Rabu, 23 Agustus 2017
  • Home
  • OTOMOTIF
  • Cara Paling Mudah Merawat Turbo Agar Tidak Cepat Rusak
Kamis, 09 Februari 2017 09:40:00

Cara Paling Mudah Merawat Turbo Agar Tidak Cepat Rusak

Oleh: Redaksi
Kamis, 09 Februari 2017 09:40:00
BAGIKAN:
Int
Turbo

POROSRIAU.COM--Salah satu piranti yang banyak terdapat di mobil keluaran baru ialah turbocharger. Baik mobil bensin dan diesel kini disematkan turbo karena terbukti mampu menambah tenaga yang dihasilkan mesin.

Sayangnya, masih banyak yang belum paham cara merawat turbo. Padahal mobil yang sudah dilengkapi turbo membutuhkan perlakuan khusus agar tetap prima dan tidak cepat rusak.

“Sebelum matikan mesin biasakan mobil dalam keadaan langsam minimal 1 menit. Itu cara paling mudah merawat turbo tidak cepat rusak. Beberapa literatur bilang 2 menit, tapi 1 menit cukup, jangan ditawar lagi,” kata Moh Arif Budiman, Training Departemen Tata Motors, seperti dilansi Dapur pacu.com.

Alasannya kata Arif, kalau mesin langsung dimatikan, oli yang mensuplai turbo akan turut berhenti. Padahal saat itu turbin masih berputar, sehingga turbo seakan bekerja namun minim pelumas.

“Kenapa begitu? Karena rpm turbo itu bisa 10 kali lipat dari rpm mesin. Kalau rpm mesin bisa 8.000 rpm maka putaran puncak turbin turbo bisa 100.000 rpm. Ketika suplai olinya berhenti turbo jadi cepat rusak,” jelasnya.

Turbo Timer
Namun langkah di atas tidak berlaku untuk mobil yang sudah dipasangkan turbo timer, semisal Isuzu Phanter keluaran baru. Karena fungsi dari turbo timer ialah menjaga mesin masih hidup beberapa saat meski kunci kontak dicabut.

Saat ini, turbo timer biasanya disetel agar mesin mati 1 menit setelah kontak dimatikan dan kunci dicabut. “Kalau sudah ada turbo timer tidak masalah. Bisa langsung matikan mesin. Saat ini, biasanya turbo timer sudah diatas 1 menitan,” katanya.(*/red)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Sabarudin: Bakohumas Banyak Yang Harus Di Kembangkan Agar Masyarakat Memperoleh Imformasi

    9 bulan lalu

    Kabag Humas Setda Kampar Sabaruddin S. Sos menghadiri Acara Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) se Indonesia di Hotel Haris Bandung Jawa Barat yang dimulai tanggal 17 dan berakhir tanggal 19 November 2016. (Jumat/18/11/16)

  • Masjid 60 Kurang Aso Wisata Religi Solok Selatan

    9 bulan lalu

    Pada masa lalu, di daerah Solok Selatan terdapat sebuah Kerajaan penting. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu namanya. Hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih terpelihara dengan baik

  • Dishubkominfo dan Kejari Bengkalis Gelar Kegiatan Penerangan Hukum

    tahun lalu

    Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bengkalis bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Bengkalis Melakukan kegiatan Penerangan Hukum bagi pegawainya, Kamis (28/7/2016).

  • Ternyata Bantuan APBD Propinsi Riau Ta 2016 Untuk Kab. Inhu Rp 355 M

    11 bulan lalu

    Inhu (POROSRIAU.com) - Komisi B DPRD Provinsi Riau menggelar kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Inhu, Jumat (16/9), Kunker tersebut dimanfaatkan Bupati Inhu H Yopi Arianto untuk memberikan &lsqu

  • Pilkada 2017 Mendatang, Pemilih Harus Berdomisili Sesuai E-KTP

    10 bulan lalu

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengelar sosialisasi pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dan sosialisasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik (PPID), Rabu (2/11/2016).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.