Rabu, 23 Agustus 2017
  • Home
  • STORY
  • Merasa Tak Berkah Masuk Polri Dengan Nyuap, Zulkiram Memilih Resign
Selasa, 08 Agustus 2017 13:10:00

Merasa Tak Berkah Masuk Polri Dengan Nyuap, Zulkiram Memilih Resign

Oleh: Redaksi
Selasa, 08 Agustus 2017 13:10:00
BAGIKAN:
int
Muhammad Zulkiram

POROSRIAU.COM--Muhammad Zulkiram diangkat menjadi anggota Polri pada 2007 silam. Selama 7 tahun bertugas, pria asal Banda Aceh itu memilih berhenti dan menanggalkan seragam Korps Bhayangkaranya pada 2014. Apa alasannya?

Kisah Zulkiram resign ini viral di sosial media belum lama ini. Kisahnya ramai diperbincangan terutama di sosial media Instagram.

Dihubungi detikcom, Senin (7/8/2017), pria yang akrab disapa Joekhana itu bercerita memilih resign lantaran merasa pekerjaannya tak berkah. Bagaimana tidak, Zulkiram masuk menjadi anggota Polisi dengan menyuap atau nyogok.

"Terus saya tahu kalau nyogok itu haram. Saya tahu kalau masuk kerja dengan cara nyogok haram. Itu gelisah saya. Berpikir berpikir-berpikir. Desember 2014 baru saya memutuskan untuk resign," kata Zulkiram.

Pikiran 'nyogok itu haram' muncul dan menguasai pikiran Zulkiram usai dia pulang dari Thailand. Zulkiram memang sempat pergi selama 2 pekan ke Thailand untuk mempelajari agama.

"Ada belajar dakwah ke Thailand, saya ikut ke Thailand, 15 hari di sana. Saya ambil cuti dari kantor. Itu sekitar 2014. Saya belajar dakwah di sana," tutur Zulkiram yang pergi ke Thailand atas ajakan rekannya.


Begitu tekad untuk resign telah bulat, Zulkiram disarankan untuk menunggu sampai waktu dinasnya mencapai 10 tahun. Hal tersebut agar bisa mengambil pensiun dini dan tak dipecat.

"Saya tanya teman, katanya belum bisa sebelum 10 tahun dinas. Saya kan baru 7 tahun dinas. Saya putuskan untuk langsung berhenti saja. Kan nanti jadi pelanggaran disiplin, kalau pelanggaran disiplin berturut-turut kan nantinya dipecat," ungkap Zulkiram.

"Terus saya resign. Saya kena pelanggaran kode etik Polri. Nggak apa-apa lah (diberhentikan) hormat nggak hormat yang penting saya keluar. Setelah itu saya lebih dalam lagi mempelajari agamanya," imbuhnya.

Zulkiram terakhir kali bertugas sebagai anggota Polri pada 20 Desember 2014. Karir Polisinya dimulai di Satuan Intelkam Polres Aceh Timur, kemudian menjadi ajudan Kapolres Aceh Timur pada 2011, dan tugas terakhirnya di Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Aceh.***

Editor: Chaviz

Sumber: Detik.com

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Masjid 60 Kurang Aso Wisata Religi Solok Selatan

    9 bulan lalu

    Pada masa lalu, di daerah Solok Selatan terdapat sebuah Kerajaan penting. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu namanya. Hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih terpelihara dengan baik

  • Istri Jenderal Polisi Tampar Petugas Bandara

    2 bulan lalu

    Sebuah video yang menampilkan wanita menampar petugas bandara Sam Ratulangi, Manado, jadi viral di media sosial. Sebab, wanita ini mengaku sebagai istri pejabat.

  • Berantas Gelper Jangan Hanya Tendensius

    12 bulan lalu

    Ini yang mengherankan kita, kok hanya dua gelper saja yang di razia sementara yang lainnya kok bisa lepas, dan saya menduga ini pasti ada yang membocorkan, siapa oknumnya tentu kita semua hanya bisa menduga

  • Di Pecat, 2 Bulan Gaji Honorer Tua Ini Tidak Dibayar, Disdikbud Siak Dzolimi Tenaga Honorer

    12 bulan lalu

    SIAK (PR) - Nasib tragis dialami oleh Slamet Sutarman SPd.SD, salah seorang mantan pegawai honorer yang pernah mengabdi selama 15 tahun di dunia Pendidikan Kabupaten Siak, dirinya diberhentikan oleh Dinas Pendidikan Siak dari pekerjaannya tanpa ada pember

  • Komunitas Inspirasi Dumai Kampanye Pengelolaan Lingkungan Hidup

    12 bulan lalu

    Dumai (POROSRIAU.com) - Upaya untuk menjadi agen perubahan bagi khalayak ramai memang bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, namun bukan juga pekerjaan yang sukar untuk dilakukan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.