Kamis, 19 Oktober 2017
Sabtu, 23 September 2017 11:55:00

Jangan Biasakan Bawa Gadget Ke Kamar Mandi

Oleh: chaviz
Sabtu, 23 September 2017 11:55:00
BAGIKAN:
Ilustrasi Kamar Mandi (Gambar/int)

POROSRIAU.COM-- Anda pasti pernah membawa gadget masuk ke kamar mandi, entah ditaruh di wastafel atau justru digunakan sambil berendam, bahkan buang air besar.

Menurut survei tahun 2015 yang dilakukan oleh Verizon Wireless, hampir 90 persen orang menggunakan ponsel mereka di kamar mandi. Sementara itu, sebuah survei terpisah yang dilakukan tahun lalu dari Sony dan perusahaan nirkabel Inggris O2 mengungkapkan, tiga per empat pria dan wanita menggunakan telepon mereka saat berada di toilet.

Seberapa pun sulitnya Anda berpisah dengan gawai, namun kebiasaan membawanya ke dalam toilet sebaiknya dihentikan. Berikut adalah beberapa alasannya:

Ada banyak air di kamar mandi

Anda tentu tak rela kan gadget keluaran terbaru yang dibanggakan itu harus mati gara-gara tanpa sengaja terjatuh ke dalam wastafel atau bak mandi?

Pembuat smartphone memang berlomba-lomba meningkatkan ketahanan perangkat produknya agar tahan di air. Tapi, ponsel yang tahan air harganya juga tidak murah.

Membawa banyak kuman

Ya, ponsel cerdas Anda kemungkinan membawa lebih banyak kuman dari pada toilet. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 dari London School of Hygiene & Tropical Medicine menemukan satu dari enam smartphone mengandung kuman yang biasa ditemukan di tinja.

Ahli mikroba Jason Tetro dan penulis The Germ Files mengatakan, mikroba apapun yang dapat disentuh bisa berakhir mendarat pada smartphone.

"Anda harus memikirkan perangkat mobile sebagai perpanjangan dari diri Anda sendiri. Apa pun yang disentuh ponselmu, bayangkan itu tanganmu," kata Tetro.

Tentu saja, Anda bisa mencuci tangan dengan sabun dan air. Untuk gadget, Tetro menyarankan penggunaan lap yang dibuat khusus untuk barang-barang elektronik yang fungsinya untuk mematikan kuman di layar ponsel.

Dalam beberapa kasus, itu berbahaya

Di Texas, seorang gadis remaja meninggal karena sengatan listrik saat menggunakan smartphone di bak mandi ketika sedang mengisi baterai. Meskipun insiden ini nampaknya jarang terjadi, masih perlu diingatkan untuk menghindari pengisian elektronik saat mandi.(kompas)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Sel Mewah di Lapas Cipinang

    4 bulan lalu

    Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan memeriksa Kepala Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Cipinang Kunto Wiryanto terkait temuan kamar tahanan mewah.

  • Curi Uang Tetangga, Warga Perum Pelangi Nusantara Diserahkan ke Polisi

    tahun lalu

    Inhu(POROSRIAU.com)- Af (24) warga Perumahan PT Pelangi Nusantara desa Sungai Akar kecamatan Batang Gansal kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian, gara-gara aksinya yang hendak mencuri uang tetangga diketahui oleh

  • Musibah Bocah 6 Tahun Terjerembab Di lantai Kamar Mandi RSUD Dumai

    tahun lalu

    DUMAI(POROSRIAU.com) – Fikri (6) bocah imut anak sulung dari pasangan Suami Istri MR dan RD, beralamat di jalan Gajah Mada Gg Taufik menderita musibah terjatuh dilantai kamar mandi Rumah Saki

  • Bupati Ingatkan Jemaah Terus Jaga Kekompakan

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Irwan, MSi melepas keberangkatan jemaah haji Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kepulauan Meranti, pada kesempatan itu Bupati meminta para jemaah untuk menjaga kesehatan dan ke

  • Ku Tak Ingin Sandang Status Janda kedua kalinya

    tahun lalu

    DUMAI(POROSRIAU.com) – Er  seorang perempuan kelahiran Medan 28 tahun lalu tinggal di jalan Seputaran Jalan Sultan Syarif Kasim Kota Dumai, pernah menyandang status janda, namun setahun

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.