Rabu, 18 Oktober 2017
  • Home
  • OTOMOTIF
  • Ingat! Mobil Atau Motor Yang Pakai Lampu Rotator Bakal Ditilang Polisi
Selasa, 26 September 2017 09:04:00

Ingat! Mobil Atau Motor Yang Pakai Lampu Rotator Bakal Ditilang Polisi

Oleh: Redaksi
Selasa, 26 September 2017 09:04:00
BAGIKAN:
Mobil Atau Motor Yang Pakai Lampu Rotator Bakal Ditilang Polisi.(foto/detik)

JAKARTA(POROSRIAU.COM)--Semakin banyak pengguna mobil pribadi yang memasang lampu rotator dan sirine. Padahal, kedua aksesori tambahan itu dilarang, karena khusus untuk kendaraan instansi terkait seperti polisi, TNI, atau pemadam kebakaran.

Bukan hanya mobil, pengguna sepeda motor pun masih banyak yang memasang sirine, sering ditemukan ketika touring untuk meminta jalan kepada pengguna kendaraan lain.

Melihat kondisi seperti itu, Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto berjanji akan melakukan tindakan tegas.

"Kita akan tilang langsung, mungkin saja minta untuk melepaskan aksesori itu di tempat," kata Budiyanto saat dihubungi Otomania.com belum lama ini.

Mobil ataupun motor tersebut akan dikenakan Pasal 298 ayat 4 sesuai Undang-undang no.20 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu sanksi dua bulan kurungan, atau denda maksimal Rp 500.000.

Sementara itu, menurut Pasal 59 UU yang sama, kendaraan yang diperbolehkan dipakaikan perangkat isyarat lampu tersebut menggunakan warna biru untuk kepolisian, merah pemadam kebakaran dan ambulans, sementara kuning untuk patroli jalan tol serta pengawas sarana dan prasarana.(otomania)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Tak Pakai Helm 17 Orang Ditilang Polisi dalam Operasi Zebra Siak 2016 di Dumai

    11 bulan lalu

    Hari pertama Operasi Zebra Siak 2016 di Kota Dumai, Riau, Rabu (16/11/2016) kemarin, masih ada ditemukan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas di jalan raya.

  • Sudah Beroperasi Dua Tahun, Pengunjung T1 Sauna Mulai Dari ABG Hingga Yang Tua Bangka

    satu minggu lalu

    Satpam tersebut menuturkan, dirinya bisa memastikan ada anggota TNI yang datang ke tempat pesat gay itu karena yang bersangkutan pernah berbicara dengannya.

  • Dihari Ke 3 Operasi Zebra, Satlatas Polres Kampar Tilang 30 Pelanggar

    11 bulan lalu

    Sebanyak 30 puluh kendraan bermotor yang melanggar aturan berhasil ditilang petugas Satlantas Polresta Kampar di hari ketiga gelaran Operasi Zebra 2016 di wilayah hukum polres Kampar, Jumat (18/11/2016).

  • Lima Perampok di Kecamatan Kunto Darusalam Berhasil Dibekuk Polisi

    10 bulan lalu

    Petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Rokan Hulu (Rohul), Riau, sukses membekuk kawanan Rampok yang beraksi secara sadis terhadap korbannya Suriadi, warga Muara Dilam, Kecamatan Kunto Darussalam, beberapa waktu lalu.

  • Berhasil Tekan Angka Karlahut, BPBD Meranti Raih Penghargaan dari Gubri

    10 bulan lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Berkat kerja keras Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, dibantu dengan Stakeholders terkait mulai dari TNI, Polri, Pihak Swasta serta masyarakat. BPBD Meranti berhasil menekan angka kebakara

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.