Minggu, 19 November 2017
  • Home
  • SOLSEL
  • H.Muzni Zakaria : 2017, Kami Fokus Peningkatan Infrastruktur yang Bisa Menunjang Peningkatan Pariwisata
Minggu, 29 Januari 2017 20:23:00

H.Muzni Zakaria : 2017, Kami Fokus Peningkatan Infrastruktur yang Bisa Menunjang Peningkatan Pariwisata

Minggu, 29 Januari 2017 20:23:00
BAGIKAN:
int
Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria

SOLSEL(POROSRIAU.COM)-- Pemerintah Solok Selatan kian meningkatkan pembenahan pariwisata unggulan di daerah itu. Promosi objek wisata dan pemasaran menjadi target pariwasata daerah menggunakan spanduk, baliho, media sosial dan media cetak.

Seperti halnya ikon wisata daerah, kawasan seribu rumah gadang yang kini sudah diburu para pengunjung luar daerah. Selain tempatnya adem, sejuk, juga sudah tersedia home stay bagi pengunjung di sejumlah rumah gadang.

"Artinya, pemasaran dan promosi juga pelu ditingkatkan dan semaksimal mungkin sesuai intruksi kepala daearah," tukas Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Dinas Periwisata dan Budaya Solsel, Yolni Hendra.

Terutama promosi kawasan seribu rumah gadang, pemandain air panas (Hot Water Boom), puncak Bangun Rejo (BRJ) dan air terjun tangsi ampek dan air terjun kembar. Jika destinasi unggulan daerah ini mampu dipasarkan dengan baik, maka realisasi dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan sendiri akan terus ada peningkatan.

"Baik promosi lewat media sosial, media cetak maupun media elektronik. Hingga adanya jalinan kerjasama pihak agen travel. Kemudian setiap titik strategis dibeberap daerah, direncanakan akan dipasar baliho atau spanduk pemasaran pariwisata tahun ini," katanya.

Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria menyampaikan untuk 2017 Pemkab Solsel masih fokus untuk pembangunan infrastruktur, terutama yang bisa menunjang pariwisata.Peningkatan infrastruktur pariwisata ini akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat dengan banyaknya jumlah kunjungan wisata.  "Kami masih fokus peningkatan infrastruktur tahun ini terutama yang bisa menunjang peningkatan pariwisata yang endingnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan salah satu target pariwisata Solsel adalah wisatawan asal Pekanbaru, Riau sehingga percepatan pembangunan jalan tembus ke Dharmasraya menjadi prioritas. “Sekarang, akses dari Riau menuju Kiliran Jao sudah bagus dan banyak masyarakat yang mempergunakannya. Apabila jalur tembus Dharmasraya selesai, maka akan memperpendek jarak tempuh dari Riau ke Solsel,”tambahnya.

Sedangkan destinasi pariwsata yang menjadi fokus pengembangan, seperti Seribu Rumah Gadang, Hot Waterboom, Tangsi Ampek, Rumah gadang panjang serta Situs PDRI dan Rumah Gadang Panjang. "Bila enam destinasi ini saja bisa dikelola dan dikembangkan dengan baik maka akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Pengamat Lingkungan, Dedi Hermon mengatakan pengembangan wisata alam bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, pelestarian lingkungan dan sumber daya alam dan memajukan budaya serta citra daerah. “Sehingga, pengembangan pariwisata alam harus bersifat edukatif yang bermuara pada sinergi antara masyarakat, pengelola, pemerintah, swasta dan dunia pendidikan dalam upaya pengelolaan wisata alam berkelanjutan,”terangnya.

Kearifan lokal juga berperan menciptakan wisata yang religius sebab katanya, ada sanksi adat bagi oknum yang merusak moral serta yang merusak lingkungan.”Jadi aturan yang tegas berbasis kearifan lokal bisa membuat wisata alam yang lestari berkelanjutan. Dan tujuan berdampat terhadap peningkatan PAD untuk kesejahteraan masyarakat,”tambahnya. (jurnal andalas)

 



 

Editor: Chaviz

Sumber: Jurnal andalas

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Solok Selatan Fokuskan Pembangunan Infrastruktur dan Pariwisata

    10 bulan lalu

    SOLSEL(POROSRIAU.COM)--Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Muzni Zakaria menyatakan infrastruktur jalan dan pariwisata masih menjadi fokus pembangunan pada 2017 guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

  • Muzni Zakaria: Kebijakan Anggaran 2017 Tetap Berpihak Kepada Publik

    10 bulan lalu

    SOLSEL(POROSRIAU.COM)--Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria menyampaikan kebijakan anggaran 2017 tetap berpihak kepada publik dengan besaran dana mencapai Rp425,431 miliar atau 51,71 dari APBD sebesar Rp822,743 miliar.

  • Kecamatan Mempura Akan Dijadikan Sebagai Kota Pusaka di Siak

    7 bulan lalu

    Meski baru berusia sekitar 17 tahun, Kabupaten Siak sudah dikenal dan diakui sebagai salahsatu daerah (kabupaten, red) di Riau yang mengalami kemajuan begitu pesat. Mulai dari sektor pendidikan, pertanian, budaya, pariwisata, ekonomi, infrastruktur dan la

  • Terima DAK Rp36 M, Dinas BMP Siak Akan Upayakan Lelang Kegiatan Secepatnya

    10 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Akibat kondisi keuangan/perekonomian Negara yang sedang dilanda kemerosotan. Kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Siak tahun 2017 ini jauh lebih kecil dibandingkan penerimaan

  • Gubri Resmikan Jembatan di Kecamatan Rokan IV Koto

    10 bulan lalu

    Rohul (POROSRIAU.COM)-- Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan jembatan Sumpur di desa Tibawan kecamatan Rokan IV Koto kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (18/1/2017) siang.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.