Rabu, 23 Agustus 2017
Jumat, 23 Desember 2016 13:16:00

Pesona Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat

Jumat, 23 Desember 2016 13:16:00
BAGIKAN:
Int
Jembatan Kelok Sembilan Sumatra Barat.

POROSRIAU.COM - Jembatan Kelok 9 bisa dibilang sebagai salah satu ikon wisata Sumbar. Jembatan dibangun dengan jalan berkelok, tapi lokasinya di tengah perbukitan yang cantik.

Dari informasi yang dirangkum, jembatan dibangun di sekitar Jalan Kelok 9. Nah, Kelok 9 sendiri merupakan jalan raya yang dibuat sejak zaman Belanda, berupa 9 tikungan tajam dengan jurang yang terjal pada kontur alam yang menurun di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Traveler yang berpergian dari Pekanbaru di Riau menuju Payakumbuh dan kota lainnya di Sumbar atau sebaliknya, akan melewati jalanan tersebut. Kelok 9 pun begitu ramai dilalui kendaraan, terlebih ketika musim liburan tiba. Untuk mengurangi kemacetan dan mempermudah jalur yang akan ditempuh traveler, pemerintah kemudian membangun jembatan layang di Kelok 9.

Jembatan diresmikan tahun 2013 lalu sepanjang sekitar 2,5 km dengan tinggi tiang beton mencapai 58 m. Untuk lebar ruas jalannya sekitar 13,5 m. Jembatan Kelok 9 bentuknya juga meliuk-liuk di antara perbukitan, namun kelokannya sudah lebih sedikit daripada jalan raya Kelok 9.

Jalanannya juga mulus sehingga tak terlalu sulit dilewati. Selama melintas pun tidak akan bosan karena pemandangan yang tersaji begitu indah. Perbukitan yang asri dengan pepohonan hijau akan menghiasi di sepanjang perjalanan.

Jembatan Kelok 9 ini memang tak hanya berfungsi sebagai jalur penghubung antar dua provinsi saja, tapi juga menjadi lokasi wisata. Selepas melewati jembatan ada spot menara pandang yang ramai dikunjungi turis.

Dari atas menara, pengunjung bisa melihat jelas seperti apa bentuk Jembatan Kelok 9 dari ketinggian. Kelokan-kelokannya yang rumit pun terpampang dan tentunya memercik decak kagum.

Usai melihat penampakan jembatan dari atas, turis bisa melepas lelah sejenak di sekitar menara sambil menikmati minuman hangat dan makanan seperti jagung bakar. Kalau sudah segar kembali, traveler bisa melanjutkan perjalanan ke kota tujuan.(dtc)

 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Gubri Resmikan Jembatan di Kecamatan Rokan IV Koto

    7 bulan lalu

    Rohul (POROSRIAU.COM)-- Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan jembatan Sumpur di desa Tibawan kecamatan Rokan IV Koto kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (18/1/2017) siang.

  • Aia Malanca, Destinasi Wisata Alam Solok Selatan

    10 bulan lalu

    Aia Malanca atau dikenal juga dengan sebutan Simalanca, adalah wisata pemandian alami yang menyatukan empat objek wisata alam yang diantaranya, pemadian, seluncur, panorama dan objek air terjun. Disamping lokasi yang asri, udara yang sejuk dan sangat alam

  • Sabarudin: Bakohumas Banyak Yang Harus Di Kembangkan Agar Masyarakat Memperoleh Imformasi

    9 bulan lalu

    Kabag Humas Setda Kampar Sabaruddin S. Sos menghadiri Acara Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) se Indonesia di Hotel Haris Bandung Jawa Barat yang dimulai tanggal 17 dan berakhir tanggal 19 November 2016. (Jumat/18/11/16)

  • Pesona 8 Tempat Wisata Alam di Riau

    9 bulan lalu

    Travelling (porossriau.com) - Riau merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah pulau sumatera atau bagian tengah pantai timur sumatera yaitu di sepanjang pesisir selat malaka. Ibu kota riau adalah pekanbaru. Pekanbaru sendiri di jadikan sebag

  • Sebatang Kara di Sorong Papua M. Bustami(74) Warga Asal Payakumbuh Sumbar Sakit Keras

    9 bulan lalu

    kali ini para Netizen Medsos dihebohkan dengan adanya berita keadaan M. Bustami yang sedang di rawat di Rumah Sakit Angkatan Laut di Sorong Papua karena sakit keras yang di share oleh akun yang bernama Armendo Phitopang, beberapa hari yang lalu.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.