Kamis, 18 April 2019
  • Home
  • MERANTI
  • Inovatif, Desa Bungur Berhasil Memproduksi Minyak Kelapa Non Kolesterol.
Jumat, 04 Januari 2019 13:45:00

Inovatif, Desa Bungur Berhasil Memproduksi Minyak Kelapa Non Kolesterol.

Oleh: Manik
Jumat, 04 Januari 2019 13:45:00
BAGIKAN:
Foto: Ruslan Bahrawi Ketua BKD (Badan Kerjasama Antar Desa) Bungur, yang juga penggegas Gerakan Meranti Berkibar (GMB).
MERANTI(POROSRIAU.COM) - Meski merupakan wilayah terluar yang berhadapan langsung dengan selat malaka, namun semangat masyarakat Desa Bungur, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kab. Meranti, Riau, untuk berinovasi tetap tinggi, terbukti desa tersebut telah berhasil memproduksi minyak kelapa murni non kolesterol. 
 
 
Seperti diungkapkan Ruslan Bahrawi Ketua BKD (Badan Kerjasama Antar Desa)  Bungur, yang juga penggegas Gerakan Meranti Berkibar (GMB), melalui UKM,  desanya telah berhasil mengolah kelapa menjadi minyak makan non kolesterol dengan kandungan protein lemak 0 %, sehingga  aman dikomsumsi. 
 
 
Sekilas diungkapkan Ruslan,  bahwa tekhnis memproduksi minyak kelapa murni nol kolesterol tersebut yakni melalui proses penyulingan minyak kelapa sehingga menjadi minyak goreng nurni.
 
 
Rencananya, produk minyak makan murni non kolesterol ini akan dikembangkan melalui UKM (home industri) yang dikelola oleh BUMDES desa Bungur tersebut akan mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 2019.
 
 
Bahkan, dalam rangka mendukung kegiatan UKM tersebut, desa Bungur telah mengirim 4 orang ibu ibu untuk mengikuti pelatihan di Jogja.
 
 
Meskipun desa kami sudah berhasil memproduksi minyak makan murni ini,  kami dari BKD desa Bungur berharap adanya dukungan dan perhatian dari Pemerintah Daerah.
 
Hal ini sangat penting  dalam rangka menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya Rangsang Pesisir sebagai pusat pengembangan kawasan industri kelapa terpadu.
 
 
Potensi dari sektor ini luar biasa, selain menjadi minyak, air kelapa juga dapat  diolah menjadi koko jel, cuka makan, juga kecap.
 
 
Masih ada lagi, selain produk tersebut, ketek blondo yang biasa disebut tahi minyak bahkan dapat pula diolah menjadi sosis dan naget, sedangkan tempurung kelapa dapat pula diolah menjadi arang breket serta asap cair yang berguna sebagai pengawet kayu. 
 
 
Tetapi semua potensi itukan harus terjaga,  jika dibangun tanggul untuk mencegah air laut masuk kedarat dan menggenangi kebun kelapa saat pasang keling, ucap Ruslan berharap.
 
 
Tentang ketersediaan bahan baku, di Desa Bungur saat ini terdapat kebun kelapa milik masyarakat seluas kurang lebih 200 HA , dan potensi pengembangan areal masih tersedia 500 Ha lahan yang saat ini sudah tahap penyusunan kelompok tani, kata Ruslan mengakhiri.(nik)
 
Editor: Chaviz fernandes

  Berita Terkait
  • Upsss!! Siswi SMP Ini Tewas Misterius Usai 'Digenjot' Pacarnya

    tahun lalu

    POROSRIAU.COM-Seorang siswi SMP di Tabanan Bali tewas misterius usai ‘indehoi’ dengan pacarnya, Minggu (21/1). Sebelum meninggal, ia sempat ‘digenjot’ pacarnya sebanyak tiga

  • Wakil Bupati Meranti Buka Musrenbang Kec. Rangsang, Himpun Program Prioritas Kecamatan

    tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bersama Ketua DPRD H. Fauzy Hasan, mengikuti kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Rangsang (Musrenbang), kegiatan

  • Ingin Sukses Kembangkan Sagu, Balitbang Pemprov Papua Omah Laduani : Semoga ilmu yang kami dapat di Meranti dapat ditiru di Papua.

    12 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Keberhasil Kabupaten Kepulauan Meranti mengembangkan Sagu, membawa Pemerintah Provinsi Papua untuk melakukan study tiru pengembangan Sagu di Meranti, rombongan langsung d

  • Mobil Pertamina Kencing BBM, Dua Orang Diamankan

    3 tahun lalu

    Inhu (POROSRIAU.com) - Kepolisian Inhu mengamankan dua orang yang sedang membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dari mobil pengangkut solar Pertamina, Selasa (13/9/2016) sekitar pukul 17.00 Wib.

  • Kepala Desa Pertama Dilantik Setelah UU No. 23, 2014

    3 tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si melakukan pelantikan Penjabat (Pj) Kepala Desa persiapan Bina Sempian, Kecamatan Rangsang Pesisir, Pranoto, bertempat dihalaman Kantor Desa persiapan Bina Sempian, Rabu (10/8

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.