Rabu, 22 November 2017
  • Home
  • SOLSEL
  • Miris!! Puluhan Siswa Ke Sekolah Naik Truk
Senin, 11 September 2017 17:58:00

Miris!! Puluhan Siswa Ke Sekolah Naik Truk

Oleh: bgv
Senin, 11 September 2017 17:58:00
BAGIKAN:
Puluhan pelajar di daerah tertinggal Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menggunakan truk menuju sekolah tempat mereka menimba ilmu. (foto/bgv)

SOLSEL(POROSRIAU.COM)--Dikarenakan tidak adanya sarana transportasi angkutan umum, puluhan pelajar di daerah tertinggal Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menaiki truk menuju sekolah tempat mereka menimba ilmu.

Diketahui, truk tersebut merupakan bantuan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Solsel. Truk milik Dishub tersebut setiap harinya digunakan untuk mengangkut puluhan siswa SMPN 13 dan SD Liki, dengan rute Jorong Liki atas dan Liki Bawah, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir.

5 unit truk bantuan Dishub ini beroperasi sejak tahun 2015 lalu dan diperuntukan bagi daerah tertinggal, seperti di daerah Liki, Tandai, Sungai Kunyit, Abai.

Di Kabupaten yang berjulukan Saribu Rumah Gadang ini, pemandangan tersebut sering dijumpai saat  jam siswa masuk maupun  pulang sekolah.

Awak Media sempat mempergoti sebuah truk milik Dishub yang tengah mengangkut puluhan anak didik. Sembari mengiringi sejauh mana truk ini membawa penumpang..

"Ooo,siko ciek pak sopir, kiri-kiri," sorak mereka sambil bergelantungan.

Dari pantauan Awak Media, disetiap Lima Ratus meter truk tersebut berhenti menurunkan penumpangnya hingga ke liki atas, tepatnya di perkebunan PT. Uberta. Setelah anak-anak itu melompat, sopir truk langsung tancap gas, begitu selanjutnya.

Diceritakan salahsatu Tokoh Masyarakat, Jorong Liki, Rapilus, "Tidak ada yang salah dengan kondisi seperti ini. Memang sarana transportasi untuk anak sekolah itu tidak ada sama sekali, kendati pun dekat dengan pusat Kabupaten (Padang Aro).  Apa salahnya truk ini dimanfaatkan tanpa dibayar. Barangkali biaya operasionalnya mungkin tergantung wali nagari, "Katanya.

Kepala Dinas Perhuhungan Solok Selatan, Armensis mengatakan, " truk milik pemda itu hanya diperuntukan untuk daerah trisolir, seperti mengangkut hasil pertanian ke pasar-pasar besar dan pasar tradisional. Barangkali dikarenakan tidak tersedianya angkutan umum untuk anak sekolah, jadi sejumlah anak-anak sekolah memanfaatkan apa adanya tanpa memikirkan keselamatan mereka," imbuhnya.

Ditambahakan Armensis, setidaknya ada lima daerah terisolir yang memanfaatkan bus ini,dan operasionalnya sudah diserahkan pada pihak nagari.

" Pihak Dishub sudah pernah mengajak pihak sekolah untuk mencari momen pemotretan yang tepat disaat ana-anak itu pergi dan pulang sekolah. Dengan dasar itu bisa diajukan proposal untuk permintaan bus sekolah, " pungkas Armensis.(BGV)

Editor: Chaviz

Iklan Lowongan
copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Waduh! Halaman Sekolah di Tengah Ibukota Kabupaten Siak Ini Masih Kerap Kebanjiran

    tahun lalu

    Meskipun Kabupaten Siak disebut-sebut sebagai daerah yang memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) cukup besar di wilayah Provinsi Riau. Namun realita miris (memilukan, red) masih bisa kita temui di sejumlah sekolah yang ada di tengah Ibukot

  • Terkait Pemotongan Gaji Guru Hingga Rp700 ribu, DPRD Tagih Solusi Kepada Pemko

    11 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM) -- Tak sudi gajinya di potong hingga Rp700 ribu perbulan, guru tidak tetap (GTT) Pemko Pekanbaru serbu kantor Walikota Pekanbaru, Selasa (27/12) guna mencari tahu alasan pemotongan gaji yang dilakukan Pemko kepada guru.

  • Pekanbaru Jadi Sorotan Tentang Pelayanan Publik

    10 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- Guna mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan publik yang ada di kota Pekanbaru, Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (7/2) siang menggelar hearing terbuka dengan pihak Ombudsman RI Provinsi Riau.

  • Akses Menuju SMAN 09 SOLSEL Sulit Dilalui

    8 bulan lalu

    Akses menuju Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 09 Solok Selatan (Solsel) yang berlokasi di tengah perbukitan di Jorong Koto Kapau, Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, sulit untuk dilalui.

  • Miris! Sejumlah Fasilitas di SDN 019 Dayun Siak Rusak Parah, Begini Kondisinya..

    7 bulan lalu

    Realita miris bisa ditemui saat kita mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 019 Dayun. Yang mana saat ini sejumlah fasilitas umum di sekolah tersebut sudah banyak yang mengalami kerusakan. Padahal sebagian fasilitas yang ada di sana merupakan kegiatan/pro

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.