Rabu, 29 September 2021
  • Home
  • PEKANBARU
  • Bantu Sekolah dan Madrasah Percepat Bangun Pustaka Digital
Minggu, 20 Juni 2021 17:33:00

Bantu Sekolah dan Madrasah Percepat Bangun Pustaka Digital

Minggu, 20 Juni 2021 17:33:00
BAGIKAN:
Gedung Pustaka Unilak
PEKANBARU, PPOROSRIAU.COM - Untuk mengikuti perkembangan zaman yang bergerak cepat di bidang teknologi, Universitas Lancang Kuning (Unilak) bersama dengan Perpusnas RI, Perpustakaan Daerah Riau, dan Penerbit Erlangga menggelar webinar yang bertujuan membangun perpustakaan digital di sekolah dari jenjang SD/Madrasah hingga SMA di Riau. 
 
Webinar perpustakaan nasional di gelar secara zoom Kamis lalu,(16/06/2021) sebagai narasumber yaitu Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Nasional Sekolah dan Madrasah, Drs. Nurcahyo, Kepala Perpustakaan Provinsi Riau Dr. Rahima Erna, Pelaksana tugas Ketua Dewan Perpustakaan Nasional provinsi Riau yang juga Rektor Unilak Dr. Junaidi, Kepala Perpustakaan Unilak Hadira Latiar MA dan Hardian Tjahji Permono. SE, MM. 
 
Peserta webinar berjumlah lebih dari 680 orang teridiri dari guru sekolah, kepala sekolah, pengelola perpustakaan, kepala perpustakaan, dan pustakawan se Riau. 
 
Dr. Junaidi yang dikonfirmasi Sabtu, 19/06/2021 mengatakan webinar kemarin tentang perpustakaan digital.  Kegiatan bertujuan untuk mendorong pihak sekolah mendirikan perpustakaan digital. Karena kebutuhan anak anak, masyarakat sudah digital. "Unilak yang memiliki jurusan perpustakaan ingin mendampingi sekolah sekolah untuk mewujudkan perpustakaan digital. Perpustakaan digital tidak mahal, sangat sederhana tidak perlu peralatan mahal-mahal," ujar Dr. Junaidi. 
 
Dijelaskan Dr. Junaidi, webinar juga berkaitan dengan akreditasi perpustakaan sekolah. "Unilak juga siap mendampingi sekolah sekolah membantu akreditasi perpustakaan sekolah, ini sangat penting karena untuk mendukung akreditasi sekolah.
 
Sementara itu, Kepala Perpustakaan Daerah Riau, Dr Rahima Erna memberikan apresiasi atas terlaksananya webinar. Ia mengatakan, bahwa Riau cepat bergerak untuk membangun perpustakaan digital, tentunya perpustakaan digital yang miliki koleksi buku elektronik, bisa dibaca dimana saja, dengan menggunakan teknologi.
 
"Kami ingin memotivasi terutama kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, guru guru untuk kita segera  buat program, sosialisasikan di sekolah untuk buat perpustakaan digital dengan koleksi buku digital. Mau tidak mau ini tuntut perkembangan teknologi, kita tidak bisa menggunakan koleksi manual yang ada di perpustakaan," ujar Rahima Erna. 
 
Disebutkan Rahima, untuk membangun perpustakaan digital harus bangun infrastruktur, ini berkaitan dengan orangnya /SDM harus mempunyai tim IT, kemudian software, hardware, jaringan, dan infrastruktur.***
  Berita Terkait
  • Waduh! PT IKPP Nunggak Pembayaran PPJ Hingga Rp28 M Kepada Pemkab Siak

    5 tahun lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) yang beroperasi di Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, memang perusahaan besar yang tak taat aturan. Kendati hasil audit BPK RI tahun 2016 menemukan tunggakan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) n

  • Bupati H.M.Harris Kongkow dengan Pedagang dan Resmikan Teras Digital Bank BRI Pasar Baru

    5 tahun lalu

    PELALAWAN(POROSRIAU.COM)--Dalam sambutannya Bupati Pelalawan H.M.Harris  memberikan apresiasi tinggi terlebih dahulu kepada Bank BRI yang peduli kepada putra dan putri tempatan untuk dapat dit

  • "Suprise" SMPN 7 Bengkalis Dikunjungi Anggota DPRD Provinsi Riau

    4 tahun lalu

    Semoga Pak Vattah dalam keadaan sehat wal'afiat sehingga bisa melanjutkan apa yang menjadi keinginan masyarakat yang sudah mewakilkan kepadanya untuk membangun negeri ini.

  • Wabup Said Hasyim Tinjau Beberapa Sekolah Untuk Diperbaiki

    3 tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Dalam menunjang kegiatan belajar mengajar,  dibutuhkan fasilitas sekolah yang memadai sehingga suasana dalam ruang kelas dapat mendorong semangat para murid serta

  • SMK Negeri 2 Dumai Raih Juara 3 Lomba Perpustakaan se-Riau

    tahun lalu

    Kehadiran Perwakilan Penilai Pustaka Provinsi Riau ini didampingi Kepala Perpustakan & Arsip Kota Dumai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.