Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Bengkalis
  • APBD Perubahan 2016 Bengkalis Disahkan Rp4,056 Triliun
Selasa, 22 November 2016 12:18:00

APBD Perubahan 2016 Bengkalis Disahkan Rp4,056 Triliun

Selasa, 22 November 2016 12:18:00
BAGIKAN:

Bengkalis (porosriau.com)  - Dengan waktu sangat singkat, DPRD Kabupaten Bengkalis sahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan TA 2016, Jum’at (18/11/16) kemarin. Melalui sidang paripurna total APBD Bengkalis 2016 setelah perubahan sebesar Rp4,056 triliun atau berkurang sebesar Rp422,345 miliar dari sebelumnya sebesar Rp4,478 triliun.
 
Sidang paripurna dipimping Ketua DPRD Bengkalis Heru Wahyudi, didampingi Wakil Ketua DPRD Kaderismanto dan Zuhelmi, yang dihadiri 30 orang Anggota DPRD Bengkalis dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Plt. Sekretaris Daerah Bengkalis Arianto dan dihadiri sejumlah Kepala SKPD.
 
Jumlah APBD Perubahan tidak berbeda sama sekali dengan estimasi belanja sebesar Rp4,056 triliun yang telah disepakati bersama DPRD Bengkalis dan Pemkab Bengkalis ketika penandatangan MoU KUPA PPAS, Selasa (15/11/16) lalu.
 
Secara umum posisi pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah tahun 2016, meliputi Pendapatan Daerah mengalami penurunan sebesar Rp216,9 miliar dari sebelumnya sebesar Rp4 triliun menjadi Rp3,789 triliun. Penurunan pendapatan ini berasal dari menurunnya dana perimbangan yang bersumber dari bagi hasil sebesar Rp260,3 miliar dan peningkatan pada lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp30,8 miliar serta pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp12,583 miliar.
 
Begitu juga dengan belanja daerah mengalami perubahan dari sebelumnya sebesar Rp4,478 triliun menjadi Rp4,056 triliun, atau turun sebesar Rp422,34 miliar. Terdiri dari penurunan belanja tidak langsung sebesar Rp40,085 miliar dan belanja langsung sebesar Rp382,25 miliar.
 
Selanjutnya, pembiayaan daerah mengalami perubahan yang bersumber, dari penerimaan pembiayaan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) sebesar Rp280,38 miliar. Pengeluaran pembiayaan daerah mengalami perubahan dari Rp9,37 miliar mengalami perubahan menjadi Rp13,712 miliar atau meningkat sebesar Rp4,339 miliar.
 
Sebelum ketuk palu Perubahan APBD tahun 2016, didahulu dengan penyampaian nota laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bengkalis oleh salah satu Anggota Banggar DPRD Bengkalis Rianto. Dikatakan Anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN), Proses pembahasan Perubahan APBD 2016 yang relatif lebih singkat dan lancar. Hal ini mencerminkan semangat kebersamaan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Bengkalis dengan Badan Anggaran DPRD Bengkalis, sekaligus bentuk tanggungjawab.
 
Pada kesempatan itu, Rianto juga menyampaikan beberapa saran, diantaranya, Setelah Perda APBD diverifikasi oleh Gubernur, pihak TAPD wajib menyerahkan dokumen kepada Banggar DPRDBengkalis. Kemudian, Bupati Bengkalis diminta untuk segera mengusulkan RAPBD Tahun 2017.
 
Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin seperti disampaikan Plt. Sekda Bengkalis H. Arianto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada anggota DPRD Bengkalis atas terpeliharanya komunikasi, dan interaksi yang harmonis, serta kontrol yang efektif dalam menjaga dinamika penyelenggaraan pemerintahan.

Editor: Mus.R

Sumber: RP

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • APBD-P Inhil Disahkan Rp2,3 Triliun

    11 bulan lalu

    INDRAGIRI HILIR(porosriau.com) - Setelah melalui pembahasan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran DPRD Inhil, akhirnya APBD-P Inhil disepakati Rp 2,3 triliun.

  • DPRD Bengkalis Sahkan Tiga Perda

    2 bulan lalu

    Ketiga Perda yang disahkan tepat pukul 22.42 WIB dalam paripurna yang dihadiri 29 wakil rakyat itu, adalah Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2016.

  • Bangunan Proyek Ratusan Juta Disdikbud Siak Jadi Sarang Tikus

    tahun lalu

    SIAK (POROSRIAU.com) - Bangunan gedung bertingkat Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak, yang konon dibangun oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Siak tahun 2010, sampa

  • Masuki Akhir Oktober, Dewan dan Pemkab Siak Baru Sahkan APBD-P 2016

    12 bulan lalu

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak, bersama sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Siak, baru melakukan pengesahan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P)

  • KUA PPAS Perubahan RAPBD Rohul 2016 Disepakati, Menjadi Rp 1,520 Triliun

    11 bulan lalu

    Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dan DPRD sudah menandatangani nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Tahun Anggaran 2016.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.