Senin, 25 September 2017
  • Home
  • Travel
  • Wacana Baru Mendikbud, Sabtu Minggu Libur Sekolah
  • Home
  • TRAVEL
  • Wacana Baru Mendikbud, Sabtu Minggu Libur Sekolah
Rabu, 07 September 2016 09:27:00

Wacana Baru Mendikbud, Sabtu Minggu Libur Sekolah

Rabu, 07 September 2016 09:27:00
BAGIKAN:
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Nasional (POROSRIAU.Com) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kembali melontarkan wacana baru. Setelah menggulirkan ide full day school yang menuai pro-kontra, kini menyampaikan gagasan agar hari Sabtu dan Minggu menjadi hari libur sekolah nasional.

Wacana itu dilontarkan Mendikbud saat berkunjung ke Kantor Malang Post (Jawa Pos Group), Minggu (4/9).

Muhadjir beralasan, libur hari Sabtu dan Minggu dapat memberi kesempatan kepada siswa yang ingin menikmati waktu berkumpul bersama keluarga. Sekaligus juga menjadi ajang siswa mengembangkan bakat minat mereka dengan bergabung dalam organisasi.

Wacana soal libur hari Sabtu dan Minggu, kata Muhadjir, merupakan bagian dari rencana penerapan sekolah dengan pendidikan karakter.

Mantan rektor UMM itu menjelaskan, materi akan dimampatkan di hari Senin hingga Jumat, sehingga Sabtu dan Minggu bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain. Bahkan juga bisa digunakan untuk refreshing keluarga, dengan memanfaatkan libur dua hari.

Muhadjir menjelaskan, aktivitas menyenangkan itu tergantung dari konsep yang digagas masing-masing sekolah.

"Pendidikan karakter tidak membuat siswa belajar seharian. Ada jam untuk melaksanakan kegiatan menyenangkan, seperti pengembangan minat dan bakat, mengaji atau membaca buku fiksi," terangnya. (jpnn)

Editor: Muhammad

Sumber: jpnn.com

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Milad ke 71, Dinas Pekerjaan Umum Bengkalis Gelar Turnamen Futsal

    10 bulan lalu

    Selama tiga hari 33 tim futsal dari instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan berlaga dalam turnamen futsal yang ditaja oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkalis.

  • Masuki Libur Sekolah, UPT Disdikbud Mempura Doakan Para Siswa Sehat Selalu

    9 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Memasuki masa libur sekolah yang akan berlangsung selama sekitar 1 minggu ke depan, sebagian besar siswa di Kabupaten Siak akan mengisi masa liburannya dengan mengunjungi sejumlah obyek wisata yang ada di Tanah Air, dan ada juga yan

  • Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur Pak Uwo Dibekuk Polisi

    4 bulan lalu

    Diduga melakukan tindak pidana Pencabulan terhadap anak di bawah Umur, Polsek Ujung Batu bekuk Seorang Laki-laki bernama Syamsul Bahri Siregar (56) alias Pak Uwo, Minggu (21/05)

  • Anak Murid SDN 028 Inhu, Belajar Duduk di Lantai

    tahun lalu

    Sangat miris, ternyata masih ada SD ( Sekolah Dasar ) dimana muridnya masih beralaskan lantai untuk menuntut ilmu. Tanpa meja dan bangku salah satu sekolah negeri di wilayah kecamatan rengat barat kelurahan pematang reba. Murid SD Negeri O28 Pematang reba

  • Tanggapi Meranti Berdarah, Komnas HAM Berkunjung ke Selatpanjang

    tahun lalu

    MERANTI (POROSRIAU.com) - Komisioner Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai datang ke Selatpanjang sebagai bukti tanggapan serius mereka terhadap kasus Meranti Berdarah tanggal 25 Agustus 2016 lalu. Tiba di Kota Sagu itu, Natalius langsung mengunju

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.