Jumat, 22 September 2017
  • Home
  • Bengkalis
  • DISPERINDAG : Kurangnya Pasokan Membuat Harga Cabe di Duri Melambung
Rabu, 02 November 2016 12:17:00

DISPERINDAG : Kurangnya Pasokan Membuat Harga Cabe di Duri Melambung

Rabu, 02 November 2016 12:17:00
BAGIKAN:

DURI (porosriau.com) - Pasokan cabe merah dari sejumlah petani cabe lokal, pemasok Sumatera Barat dan Sumatera Utara yang dijual ke Pasar Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis makin sedikit. Hal itu berdampak terhadap harga cabe di Duri melonjak sebesar Rp 40.000 per kilogram.

"Kenaikan dipicu oleh kelangkaan barang yang masuk akhir-akhir ini karena faktor cuaca panas yang panjang hingga banyak petani yang mengalami gagal panen. Saat ini untuk di Duri rata-rata harga cabe mencapai Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogram," kata Kepala UPT Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mandau, H Sitinjak kepada salah satu media, Rabu (2/11/2016).

Sitinjak yang baru balik dari pasar meninjau sejumlah pedagang cabe ini menyebutkan, kenaikan suatu barang itu bisa kapan saja terjadi jika pasokannya kurang. Dan fluktuasi harga sangat dipengaruhi oleh musim panen dan cuaca.

"Misalkan seperti cuaca yang tidak bisa dihindari dan cepat berubah-ubah. Tentu harga sayuran akan berubah pula sesuai cuaca. Satu bulan terakhir ini hujan hampir tiap hari mengguyur wilayah Sumbar, sehingga mempengaruhi kuantitas barang dan harganyapun menjadi terpengaruh," sebut Sitinjak menjelaskan.

Hingga kapan harga cabe melambung tinggi ini, Sintinjak belum dapat memprediksikan. "Yang jelas saja kalau pasokannya masih minim, harga jelas masih tinggi. Itu memang sudah hukum pasar. Petani cabe lokal juga tidak banyak yang masuk ke pasar Duri," tutupnya.***

Editor: Mus.R

Sumber: GoRiau

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Warga Pekanbaru Keluhkan Tingginya Harga Cabe Merah

    10 bulan lalu

    Harga cabe merah di Pekanbaru terus merangkak naik sejak satu bulan belakangan. Berdasarkan pantauan di pasar-pasar oleh Porosriau.com, harga cabai di sejumlah pasar berkisar antara Rp 90 ribu per kilogram (kg) hingga Rp 100 ribu per kg.

  • Jelang Lebaran Haji, Harga Cabe 'Memedas' Di Pasar Bangkinang

    tahun lalu

    Bangkinang (Porosriau.com) - Menjelang Lebaran Haji harga cabe di Pasar Bangkinang memedas mencapai Rp 90.000.-/Kg.sementara harga normal sehari hari hanya Rp 30,000/kg.

  • Harga Cabai Meroket Hingga Rp 100 Ribu Perkilo

    11 bulan lalu

    Harga cabai merah di Kota Pekanbaru saat ini melonjak drastis. Dari semula harga normal Rp 35 ribu per kilogram, kini cabai merah asal Sumatera Barat (Sumbar) mencapai Rp 100 ribu per kilogram, sedangkan cabai asal Sumatera Utara sebesar Rp 90 ribu perkil

  • Harga Cabe di Pasar Tradisional Dayun Siak Mulai Stabil, Pedagang Jual Rp25.000/Kg

    8 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Melonjaknya harga cabe di sejumlah daerah pada beberapa waktu yang lalu, sempat membuat panik sebagian besar masyarakat di Tanah Air, terutama masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa, namun harga cabe di daerah Riau (khususnya di Kabu

  • H.Sukiman Bangga, Koptan Maju Jaya Makmur Berhasil Panen Cabe

    8 bulan lalu

    ROHUL (POROSRIAU.COM)--Kelompok Tani (Koptan) Maju Jaya Makmur Desa Simpang Harapan Kecamatan Tambusai Utara, kabupaten Rokan Hulu (Rohul), melakukan panen perdana kebun cabai seluas satu hektar, Selasa siang (7/2/2017).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.