Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Travel
  • Rumah Gadang Terpanjang se Minangkabau Terdapat di Solok Selatan
  • Home
  • TRAVEL
  • Rumah Gadang Terpanjang se Minangkabau Terdapat di Solok Selatan
Selasa, 24 Januari 2017 07:37:00

Rumah Gadang Terpanjang se Minangkabau Terdapat di Solok Selatan

Oleh: viz
Selasa, 24 Januari 2017 07:37:00
BAGIKAN:
int
Rumah Gadang 21 Ruang.

SOLSEL(POROSRIAU.COM)--Rumah Gadang merupakan salah satu peninggalan kebudayaan masyarakat kabupaten Solok Selatan yang sangat bersejarah sekali serta memiliki nilai – nilai kesenian yang luar biasa. Di kabupaten Solok Selatan anda akan melihat banyak sekali rumah – rumah gadang yang berdiri dengan kokoh, dan tidak salah lagi jika Kabupaten Solok Selatan ini dijuluki Nagari Seribu Rumah Gadang.

Di Solok Selatan anda akan melihat bangunan rumah gadang yang di klaim terpanjang se Minangkabau dengan nama rumah gadang 21 ruang abai.

Rumah Gadang 21 Ruang Abai diperkirakan memakan waktu sekitar 3 tahun pembangunan mulai dari tahun 1972 hingga 1975 yang dilakukan secara bergotong royong oleh masyarakat sekitar.

Anda akan melihat arsitektur bangunan yang cukup unik dan tradisional dengan dibentuk sekitar 15 gonjong yang dapat anda temukan di bagian dalam ruangan dan dekat dengan gerbang masuk rumah.

Panjang rumah gadang tersebut sekitar 95 meter dengan ruang utama yang berada di tengah dan beberapa ruang kamar tidur di dekatnya. Rumah gadang ini juga dinilai kurang sempurna dikarenakan tidak semua ruang kamar tidur berhasil dibangun dengan menggunakan sekat – sekat pembatas.

Disamping itu, kondisi rumah gadang ini terlihat sudah mengalami moderenisasi dengan perubahan penggunaan pada atap yang telah berlapiskan seng – seng, serta dinding – dinding bangunan yang digantikan dengan semen.

Perkampungan rumah gadang ini terdapat di Kenagarian Abai, Kec Sangir Batang Hari, Sumatera Barat yang dapat anda tempuh sekitar 3 jam perjalanan dari kab Solok Selatan, dan sekitar 4 jam perjalanan dari Muara Labuh dengan menggunakan kendaraan roda empat.(viz)

 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Masjid 60 Kurang Aso Wisata Religi Solok Selatan

    10 bulan lalu

    Pada masa lalu, di daerah Solok Selatan terdapat sebuah Kerajaan penting. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu namanya. Hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih terpelihara dengan baik

  • Istana Tuanku Rajo Bagindo Balun

    9 bulan lalu

    SOLSEL(POROSRIAU.COM)--Anda tentunya sudah tau dengan objek wisata Istana Pagaruyung di Sumatera Barat, bukan? Istana megah dan besar dari kerajaan Minangkabau masa lalu ini, sekarang sudah begitu terkenal namanya. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi ju

  • Makan Gadang, Salah Satu Tradisi Unik yang Terdapat di Solok Selatan

    10 bulan lalu

    Makan Gadang merupakan tradisi Masyarakat Solok Selatan yang sudah berlangsung secara turun temurun. Makan Gadang atau Makan Besar adalah makan bersama dengan beralaskan daun pisang.

  • Inilah Tempat-tempat Wisata di Solok Selatan yang Wajib Anda Kunjungi

    10 bulan lalu

    SOLOK SELATAN(POROSRIAU.COM) - Kabupaten Solok Selatan adalah kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada tahun 2004 mencakup wilayah seluas 3.346,20 km.

  • Bupati Solsel Gelar Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Nurul Huda

    9 bulan lalu

    SOLSEL(POROSRIAU.COM)-- Bupati Solok Selatan H Muzni Zakaria melakukan ibadah sholat subuh berjamaah di masjid Nurul Huda (masjid lama) Lubuk Jaya, Nagari Koto Baru, pada selasa pagi (24/1).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.