Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • OTOMOTIF
  • Hindari Kebiasaan, Putar Kunci Langsung Starter Motor
Jumat, 10 Februari 2017 10:59:00

Hindari Kebiasaan, Putar Kunci Langsung Starter Motor

Oleh: Redaksi
Jumat, 10 Februari 2017 10:59:00
BAGIKAN:
int
Ilustrasi

POROSRIAU.COM--Entah karena terburu-buru atau sebab lain, kerap terjadi pengguna motor langsung menstarter kendaraannya usai kunci kontak diputar ke posisi on. Padahal jarum odometer masih bergerak dan belum balik ke posisi semula.

Meski tidak ada pengaruh langsung, hal tersebut ternyata cukup merugikan. Sarwono Edi, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, perilaku kecil ini membuat kerja aki jadi berat.

Pada pengguna motor Honda keluaran baru, saat jarum sedang bergerak pompa bahan bakar sebetulnya sedang bekerja untuk memberi tekanan pada injector. Berarti, konsumsi energi listrik dari aki masih cukup besar.

“Jika aki tersebut kondisi prima maka tidak ada masalah, akan tetapi jika kondisi aki kurang prima, maka aki akan sedikit berat mensuplai energy listrik ke pompa dan motor starter,” kata Sarwono, seperti dilansir dapur pacu.com.

Untuk itu biasakan sebelum menstarter motor, menunggu hingga jarum balik ke posisi on. Namun jika kebiasaan lama sulit dihilangkan, ada baiknya selalu mengecek kesehatan aki. Perlakuan dan perawatan yang tepat akan memperpanjang umur komponen.[*/red]

 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Babak Belur Dihajar Masa, Pelaku Begal Diciduk Polsek Tambang

    tahun lalu

    Bangkinang(POROSRIAU.com) - Jajaran Polsek Tambang amankan pelaku perampasan sepeda motor (begal) yang terjadi di wilayah desa Rimbo Panjang kecamatan Tambang kabupaten Kampar pada tanggal 24 Juli 2016 lalu.

  • Kampar Terima Bantuan 15 Unit Gerobak Sepeda Motor Pengolahan Sampah

    11 bulan lalu

    Kabupaten Kampar dapat bantuan 15 gerobak Sepeda motor untuk pengolahan sampah dan transportasi pengangkutan sampah, diharapkan penerima bantuan pengelolahan sampah ini memiliki prioritas utama

  • Bupati Amril Lantik Pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis

    8 bulan lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.COM)-- Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengucapkan tahniah kepada pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis terpilih periode 2017-2022. Ia berharap dengan kepemimpinan yang baru, eksistensi Baznas lebih menigkat lagi, sehingga keberadaanya

  • Polsek Tambang Ringkus 4 Komplotan Pencuri Mobil

    7 bulan lalu

    Kepolisian Sektor (Polsek) Tambang melakukan penangkapan terhadap 4 (empat) pelaku pencurian 1 unit mobil L300 yang terjadi di Dusun 4 Bakuok Desa Aur Sati, Kecamatan Tambang, Kamis (9/3/2017).

  • Toke Bawang Bawa Kabur Sepeda Motor Tukang Ojek

    4 bulan lalu

    Niat baik tidak selalu berbuah manis, hal ini dialami Syahrial (53) salah satu tukang ojek di Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel)

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.