Rabu, 23 Agustus 2017
  • Home
  • SOLSEL
  • Jembatan Rusak Parah, Ali: Kapan Warga Kami Terlepas dari Keterisoliran dan Kemiskinan
Minggu, 11 Juni 2017 18:41:00

Jembatan Rusak Parah, Ali: Kapan Warga Kami Terlepas dari Keterisoliran dan Kemiskinan

Oleh: Redaksi
Minggu, 11 Juni 2017 18:41:00
BAGIKAN:
hv
Kondisi jembatan Tandai

SOLSEL(POROSRIAU.COM)--Warga Jorong Tandai, Nagari Lubuk Gadang Timur, kecamatan Sangir, kabupaten Solok Selatan (Solsel) kembali merana. Pasalnya, jembatan satu-satunya menuju wilayah tersebut dalam keadan rusak parah.

Akibatnya, warga Jorong Tandai tidak lagi bisa bepergian keluar (Pasar, red) untuk mencari kebutuhan dan bekerja, hampir semua lantai yang terbuat dari papan itu rapuh dan patah.

Kepala Jorong Tandai Simpang Tigo Ali Akbar, kepada media mengatakan. "Sudah pak, sudah parah betul daerah kami ini, tidak satu-satu yang dipikirkan warga. Belum lagi masalah lahan yang dikatakan kawasan TNKS masalah baru muncul lagi," katanya.

Ditambahkan Ali, Jembatan penghubung Jorong Tandai Simpang Tigo dalam kondisi rusak parah, ratusan jiwa terjebak didalam hutan Tandai jika Pemerintah Daerah (Pemda) berdiam diri.

"Tidak ada jalur alternatif bagi warga untuk keluar,satu satunya jalur penghubung sudah tidak bisa dipakai lagi,"Terangnya.

Lebih jauh Ali Akbar menjelaskan, jika warga hendak ke pusat Ibu Kota Padang Aro harus bergotong royong dulu, agar jembatan tersebut bisa dilewati. Kini atas inisiatif sejumlah warga yang dibantu ke empat pemuda jorong berjibaku mencari potongan kayu kulit manis untuk dijadikan bahan lantai dan penyangganya.

"Kapan warga kami terlepas dari belenggu keterisoliran dan kemiskinan. Sebenarnya warga kami tidak begitu miskin, hanya saja hasil pertanian tidak bisa dijual lantaran akses jalan tidak memadai, sehingga tengkulak dengan beraninya membeli hasil panen kami dengan harga jauh dari batas kewajaran," Keluhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Solok Selatan melalui Kabid Bina Marga Bimbe  saat dikonfirmasi sejumlah awak media mengatakan, untuk tahun 2017 ini empat jorong di Tandai akan mendapatkan sejumlah bantuan dengan total dana Rp 5 Milyar, terdiri dari pembangunan jalan dan drainase.(hv/red)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Warga Tanam Pohon Pisang Ditengah Jalan

    5 bulan lalu

    Warga tanami pohon pisang ditengah jalan rusak. Penanam pohon pisang tersebut dilakukan warga Kecamatan Kepenuhan sejak Rabu kemarin.

  • Sejumlah Jalan Di Siak Rusak, Dishub Akan Usulkan Perda "Over Load" Ke DPRD

    3 minggu lalu

    Maraknya aksi kendaraan berlebihan muatan (over load, red) yang melintas di wilayah Kabupaten Siak telah menyebabkan sejumlah ruas jalan menjadi rusak parah. Seperti yang terjadi di beberapa titik jalan poros di Kecamatan Bungaraya, Mempura, Dayun dan bah

  • Proyek Senilai Rp.600 Juta Alami Kerusakan di SMK N 1 Dayun, Kab.Siak

    12 bulan lalu

    DAYUN,SIAK(POROSRIAU.com) - Satu unit lokal yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tahun 2015 lalu di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dayun, mendapat perhatian yang cukup serius

  • Baru 8 Bulan, Kantor Desa Dayang Suri Rusak Parah

    12 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.com) - Belum genap satu tahun kondisi bangunan gedung kantor desa/kampung Dayang Suri Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak sudah terlihat amburadul, Konon gedungtersebut baru digunakan sekitar 8 bulan oleh pihak Pemerintah Kampung (Pemkam) s

  • Diguyur Hujan Deras, Jalan Kampung Sawit Permai Rusak Parah dan Membahayakan

    10 bulan lalu

    Pasca diguyur hujan deras, Kondisi jalan poros menuju Kampung Sawit Permai Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak mengalami kerusakan yang cukup parah, bahkan pada sejumlah titik terdapat lobang-lobang menganga yang dipenuhi genangan air dan lumpur, sehingga ber

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.