Rabu, 18 Oktober 2017
Jumat, 03 Maret 2017 08:42:00

Sambut Raja Salman Ketua DPR Grogi

Oleh: Redaksi
Jumat, 03 Maret 2017 08:42:00
DPR Berebut Selfie
BAGIKAN:
int
Dewan Perwakilan Rakyat menyambut antusias lawatan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud, ke Gedung Parlemen

JAKARTA(POROSIAU.COM)--Dewan Perwakilan Rakyat menyambut antusias lawatan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud, ke Gedung Parlemen, Jakarta, kemarin, Kamis 2 Maret 2017. Ruang sidang paripurna didandani dengan berbagai rangkaian bunga. Kursi khusus disiapkan, disesuaikan dengan postur tubuh sang raja.

Raja Salman tiba 15 menit lebih lambat dari agenda pukul 13. Setelah menandatangani buku tamu, Raja Salman yang didampingi Ketua DPR Setya Novanto melambai ke arah wartawan, sebelum masuk ke ruang sidang.

Nyaris semua anggota Dewan yang hadir tak bisa menahan diri untuk tidak mengangkat telepon selulernya tinggi-tinggi. Ada yang berusaha mengabadikan momen, tak sedikit yang nekat melakukan selfie.

Saat membacakan pidato sambutan, Novanto tampak bahagia karena berhasil mengucapkan salam dalam bahasa Arab. Namun dia tidak dapat menyembunyikan kegugupannya ketika salah menyebut seorang tamu kehormatan. “Bapak Try Sutrisno, Wakil DPR Republik Indonesia,“ kata Novanto, lalu tertegun. Hadirin tertawa. “Ini memang, di sebelah raja, grogi-grogi dikit,” Ia pun meralat, meski tidak terlalu tepat: “Wakil Presiden Republik Indonesia.”

Pidato Raja Salman di Parlemen mengulang sejarah serupa 47 tahun lalu. Kala itu, Raja Faisal bin Abdulaziz berpidato di hadapan Sidang Istimewa DPR Gotong Royong. Kenangan itu diputar lewat film yang ditayangkan sebelum sambutan.

Dalam pidatonya, Raja Salman mengaku berbahagia. “Penghargaan kami setinggi-tingginya atas keramahan dan sambutan yang hangat,” kata dia.

Baik Novanto maupun Raja Salman sama-sama menekankan arti penting hubungan kedua negara. Dalam pidato berbahasa Arab, Raja Salman mengangkat isu terorisme dan radikalisme, yang dia sebut sebagai ancaman kedamaian di dunia. “Kita harus menyatukan barisan dalam memerangi terorisme, benturan peradaban, yang tidak menghormati kedaulatan negara.”

Adapun Novanto menyelipkan masalah yang dihadapi para tenaga kerja Indonesia (TKI). Ia berharap dicarikan solusi terbaik, dengan tetap menghormati hukum Arab Saudi. Terutama TKI yang terancam hukuman mati. “Atas nama rakyat Indonesia, kami mohon kemurahan hati Sri Baginda untuk memberikan ampunan,” kata Novanto.

Selepas berpidato, Raja Salman dikepung anggota Dewan yang tetap nekat berfoto dengan mengangkat telepon seluler tinggi-tinggi. Bahkan, beberapa di antaranya menggunakan tongkat penyangga telepon. Raja pun sampai kesulitan menerobos kerumunan mereka. Tapi Raja Salman terus berjalan dengan senyuman.(tempo)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Ahmad Fikri Bacakan Dikungan Untuk Andi Rahman

    3 minggu lalu

    Pernyataan dukungan ini di sampaikan dihadapan ribuan kader Golkar saat berlangsungnya acara pembukaan Rakerda Partai Golkar Provinsi Riau di Pasir Pangaraian Sabtu 23/9/2017.

  • Kerja Tak Becus,Fraksi Gerindra Minta Bupati Rohil Copot Plt.Kadiskanlut.

    tahun lalu

    Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Rokan Hilir,Riau Hendra.ST meminta kepada Bupati Suyatno segera mencopot M.Amin.SIP,M.Si sebagai Plt.Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ( Kadiskanlut ).Menurutnya Amin tidak bekerja dengan maksimal dan selalu memperbu

  • Sambut Hari Jadi Ke 3 Polres Meranti Gelar Turnamen Bad Minton Kapolres Cup II

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Sambut Hari Jadi ke-3 Polres kepulauan Meranti yang jatuh pada 17 Agustus 2016 ini, Polres Kepulauan Meranti kembali menggelar turnamen badminton. Turnamen Badminton Kapolres Cup II yang dibuka di Gedung Ocean Selatpanjang pada Se

  • Ternyata Bantuan APBD Propinsi Riau Ta 2016 Untuk Kab. Inhu Rp 355 M

    tahun lalu

    Inhu (POROSRIAU.com) - Komisi B DPRD Provinsi Riau menggelar kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Inhu, Jumat (16/9), Kunker tersebut dimanfaatkan Bupati Inhu H Yopi Arianto untuk memberikan &lsqu

  • Mendaftar Ke KPU Kampar, Azis - Catur berangkat Dari Mesjid

    tahun lalu

    Bangkinang(POROSRIAU.com) - Pasangan bakal calon Bupati Dan wakil Bupati Kampar 2017 -2022 Azis Zainal - Catur Sugeng akan Deklarasi di taman kota Bangkinang dan setelah itu akan di lanjutkan pendaftaran ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar pada R

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.