Rabu, 23 Agustus 2017
  • Home
  • OPINI
  • Mandi Balimau Simbolis Sucikan Jiwa dan Raga
Senin, 22 Mei 2017 18:10:00

Mandi Balimau Simbolis Sucikan Jiwa dan Raga

Oleh: chaviz
Senin, 22 Mei 2017 18:10:00
BAGIKAN:
Redaksi
Chaviz Fernandes

POROSRIAU.COM--Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu provinsi yang kaya dengan aneka tradisi budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Salah satunya tradisi yang masih melekat sampai saat ini yaitu Mandi Balimau.

Mandi Balimau adalah tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat keturunan melayu, Mandi Balimau biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian. Mandi Balimau itu sendiri diwariskan secara turun temurun, tradisi ini dipercaya telah berlangsung selama berabad-abad lamanya.

Mandi Balimau biasanya dilakukan sehari menjelang puasa Ramadhan. Tujuannya dari Mandi Balimau ini adalah membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan puasa.

Mandi Balimau ini biasanya dilakukan secara beramai-ramai, sebagian besar warga memenuhi aliran sungai untuk melakukan ritual Mandi Balimau ini.

Ratusan, bahkan ribuan butir jeruk nipis dipergunakan sebagai alat untuk pembersih kepala dan tubuh. Masyarakat  meyakini dengan mandi Balimau, mereka akan semakin yakin dalam menghadapi puasa Ramadhan. Secara simbolis warga telah mensucikan jiwa dan raga.

Tak hanya itu, tradisi Mandi Balimau ini digunakan masyarakat untuk menjalin kebersamaan dan menghubungkan tali persaudaraan.(viz)

 
Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Depresi, Polisi Tembak Kepala Sendiri

    10 bulan lalu

    Brigadir Satu Arif Bambang Jatmiko, 26 tahun, anggota Satuan Sabhara Kepolisian Resor Madiun Kota, Jawa Timur, nekat menembak kepala sendiri dengan pistol inventaris dinas.

  • Petang Belimau di Taman Rumah Singgah Tuan Kadi

    3 bulan lalu

    Jika dulu kita mengenalnya dengan nama Petang Megang, kini tradisi melayu Pekanbaru dalam menyambut bulan suci ramadhan ini berganti nama menjadi Petang Belimau.

  • Pedoman Media Siber

    tahun lalu

    Pedoman Pemberitaan Media Siber Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklaras

  • Guru Olah Raga Diringkus Usai Cabuli 21 Siswi SMP

    tahun lalu

    Tersangka melakukan perbuatan tak terpuji, seperti mencubit paha, mengelus tubuh korban, serta mencubit pay...

  • Komisi D DPRD Provinsi Riau Kunjungan Kerja ke Negeri Serambi Mekkah

    tahun lalu

    Komisi D DPRD Provinsi Riau, jumat yang lalu, (20/5) melakukan kunjungan ke negeri serambi mekah, Nangroe Aceh Darussalam yang disambut baik oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan di ruang Potensi Daerah Kantor Gubernur Aceh.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.