Sabtu, 16 Februari 2019
Senin, 28 Januari 2019 14:14:00

Koramil 08/Merbau Go To School.

Oleh: Manik
Senin, 28 Januari 2019 14:14:00
BAGIKAN:
SEMUKUT(POROSRIAU.COM) - Danramil 08/Merbau Peltu Lakatang bertindak sebagai Inspektur/Pembina dalam upacara Bendera yang dilaksanakan di Lapang Upacara Sekolah MA Hidayatul Mubtadi’in Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau, Kab. Meranti, Riau, pada hari Senin (28/1/2019).
 
 
Turut hadir Camat dan Staf Kec. Pulau Merbau, Kepala Sekolah, Dewan guru, Kepala TU/Pegawai TU dan Siswa-siswi MA Hidayatul Mubtadi’in.
 
Dalam amanatnya Irup/Pembina Upacara, Pjs Danramil 08/Mrb Peltu Lakattang mengatakan bahwa, Upacara Bendera hari Senin janganlah hanya dijadikan kegiatan rutinitas saja, tapi mari kita kaji dan mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. 
 
Upacara Bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai Budaya Bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain.
 
Upacara adalah merupakan gabungan 2 suku kata yaitu kata Upa dan Cara yang artinya Upa adalah Rangkaian dan Cara adalah Tindakan dan Gerakan yang bila dirangkaikan dengan kata Tata maka Tata Upacara adalah tindakan dan gerakan yang dirangkaikan dan ditata dengan tertib secara disiplin, ungkap Peltu Lakatang.
 
Maka Upacara bendera sangatlah penting untuk kita semua, karena dalam upacara bendera sederet acara digelar yang semuanya bermuara pada ke disiplinan, jiwa nasionalisme dan patriotisme. 
 
Ada 5 hal positif yang bisa didapatkan dari Upacara bendera : Membiasakan Disiplin, Menumbuhkan Jiwa Kepemipinan, Membiasakan berpenampilan rapi, Meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dan  Menumbuhkan jiwa nasionalisme, katanya lagi.
 
Setelah Upacara bendera Peltu Lakattang dibantu Banbinsa Desa Semukut Serda Nasril Tanjung melanjutkan dengan Materi PBB untuk melatih fisik, menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan agar terbentuk perwatakan tertentu dan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air dan membangkitkan jiwa patriotisme bagi generasi muda, yang harus dilakukan sejak dini agar menjadi generasi penerus bangsa yang baik. 
 
Sementara itu, Kepala Pemeritahan Kec. Pulau Merbau Bpk M. Nazar M.Pd  Sangat mengapresiasi Program yang dilaksanakan oleh TNI khususnya Koramil 08/Mrb untuk datang ke Sekolah-sekolah menjadi Irup/Pembina upacara, sekaligus memberikan pelatihan PBB dan Pembekalan Wawasan kebangsaan, hal itu sangat berguna bagi generasi muda, apalagi pada kurikulum sekolah sekarang ini hampir tidak ada materi tentang wawasan kebangsaan.  
 
Kepala sekolah Sekolah MA Hidayatul Mubtadi’in Bpk Tatang Hadi Masudi, S. Ag mengucapkan terima kasih kepada Bapak Danramil dan Babinsa yang sudah meluangkan waktunya untuk memberikan datang ke sekolah kami menjadi Irup/Pembina Upacara, Melatih PBB dan memberikan pembekalan Wawasan kebangsaan di sekolah kami.
 
Mudah-mudahan dengan memberikan materi ini kepada siswa-siswi kami lebih memperdalam lagi kecintaannya terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, harap Tatang, S.Ag.(nik).
Editor: Chaviz fernandes

  Berita Terkait
  • Maksimalkan Program Cetak Sawah, Dinas Pertanian Meranti Dan Koramil Rapat Bersama PPL Dan Gapoktan

    tahun lalu

    Kerjasama Kementrian Pertanian dengan TNI terkait swasembada pangan melalui program cetak sawah baru khususnya diwilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, telah membuahkan hasil, terlihat jelas pada saat pelaksanaan panen raya beberapa waktu lalu.

  • Perbaiki Jembatan Rusak, Ramil 08/Merbau Gotong Royong Bersama Warga Desa Kudap.

    7 hari lalu

    DESA KUDAP(POROSRIAU.COM) - Sebagai Prajurit Sapta Marga, Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan ujung tombak satuan teritorial paling bawah dan terdepan yang berhadapan langsung dengan masyaraka

  • Tolong Jalan Kami Masih Hancur, Kapan Mau Diperbaiki

    3 tahun lalu

    Ruas jalan menuju Desa Kelemantan Barat, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis hingga saat ini kondisinya hancur lebur dan banyak lubang

  • Penyakit Langka Kawasaki Rentan Serang Anak

    3 tahun lalu

    Ketika anak sakit dengan gejala demam, muncul bintik radang pada kulit, dan mata merah maka biasanya penyakit pertama yang dipikirkan mungkin adalah infeksi

  • Lantik Pejabat Eselon II dan III, Wabub Ingatkan Jabatan Bukan Hak Tapi Tugas Yang Diberikan Pimpinan

    2 tahun lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Said Hasyim, melakukan pengukuhan dan pelantikan Pejabat Struktural Eselon II dan II dilingkungan Pemkab Meranti. Pelantikan dalam rangka mempercepat kinerja organisasi dalam menggesa pem

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.