Rabu, 22 November 2017
  • Home
  • Travel
  • Aia Malanca, Destinasi Wisata Alam Solok Selatan
  • Home
  • TRAVEL
  • Aia Malanca, Destinasi Wisata Alam Solok Selatan
Minggu, 30 Oktober 2016 13:51:00

Objek wisata Aia Malanca

Aia Malanca, Destinasi Wisata Alam Solok Selatan

Oleh: Marola
Minggu, 30 Oktober 2016 13:51:00
BAGIKAN:
Int
Objek wisata Aia Malanca

 

SOLOK SELATAN(POROSRIAU.COM)- Memiliki banyak objek wisata dari berbagai hal, hanya wisata pantai yang tidak ada disini, karena Solok Selatan berada di daerah pegunungan/dataran tinggi Sumatera Barat. Dikarenakan itu, membuat Solok Selatan kaya akan wisata alam, yang diantaranya Aia Malanca ini.
Aia Malanca atau dikenal juga dengan sebutan Simalanca, adalah wisata pemandian alami yang menyatukan empat objek wisata alam yang diantaranya, pemadian, seluncur, panorama dan objek air terjun. Disamping lokasi yang asri, udara yang sejuk dan sangat alami, juga dekat dari jalan raya. Aia Malnca dinamakan demikian karena aliran air tersebut mengalir di atas batu karang yang cekung, dengan kondisi demikian, kita bisa berselancar (malanca) di atas alirannya.

Objek wisata Aia Malanca ini terletak di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir. Tidak jauh dari Pusat Ibukota Pemerintahan Kab. Solok Selatan di Padang Aro, Jaraknya mungkin ada sekitar 8 kilometer. Untuk mencapai ke lokasi ini, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.
Lokasi pemanadian ini sangat mudah ditemukan, dari Padang Aro atau Muaralabuh, anda berhenti di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Sungai Lambai.

Teruskan perjalanan anda sekitar 200 meter lagi, anda akan bertemu dua jembatan. Setelah jembatan kedua, sebelah kanan ada persimpangan. Disanalah masuk menuju objek wisata alami Aia Malanca tersebut. Ketika anda menelusuri jalan persimpangan itu, di penghujung jalan anda akan menemukan Titian Kawek, jalannya memang menanjak, tetapi kendaraan bermotot roda dua masih bisa sampai kesana. Setelah melewati Titian Kawek, ambil jalur kanan dan ikuti jalan setepak sejauh sekitar 1 km kelokasinya.

Sampai di objek wisata ini, anda disuguhi tanjakan anak tangga setinggi 50 meter untuk naik keatas, disini kita dapat mendengarkan deru dan percikan air terjun Sima-lanca dengan bebunyian nuansa alami ditengah hutan. Airnya yang sangat jernih dan dingin mem¬buat anda akan segera ingin berendam dan berseluncur karena perjalanan, karena ini peman¬dian alami, fasilitas tempat luncurnya semua memang berupa bebatuan yang terbentuk secara alami. Namun anda tidak perlu khawatir, karena bebatuannya sudah licin dan tidak akan membuat robek celana/pantat anda.

Jika anda sudah kecapean bermain air, bebatuan Simalanca dapat menjadi tikar buat duduk-duduk atau berselenjoran, atau anda ingin makan dan membawa makanan serta berteduh, pondok-pondok sederhana sudah disiapkan oleh dinas terkait.
Dari pondok-pondok ini anda dapat menikmati pemandangan panorama yang ada disekitar Aia Malanca ini, termasuk melihat hamparan kebun teh dan perkampungan masyarakat Sungai Lambai.

Editor: Chaviz

Sumber: Net

Iklan Lowongan
copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Air Terjun Tansi Ampek

    tahun lalu

    Solok Selatan tidak hanya memiliki kawasan wisata Seribu Rumah Gadang yang kini ramai dikunjungi rombongan wisatawan dalam dan luar negeri, namun juga destinasi wisata air terjun Tansi Ampek.

  • Air Terjun Bertingkat Timbulun, Wisata Tersembunyi di Solok Selatan

    12 bulan lalu

    Air Terjun Bertingkat atau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Bertingkat Timbulun, merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Solok Selatan, air terjun ini sangat indah karena terletak ditengah perbukitan.

  • H.Muzni Zakaria : 2017, Kami Fokus Peningkatan Infrastruktur yang Bisa Menunjang Peningkatan Pariwisata

    10 bulan lalu

    SOLSEL(POROSRIAU.COM)-- Pemerintah Solok Selatan kian meningkatkan pembenahan pariwisata unggulan di daerah itu. Promosi objek wisata dan pemasaran menjadi target pariwasata daerah menggunakan spanduk, baliho, media sosial dan media cetak.

  • Kementrian Pariwisata Lirik Destinasi Wisata Solok Selatan

    9 bulan lalu

    SOLSEL(POROSRIAU.COM)--Kementrian Pariwisata melakukan Peliputan program Wonderful Indonesia, pada seluruh destinasi pariwisata di Solok Selatan, selama 2 (dua) hari, yang dimulai hari ini, Selasa (28/2) hingga Rabu.

  • Reaf Haggag Sambangi Mesjid Kurang Aso 60

    7 bulan lalu

    Stasiun Televisi nasional Trans 7 kembali melirik Kabupaten Solok Selatan sebagai tempat tujuan syuting pembuatan suatu acara, kali ini acara Program Journey Of Backpacker yang akan ditayangkan selama bulan suci ramadhan yang akan datang, meliput beberapa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.