Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • STORY
  • Kisah Sang Pelaut Punya 13 Istri dan 17 Anak
Selasa, 23 Mei 2017 17:00:00

Kisah Sang Pelaut Punya 13 Istri dan 17 Anak

Oleh: Redaksi
Selasa, 23 Mei 2017 17:00:00
BAGIKAN:
int
Ilustrasi

POROSRIAU.COM--Sempat bekerja sebagai pelaut, Donjuan, 72, mengaku dulu sempat memiliki 13 istri.  Meski demikian, ia berusaha menafkahi 17 anak dan istrinya dengan berbagai cara.

Mulai dari mengirim uang sampai memenuhi kebutuhan dengan membukakan warung atau toko di rumahnya.

Di usianya yang sudah berkepala tujuh itu, Donjuan mengaku masih ingat satu per satu anak dan istrinya. Bahkan, anak-anaknya yang berada di luar pulau seringkali mengunjunginya ketika mereka sedang ke Surabaya, Jawa Timur.

”Jangan anggap remeh, saya kuliahkan semua lho anak-anak saya. Yang bungsu masih SMA, lainnya sudah kerja dan banyak yang menikah,” kata Donjuan di sela-sela menemani putra keduanya dalam mengurus berkas talak cerainya di Pengadilan Agama (PA), Klas 1A Surabaya.

Kisah banyaknya istri dan anak itu cukup dibanggakan oleh Donjuan. Terlebih, ia melarang keras putra keduanya untuk bercerai dengan istrinya.

”Tiruen bapak ini lho. Bojone akeh, kabeh anak sekolah. Wes gak usah konflik-konflik gitu, hidup tenang ayem lak enak sih,” kata Donjuan sembari menepuk pundak putranya sebut Dondon, 48. Menurut Donjuan, putranya memang emosional.

Bahkan, putranya itu yang dulu sering merecoki hubungannya dengan istri-istrinya.

Dondon seringkali melabrak istri-istri ayahnya, padahal almarhum istrinya yang tidak lain adalah ibu Dondon tidak pernah protes.

”Alasan pegatan hanya karena cemburu, gak keren blas anakku iku,” kata kakek 20 cucu itu.

Sejak muda, warga Kedung Asem itu menyatakan, dirinya sangat ingin berpoligami. Itu disampaikan kepada istri-istrinya untuk tidak protes ketika ia harus menikah lagi ketika melaut maupun singgah di pulau tertentu maupun luar negeri.

Dari awal tahun 1960-an menjadi pelaut, Donjuan mengaku menikah kali pertama dengan wanita asal Perak, kemudian Malang, Singaraja, Malaysia, Sulawesi Utara, Malaku, Bau-Bau, Medan, Lampung, Batam.

Bahkan, Filipina, Australia, Arab Saudi dan lainnya. ”Nikahnya siri sih, ada beberapa yang sah. Alhamdulillah saya pilih jalur nikah bukan zina,” kata Donjuan tersenyum.

Dengan banyak istri itu, Donjuan mengaku makin semangat bekerja.

”Gaji saya sedikit banget, tapi kalau ada ya saya kasih istri semua. Jika saya di Malaysia ya saya kasih ke istri yang di sana. Saya kerja enggak hanya melaut, tapi juga makelar rumah sampai mobil. Apapun itu pokoknya halal, kalau emang anak minta ya dikasih. Bersyukur semua terpenuhi,” kata pria yang wajahnya masih terlihat segar dan awet mudah itu. (*/jpnn)

 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Ku Tak Ingin Sandang Status Janda kedua kalinya

    tahun lalu

    DUMAI(POROSRIAU.com) – Er  seorang perempuan kelahiran Medan 28 tahun lalu tinggal di jalan Seputaran Jalan Sultan Syarif Kasim Kota Dumai, pernah menyandang status janda, namun setahun

  • Heboh, Istri Selingkuh Dengan Abang Ipar Suaminya

    tahun lalu

    Dumai (POROSRIAU.com) - Perselingkuhan seolah menjadi tren ditengah-tengah masyarakat saat ini, apalagi dikalangan PNS hal ini sudah acap kali terjadi, seolah perselingkuhan sudah tidak tabu lagi untuk dilakukan, kali ini heboh tentang perselingkuhan yang

  • Kisah Cinta Terlarang Antara Mertua dan Menantu di Pekanbaru

    8 bulan lalu

    NR (36) tepergok selingkuh dengan menantunya SP (26) setelah digerebek anak kandungnya sendiri DR (21). Warga kecamatan Limapuluh kota Pekanbaru Riau ini ternyata sudah 4 tahun menjalin cinta terlarang hingga berulang kali berbuat mesum dengan menantu di

  • Kisah Bill Gates Si Pendiri Microsoft Dilempari Botol, DO dari Kuliah Hingga Sukses dan Kaya Raya

    5 bulan lalu

    Bill Gates adalah salah satu nama paling terkenal di jagat teknologi. Ia mendirikan Microsoft yang menjelma sebagai perusahaan software terbesar di dunia. Nama Bill Gates sering dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Padahal, perjalanan hidupnya bisa

  • Ungku Saliah, Kakek Berkopiah di Sejumlah Rumah Makan Padang

    4 bulan lalu

    KESAKTIANNYA jadi buah bibir urang awak. Dipercaya membawa keberuntungan, potret Ungku Saliah kerap dijumpai di rumah makan Padang. Fenomena ini pun diangkat sejumlah mahasiswa dalam skripsinya.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.