Senin, 20 November 2017
  • Home
  • Bengkalis
  • Amril Mukminin Ajak Masyrakat Jaga Nilai Adat Dan Budaya Melayu
Jumat, 27 Oktober 2017 10:39:00

Amril Mukminin Ajak Masyrakat Jaga Nilai Adat Dan Budaya Melayu

Oleh: dery/pen
Jumat, 27 Oktober 2017 10:39:00
BAGIKAN:
Bupati Bengkalis Amril Mukminin.(Foto/Der)

PINGGIR(POROSRIA.COM)--- Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengajak kepada keseluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya masyarakat Desa Balai Pungut Kecamatan Pinggir agar senantiasa menjaga serta melestarikan nilai-nilai adat dan budaya melayu.

Ajakan itu sebagaimana diungkapkan saat membuka acara kenduri melayu dan atib togak, Kamis 26 Oktober 2017.

"Kami berharap dengan kenduri melayu dan upacara atib togak  yang kita laksanakan ini, mari kita gali kembali pemikiran besar tentang pelestarian, bagaimana meneguhkan dan mengaktualisasikan serta menjalankan nilai-nilai adat dan budaya melayu.  Kita menyadari, bahwa betapa saat ini, sebagian besar dari kita, banyak generasi muda sekarang ini, tidak mengertiakan nilai dan hakikat adat budaya, tidak tahu akan tunjuk ajar budaya  melayu. Maka tugas kitalah sebagai orang tua bagaimana mengajarinya, agar mereka tidak dicap tak tahu adat," harapan Amril.

"Upacara keagamaan ini bermaksud untuk memberikan semangat terhadap masyarakat agar lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya terhadap Allah Swt dan mensyi'arkan agama islam. Acara seperti ini sudah jarang dilakukan disebabkan oleh kemajuan tekhnologi terhadap bangunan mesjid yang tidak lagi membuat lantainya dari papan beton dan keramik," ujarnya.

Melalui kegiatan budaya tersebut, Amril mengajak kepada semua masyarakat untuk melestarikan budaya yang sudah lama tidak terlaksanakan, diharapkan masyarakat Desa Balai Pungut Kecamatan Pinggir ini mempunyai komitmen yang kuat untuk kembali melestarikan budaya tersebut secara berkesinambungan.

Dikatakan Amril lebih lanjut, Kabupaten Bengkalis yang merupakan salah satu  pusat pengembangan  budaya melayu serumpun,  maka dengan digelarnya kegiatan kenduri melayu dan budaya atib togak ini merupakan wujud dari kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis Melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis dalam upaya melestarikan berbagai khasanah budaya melayu  yang ada di Riau bumi lancang kuning ini.

"Semangat kenduri melayu atib togak ini merupakan cerminan dari mulianya budaya kita, penuh dengan kesucian, dan kebersamaan, mari  kita jadikan sandaran  untuk melangkah ke depan, untuk menjemput kemenangan dan kegemilangan negeri junjungan," tutup Amril.(der/fen)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Bupati Amril Buka Perhelatan Kenduri Melayu Dan Upacara Atib Togak

    3 minggu lalu

    Peresemian kenduri melayu dan atib togak tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi istri serta Plt Kadis Disbudparpora Bengkalis, Camat Pinggir, Kapolsek Pinggir dan Anggota DPRD Bengkalis.

  • Semaraknya Hari Jadi ke 504 Kabupaten Bengkalis

    tahun lalu

    Ribuan peserta dari berbagai suku etnis dan bangsa, serta pelajar Kabupaten Bengkalis menyemarakan pawai budaya sempena Hari Jadi ke-504 Bengkalis, yang dilepas langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Sabtu (30/7/2016) kemaren.

  • LAMR Menggelar Kenduri Adat Sempena HUT Kab. Bengkalis ke-504

    tahun lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.com) - Sempena Hari Jadi Ke-504 Bengkalis, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis, Senin (01/08/2016) malam menggelar kenduri adat di gedung LAMR Bengkalis, jalan Pramuka, desa Air Putih, Bengkalis.

  • Bulan Safar ini Sebagai Salah Satu Upaya untuk Mempromosikan Potensi Wisata yang Ada di Pulau Rupat

    12 bulan lalu

    Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dalam memajukan dunia pariwisata berbasis kebudayaan terus dilakukan, salah satunya iven budaya mandi Safar yang rutin dilakukan tiap tahunnya.

  • Gubri Buka Secara Resmi Kenduri Melayu, Di Kabupaten Bengkalis

    satu bulan lalu

    BENGKALIS (POROSRIAU.COM)- Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman membuka Kenduri Melayu, Kamis (19/10) di pantai Bahari Tenggayun, Kecamatan Bandar Laksamana. Walaupun tidak sesuai dengan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.