Rabu, 23 Agustus 2017
Rabu, 17 Mei 2017 18:50:00

Buat Ibu Hamil yang Ingin Berpuasa, Ini Tipsnya

Oleh: Redaksi
Rabu, 17 Mei 2017 18:50:00
BAGIKAN:
int
Ilustrasi Ibu Hamil

POROSRIAU.COM- Hamil tidak menjadi alasan kaum hawa lalai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. 

Hanya saja, ada sejumlah hal yang perlu para bumil (ibu hamil) pastikan agar tidak mengalami masalah baik itu pada kesehatannya maupun janinnya. 

Spesialis kandungan dr Riyan Hari Kurniawan, SpOG mengatakan bila usia kandungan baru menginjak trimester pertama, pastikan bumil tak mengalami masalah semisal mual, muntah, lemah dan pusing. 

 "Kalau mual, muntah, lemas, pusing tidak dianjurkan berpuasa," kata Riyan di Jakarta, Rabu, 17/5.

Kemudian, bila usia kehamilan berada di trimester kedua, idealnya bobot badan bumil naik 0,5 kilogram per minggunya dan tak mengalami keluhan apapun. 

 "Kalau sudah memasuki trimester tiga, janin terus menyempurnakan pertumbuhan organnya, ibu hamil harus memastikan asupan (makanan) dari segi jumlah dan kelengkapannya," kata Riyan. 

Tentang asupan nutrisi, per harinya ibu hamil membutuhkan 2.500 kkal, yang terdiri atas 50 persen karbohidrat, 30 persen protein dan 20 persen lemak. 

"Karbohidrat bisa berasal dari nasi, jagung, umbi-umbian. Lalu protein terutama hewani misalnya ikan, telur, daging, nabati seperti tempe dan tahu. Sisanya, 20 persen lemak dari kacang-kacangan misalnya," papar dokter dari Bamed Health Care itu. 

Di samping itu jangan lupakan vitamin, folat, kalsium dan zat besi. Folat bisa berasal dari sayuran hijau dan kacang-kacangan, kalsium dari produk susu, ikan salmon dan sarden. Lalu zat besi melalui asupan daging dan sayuran hijau misalnya. 

Riyan mengingatkan, saat sahur jangan lupa konsumsi segelas susu ditambah makanan mengandung protein, melak, vitamin dan zinc. 

"Jangan terlalu banyak makan makanan manis, minum 2 liter cairan," pesan dia. 

Lalu saat berbuka usahakan menggunakan minuman hangat dan tak terlalu manis serta karbohidrat simpleks misalnya kurma dan kolak.(Ant)

 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Aia Malanca, Destinasi Wisata Alam Solok Selatan

    10 bulan lalu

    Aia Malanca atau dikenal juga dengan sebutan Simalanca, adalah wisata pemandian alami yang menyatukan empat objek wisata alam yang diantaranya, pemadian, seluncur, panorama dan objek air terjun. Disamping lokasi yang asri, udara yang sejuk dan sangat alam

  • Sukiman: Demo Anti Alfamart Diduga Ada yang Gerakkan

    10 bulan lalu

    Pendirian Alfamart di kabupaten Rokan Hulu (Rohul) masih menjadi polemik di kalangan masyarakat dan pejabat Rohul, setelah Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menggelar aksi demo di kantor Bupati pada Rabu (26/10/2016) lalu.

  • Bupati Buka Pelatihan Jahit dan Bordir di P4S

    10 bulan lalu

    KAMPAR (porosriau.com) - Bupati Kampar, Jefry Noer, Kamis (3/11), membuka pelatihan menjahit dan bordir Angkatan 7 dan 8 yang dilaksanakan di P4S Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu. Dalam kesempatan

  • Ilmu Menjahit Modal Yang Luar Biasa

    10 bulan lalu

    Rombongan karyawan Perwakilan PT.Semen Padang Provinsi Sumatera Barat yang akan memasuki masa pensiun bersama masyarakat kelompok tani sekitar perusahaan sebanyak 20 orang kunjungi lahan Usaha Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) dan Pusat Kegia

  • Genjot PAD, Dispenda Gandeng Perusahaan IT dan Bank

    10 bulan lalu

    PEKANBARU (porosriau.com) - Untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari 11 objek pajak yang dikelola, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Pekanbaru menggandeng ahli Information Technology (IT) dan juga melibatkan pihak bank, baik swasta maupun

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.