumsi daging sapi, hati, unggas, dan ikan, yang mengandung protein juga zat besi," katanya.

Tubuh manusia membutuhkan sekitar 30 miligram zat besi per hari namun masih banyak orang yang kekurangan zat besi. Sebanyak 22,7 persen perempuan Indonesia menderita anemia. Sebanyak 37,1 ibu hamil juga menderita anemia, sementara itu 16,6 persen laki-laki di atas 15 tahun menderita anemia.

Penderita anemia akan mengalami letih, lesu, lunglai, cepat mengantuk, dan sulit berkonsentrasi. Hal ini berpengaruh pada produktifitas kerja mereka. Anemia memberikan dampak penurunan produktivitas kerja sebanyak 20 persen atau sekitar 6,5 jam per minggu.(*/tpc)

 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Ketika Minum Obat

    5 bulan lalu

    Jeruk, susu, kopi, minuman ringan, adalah sebagian jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis obat. Ini karena jika digabungkan akan berisiko buat kesehatan. Sebab, ada zat-zat tertentu pada obat tersebut yang ju

  • Buat Ibu Hamil yang Ingin Berpuasa, Ini Tipsnya

    3 bulan lalu

    Hamil tidak menjadi alasan kaum hawa lalai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

  • Disandera Dan Diborgol, Alumi Z Waruwu Polisikan Andi CS

    8 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) – Tak terima dengan perlakuan yang melampaui batas kemanusiaan yang dilakukan oleh oknum Wartawan, Alzar Waruwu melaporkannya ke Mapolsek Bungaraya Senin (19/12/2016). Ha

  • Tumpukan Sampah Kembali Banjiri Pekanbaru

    8 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- Untuk kedua kalinya, kota Pekanbaru kembali dibanjiri tumpukan sampah yang berada dibeberapa ruas jalan kota Pekanbaru, seperti Jalan Arengka Dua, Garuda Sakti dan beberapa jalan lainnya.

  • Ingin Menjaga Jantung?, Hindari 10 Makanan Ini

    6 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Ingin menjaga jantung dan sistem peredaran darah tetap sehat saat ini dan di masa mendatang? Hindari makanan dan minuman ini dalam hidup sehari-hari. Jika ingin sekali mencicipinya, boleh saja sekali-sekali mengonsumsi. Tetaplah ingat porsi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.