Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • LIFESTYLE
  • Sering Naik Pesawat? Ini 3 Cara Atasi Telinga Tersumbat Ketika di Dalam Pesawat Terbang
Senin, 22 Mei 2017 18:04:00

Sering Naik Pesawat? Ini 3 Cara Atasi Telinga Tersumbat Ketika di Dalam Pesawat Terbang

Senin, 22 Mei 2017 18:04:00
BAGIKAN:
int
Ilustrasi

POROSRIAU.COM - Beberapa masalah pasti sering kita alami ketika berada di dalam pesawat terbang. Misalnya seperti jet lag, udara yang kering dan kram karena terus menerus duduk. Tapi salah satu hal yang sering dikeluhkan penumpang adalah telinga tersumbat. Istilah yang tepat adalah Barotrauma, yakni kerusakan jaringan yang terjadi akibat perbedan antara tekanan udara di dalam rongga udara fisiologis salam tubuh dengan tekanan di sekitarnya.

Untuk memahami hal itu, Anda memerlukan pelajaran anatomi telinga secara singkat. Telinga Anda terbagi menjadi tiga bagian: telinga luar, telinga tengah (yang menjadi tempat gendang telinga) dan telinga bagian dalam. Telinga terhubung ke bagian belakang hidung dan tenggorokan bagian atas melalui lorong yang disebut tabung eustachius, yang tugasnya adalah untuk menstabilkan tingkat tekanan udara antara hidung dan telinga Anda.

“Tabung Eustachius kita terbuka dan menutup beberapa kali dalam sehari. Namun jalan terusan itu sangat kecil sehingga kita tidak benar-benar menyadari kapan itu bergerak. Ketika kita terbang, ada perubahan tekanan barometik yang cepat sehingga menyebabkan jatuhnya tabung eustachius dan mengganggu aliran udara normal dari hidung ke telinga,” ujar Ana Kim, MD, ahli otolaringologi di Columbia University Medical Center, New York.

Ana Kim juga menambahkan jika Anda memiliki infeksi sinus hal ini akan menimbulkan rasa sakit. “Jika Anda memiliki telinga aktif atau infeksi sinus, Anda akan mengambil sedikit volume udara yang Anda miliki di tabung eustachius, sehingga dengan terbang bisa menimbulkan rasa sakit, seperti yang dialami penyanyi Gwen Stefani baru-baru ini,” tambah Kim.

 

Untuk menstabilkan kembali tingkat tekanan udara dan mencegah rasa sakit yang tidak nyaman, Anda perlu membuka tabung tersebut. Dilansir dari Health, berikut ada tiga hal yang bisa dicoba jika hal itu terjadi pada Anda.

1. Tutup Hidung dan meniupnya
Anda bisa mencoba menutup hidung dan mulut Anda, lalu dengan lembut memaksa udara masuk ke telinga tengah, dengan meniupnya. Namun jangan diulang dan jangan meniup terlalu keras karena hal ini justru dapat membahayakan telinga Anda.

2. Menggerakkan otot rahang
Cara lain adalah dengan Anda menggerakan otot rahang dengan mengunyah, menguap atau meminum air dapat membantu membuka kembali tabung eustachius. Jika Anda berpergian dengan bayi atau balita dan Anda mencurigai hal itu terjadi kepada anak Anda, Anda bisa mencoba meminta mereka untuk meminum jus atau air dengan menggunakan dot untuk menggerakan otot-otot di mulut.

3. Ambil dekongestan
Pengobatan seperti Afrin dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di rongga hidung Anda. Anda bisa meminumnya 10 menit sebelum lepas landas untuk mencegah penyumbatan dari awal. Namun perlu diwaspadai, jika orang-orang yang memiliki masalah pada jantung atau sedang hamil untuk tidak meminumnya kecuali mereka telah mendapat persetujuan dokter.***

 

 

Editor: Chaviz

Sumber: TABLOIDBINTANG

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Penumpang Pesawat Geger Ada 'Tiang' Muncul dari Balik Awan

    10 bulan lalu

    Tidak banyak hal bisa dilihat ketika melihat keluar jendela pesawat yang terbang di ketinggian di 4.000 kaki. Paling-paling hanya awan dan langit biru.

  • Sidang Kasus Karhutla PT JJP, Saksi Ahli:Tidak Ada Pelanggaran Hukum Apabila Kawasan Hutan Sudah Dilepas

    9 bulan lalu

    UJUNG TANJUNG(POROSRIAU.COM)-- Pada sidang Kasus kebakaran hutan dan lahan sebagai terdakwa PT Jatim Jaya Perkasa yang di wakili oleh Direksinya Halim Gozali. Yang digelar di PN Rokan Hilir pada Senen Tanggal 30/1/2017, terdakwa mengadirkan dua orang saks

  • Ingin Menjaga Jantung?, Hindari 10 Makanan Ini

    8 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Ingin menjaga jantung dan sistem peredaran darah tetap sehat saat ini dan di masa mendatang? Hindari makanan dan minuman ini dalam hidup sehari-hari. Jika ingin sekali mencicipinya, boleh saja sekali-sekali mengonsumsi. Tetaplah ingat porsi

  • Indonesia dan Arab Saudi, Siapa Membutuhkan Siapa?

    8 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Pertumbuhan ekonomi Arab Saudi terus melambat dalam dua tahun terakhir. Setelah mencatat pertumbuhan fenomenal sebesar 10 persen pada 2011, perekonomian negara teluk itu kemudian turun pada 2012, dengan pertumbuhan 5,4 persen dan turun lagi

  • Disentil Sekali, Fahri Hamzah Balas KPK Lima Kali

    7 bulan lalu

    Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah kembali berseteru dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kali ini, karena nama Fahri Hamzah tiba-tiba muncul dalam persidangan kasus suap pajak yang juga melibatkan adik ipar Presiden Jokowi, Arief Budi Sulistyo.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.