Jumat, 20 Oktober 2017
    Jumat, 17 Februari 2017 21:48:00

    Bupati Optimis Solok Selatan Swasembada Pangan

    Oleh: Ronal
    Jumat, 17 Februari 2017 21:48:00
    BAGIKAN:
    ronal/humas

    SOLSEL(POROSRIAU.COM) - Dalam rangka menyukseskan target Pemerintah pusat yang menyatakan bahwa tahun 2017 ini Indonesia harus mampu Swasembada Pangan, Pemerintah Daerah Solok Selatan melakukan kegiatan Pencanangan Gerakan Tanam Padi Serentak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lokasi Kelompok Tani Panduang Saiyo, Jorong Panduang Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Jum’at (17/2/2017).

    Tanam padi serentak tersebut dilakukan dilahan seluas lebih kurang 60 Ha. Dalam sambutannya Bupati Muzni Zakaria menyatakan bahwa target Swasembada pangan merupakan tanggung jawab bersama.

    “Menjadi pekerjaan rumah bagi kita bersama, (pemerintah daerah, petani, dan seluruh pihak terkait), untuk meningkatkan produksi padi, agar target tersebut dapat tercapai”. Katanya.

    Swasembada pangan ini merupakan mimpi yang sudah lama ingin diwujudkan oleh Pemerintah. Dan tahun 2017 ini target Swasembada pangan harus terwujud. Untuk mewujudkan target tersebut berbagai program telah digulirkan beberapa tahun terakhir. Diantara upaya yang telah dilaksanakan adalahSekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu (SL-PTT), semenjak tahun 2008 sampai dengan tahun 2014. Juga melalui peningkatan mutu intensifikasi pada tahun-tahun sebelumnya dan dilanjutkan dengan Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu ( GP-PTT ) tahun 2015 dan tahun 2016 s/d 2017 dilanjutkan dengan penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo.

    Kemudian Bupati menyebutkan bahwa “Sasaran produksi padi Kabupaten Solok Selatan Tahun 2017 adalah sebesar 144.748 ton dengan target tanam 30.940 Ha. Untuk mencapai sasaran produksi tersebut Pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten telah berupaya maksimal memberikan dukungan fasilitas baik fisik maupun teknologi kepada petani seperti Cetak sawah, Perbaikan Irigasi, bantuan Sekolah Lapang berupa penerapan teknologi petanian, bantuan Alsintan dan semuanya itu tentu dengan harapan kita adalah tercapainya target swasembada pangan dan kesejahteraan masyarakat”. Jelasnya.

    Sementara itu, Ir. Besli MM dari Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Barat menambahkan bahwa “Target Produksi padi Sumatera Barat pada tahun 2017 ini adalah sebanyak 5 juta Ton dengan lahan tanam seluas 520.000 Ha”. Katanya

    Bupati Muzni Zakaria yakin produksi padi Solok Selatan tahun ini akan mencapai target dan akan berkontribusi dalam mencapai Swasembada pangan Nasional.

     “Dengan kondisi yang sangat kondusif ini, ditambah dengan dukungan dari semua pihak mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten, TNI AD, Camat, Wali Nagari, Gapoktan, kelompok tani dan seluruh insan pertanian, saya optimis target yang dicanangkan untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan dapat dicapai dan berkontribusi terhadap peningkatan produksi secara Nasional”. Tutup Bupati. (Ronal/Humas)

     

    Editor: Chaviz

    copy code snippet
    Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
      Berita Terkait
  • Sektor Pertanian di Harapkan Kurangi Angka Kemiskinan

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Dalam mensukseskan program Pemerintah Pusat untuk melakukan swasembada pangan bagi Indonesia disambut optimis oleh Pemerintah Kabupaten.

  • Solok Selatan Kembangkan Padi Organik

    8 bulan lalu

    SOLSEL(POROSRIAU.COM)--Jorong Koto Baru Sungai Kalu, Nagari Pakan Raba'a Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), gelar panen perdana tanaman padi organik pada Kamis (9/2/2017).

  • Batu Kapal Ngalau Indah, Muzni Zakaria: Saya Baru Lihat Ngalau Sebagus Ini

    7 bulan lalu

    Satu lagi potensi wisata alam di Solok Selatan (Solsel) yang sangat indah dan bikin takjub, yaitu sebuah Goa yang disebut oleh masyarakat setempat dengan nama Batu Kapal Ngalau Indah yang terletak di Jorong Ngalau Indah, Tahap 1, Nagari Sungai Kunyit Bara

  • Hasil Panen Meningkat, Bupati Yopi Apresiasi Kerja Keras petani

    tahun lalu

    Bupati Inhu H Yopi Arianto melakukan panen raya padi, sawah Kelompok Tani Makmur Bersama Desa Teluk Sejuah, Kecamatan Kelayang, Kamis (28/7). Tahun ini hasil panen padi diatas areal seluas 148 hektare mengalami peningkatan yang cukup drastis.

  • Swasembada Pangan, Bupati Meranti Inginkan Sagu Jadi Program Pengembangan Nasional

    11 bulan lalu

    Meranti (Porosriau.com) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, terus berupaya mengangkat potensi sagu setempat menjadi program pengembangan nasional guna mensukseskan swasembada pangan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.