Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • LIFESTYLE
  • Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Ketika Minum Obat
Minggu, 19 Maret 2017 09:27:00

Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Ketika Minum Obat

Oleh: Redaksi
Minggu, 19 Maret 2017 09:27:00
BAGIKAN:
Int
ILUSTRASI

Jeruk, susu, kopi, minuman ringan, adalah sebagian jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis obat. Ini karena jika digabungkan akan berisiko buat kesehatan. Sebab, ada zat-zat tertentu pada obat tersebut yang justru berdampak buruk buat tubuh bila bertabrakan dengan zat dalam makanan.

Bila Anda harus mengkonsumsi obat-obatan berikut, beri jarak waktu dengan makanan yang mungkin bisa menimbulkan reaksi negatif pada tubuh. Berikut daftarnya, seperti yang dilansir  tempo.co
1. Antibiotik
Diberikan untuk melawan bakteri. Zat yang terkandung antara lain Tetracycline, Ciprofloxacin, dan Penicilin. Makanan yang harus dihindari adalah produk-produk susu karena mengandung kalsium yang sulit menyatu dengan zat-zat tersebut dan membuat khasiat obat jadi tidak efektif.

2. Pereda rasa sakit
Diberikan untuk meredakan sakit kepala, peradangan, nyeri otot, dan mengandung Ibuprofen. Hindari mengkonsumsinya dengan minuman ringan karena asam dan karbondioksida pada minuman akan menyebabkan penyerapan zat pada obat dan membuatnya mengendap di darah. Keracunan pada darah bisa merusak ginjal.

3. Pengatur hormon tiroid
Diberikan untuk mengatasi kelenjar tiroid yang tidak bekerja dengan sempurna dan mengandung Levothyroxine. Jangan dikonsumsi berbarengan dengan makanan dari kedelai karena akan menghambat penyerapan zat pada obat.

4. Penurun kolesterol
Diberikan buat mengatasi obesitas, diabetes, dan masalah kardiovaskular. Obat ini mengandung Atorvastatin, Fluvastatin, Lovastatin, Simvastatin, Rosuvastatin, dan Pravastatin, yang akan bereaksi negatif bila dikonsumsi dengan buah-buahan keluarga jeruk. Jika kedua zat ini ‘bertabrakan’ akan meningkatkan penyerapan zat pada obat dan mengakibatkan overdosis. Singkatnya, menelan satu tablet obat penurun kolesterol lalu makan buah dari keluarga jeruk sama dengan menenggak 20 tablet obat.

5. Obat bronkitis
Untuk meredakan asma, bronkitis, dan masalah paru-paru lain, menggunakan obat yang mengandung Theophylline dan Albuterol. Jangan menelannya dengan minuman yang mengandung kafein. Obat-obatan ini akan merangsang sistem saraf dan meminumnya dengan kopi akan meningkatkan kegelisahan dan rasa gugup.
 

6. Pengencer darah
Obat untuk mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah serta mengandung Warfarin. Hindari makanan yang bisa mengencerkan darah dan mengandung vitamin K, contohnya cranberi, bawang putih, jahe, kayu manis, kunyit, dan rempah-rempah lain. Sebab, jenis-jenis makanan tersebut sudah berfungsi mengencerkan darah dan bila dikonsumsi berbarengan dengan Warfarin akan memicu pendarahan. Sementara itu, makanan yang mengandung vitamin K, seperti bayam dan brokoli, akan mengurangi khasiat obat.***

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Ubah Gaya Hidup untuk Kontrol Tekanan Darah

    8 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Meski tak menimbulkan gejala yang mengganggu, namun hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal.

  • Kedelai Dapat Mencegah Sekaligus Memperparah Kanker Payudara

    8 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Tahu, tempe, atau susu kedelai termasuk sumber protein yang baik, rendah kalori, dan rendah lemak jenuh. Studi-studi lain pun mengatakan kedelai terbukti bermanfaat membantu mencegah kanker.

  • Ingin Menjaga Jantung?, Hindari 10 Makanan Ini

    8 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Ingin menjaga jantung dan sistem peredaran darah tetap sehat saat ini dan di masa mendatang? Hindari makanan dan minuman ini dalam hidup sehari-hari. Jika ingin sekali mencicipinya, boleh saja sekali-sekali mengonsumsi. Tetaplah ingat porsi

  • Divonis Kariernya Bakal Berakhir Karena Diabetes, Nacho Justru Melesat

    8 bulan lalu

    Bek Real Madrid dan timnas Spanyol, Nacho, sempat berpikir karier sepakbolanya bakal tamat karena diabetes yang dideritanya sejak kecil. Namun rasa cemas itu bisa diubahnya menjadi sesuatu yang positif.

  • Jangan Minum Minuman Manis Saat Sedang Makan, Ini Alasannya..

    2 bulan lalu

    Sebagai contoh, burger dan soda sering disajikan bersamaan. Selain mengandung banyak kalori, apabila keduanya dikonsumsi secara bersamaan akan menimbulkan masalah pada tubuh.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.