Minggu, 24 Maret 2019
Selasa, 25 Desember 2018 10:08:00

Anak Krakatau Masih Keluarkan Asap Tebal

Oleh: Redaksi
Selasa, 25 Desember 2018 10:08:00
BAGIKAN:
Anak Krakatau.(Foto:Int)

POROSRIAU.COM--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meneruskan laporan staf Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Windi Cahya Untung, tentang kondisi terkini gunung yang berada di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, yang masih mengeluarkan asap hitam dengan intensitas tebal di puncak sejak Senin (24/12) hingga Selasa (25/12) dini hari.

Di dalam rilis yang diterima di Bandarlampung, Selasa (25/12) pagi, BMKG menyatakan dalam periode pengamatan 24 Desember 2018, pukul 00.00 sampai dengan 25 Desember pukul 00.00 WIB, Gunung Anak Kratau terlihat jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal dan tinggi 300-600 meter di puncak kawah.

Awan panas terlihat bergerak ke arah selatan. Suara dentuman terdengar di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau (PGA). Aktivitas kegempaan Gunung Anak Krakatau mengalami tremor menerus, amplitudo 9-35 mm (dominan 25 mm).

Data tersebut diambil dari Stasiun Sertung wilayah gugusan pulau-pulau sekitar Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda. Gunung api di dalam laut dengan ketinggian saat ini 338 meter dari permukaan laut (mdpl) itu selama pengamatan kondisi cuaca cerah, berawan, mendung, dan hujan.

Angin bertiup lemah, sedang, hingga kencang ke arah utara, dan timur laut, dan timur. Suhu udara 24-31 derajat Celsius, kelembapan udara 63-98%, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau Level II (Waspada), sehingga direkomendasikan masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah.***

Editor: Chaviz

Sumber: Media Indonesia

  Berita Terkait
  • Rumah Papan di Mandau Diamuk Sijago Merah

    2 tahun lalu

    MANDAU(POROSRIAU.COM) - Satu unit rumah papan di Jl. KH Ahmad Dahlan RT 01 / RW 02 Kelurahan Balik Alam, Kecamatan Mandau dilalap sijago merah, minggu (19/02)

  • 3 (Tiga) Rumah Terbakar, Dua Orang Tewas

    3 tahun lalu

    DUMAI(POROSRIAU.com) – Pada hari kamis (11/8/2016) sekitar pukul 06.30 wib pagi hari, kebakaran kembali terjadi di kota Dumai, Kali ini terjadi di jln. Rambutan RT 18 rimba sekampung, jln omb

  • Gaji Belum UMK, Puluhan Karyawan PT Dumai Bulking Demo dan Segel Managemen

    3 tahun lalu

    Dumai ( POROSRIAU.com) - Puluhan Karyawan PT Dumai Bulking Demonstrasi menuntut hak gaji mereka dibayar sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK), Pada aksi itu mereka menyegel pihak Managemen didalam area pabrik.

  • Resmikan Ruang Kelas dari Dompet Dhuafa di Sokop, Kadisdik Meranti Kaget

    2 tahun lalu

    Meranti (porosriau.com) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepulauan Meranti M Arif MN meresmikan ruang kelas Kapal Peradaban Bandaraya di Desa Sokop Kecamatan Rangsangpesisir, Riau. Ruang kelas yang diresmikan M Arif MN ini di

  • Vihara Sehati di Meranti Nyaris Ludes Dilalap Api

    2 tahun lalu

    SELATPANJANG (POROSRIAU.COM) - Kepulan asap tebal terlihat membumbung di Vihara Sehati yang berada di Jalan Rintis Gang Revolusi, Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti, Selasa (20/12/2016) siang kemarin.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.