Senin, 20 November 2017
  • Home
  • Bengkalis
  • DPC Lasmura Meriahkan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017
Senin, 30 Oktober 2017 14:27:00

DPC Lasmura Meriahkan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017

Oleh: dery/pen
Senin, 30 Oktober 2017 14:27:00
BAGIKAN:
Hendri. MS, S.Pd, Sekretaris DPC Lasmura Kabupaten Bengkalis Bersama.(Foto/Der)

BENGKALIS(POROSRIAU.COM) - Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-89, Dewan Pimpinan Cabang Laskar Muda Hanura (DPC Lasmura) Kabupaten Bengkalis menyampaikan ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017. Sabtu(28/10/17).

"Selamat Hari Sumpah Pemuda bagi seluruh pemuda pemudi di seluruh Indonesia, terkhusus untuk pemuda pemudi se-Kabupaten Bengkalis," kata Hendri. MS, S.Pd selaku Sekretaris DPC Lasmura Kabupaten Bengkalis kepada Media, Sabtu (28/10/2017).

Hendri saat disambangi di kediamannya menceritakan sejarah betapa hebatnya sumpah dan perjuangan para pemuda pemudi kala tahun 1928 lalu.

"Demi semangat hati nuraniku untukmu  pemuda pemudi  Indonesia, khususnya pemuda pemudi di  kotaku  Kabupaten Bengkalis, kita adalah tulang punggung bangsa. Kita adalah harapan bangsa. Kita adalah masa depan bangsa," kata Hendri penuh semangat.

"Seingat saya" Bung Karno pernah berucap dan berseru, satu orang pemuda  dapat mengubah dunia, beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada tanah air, dan dengan mereka aku akan mengguncang dunia," katanya mengingatkan.

Masih kata Hendri, kedudukan dan peran pemuda pemudi sangat penting dalam pembangunan, "Sehingga masa depan bangsa berada di tangan mereka. Di pundak merekalah harapan dan cita-cita bangsa ini digantungkan.

Dari itulah, para generasi muda dituntut berperan aktif dan tampil di garda terdepan dalam membangun bangsa, baik fisik maupun mental spiritual ataupun karakter," tambahnya.

"Sejarah membuktikan, pemuda pemudi inilah yang menjadi pendobrak dan penentu jalannya sejarah bangsa ini. Bung Karno yang lahir di Surabaya tanggal 6 Juni 1901, saat usianya baru 26 tahun tepatnya pada 1927 mendirikan Partai Nasional Indonesia.

Dalam usia 44 tahun, bersama Bung Hatta yang saat itu baru berusia 43 tahun (lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902) memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Juga Bung Tomo  (lahir di Surabaya, 3 Oktober 1920), yang mengobarkan perang melawan kedatangan kembali tentara sekutu ke Indonesia pada 10 November 1945 di Surabaya. Saat itu Bung Tomo baru berusia 25 tahun," tambahnya lagi.

Hendri melanjutkan, "Dokter Soetomo dan Dokter Wahidin Soedirohoesodo yang pada 20 Mei 1908 mendirikan Boedi Oetomo, cikal-bakal organisasi pergerakan modern di Indonesia. Pada saat itu usia Soetomo baru 20 tahun (lahir di Nganjuk, 30 Juli 1888), dan Wahidin berusia 56 tahun (lahir di Sleman, 7 Januari 1852).

Kemudian, para pemuda pemudi yang mengikrarkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Mereka berikrar, ‘’Bertanah air satu, Tanah Air Indonesia; Berbangsa satu, Bangsa Indonesia; dan Berbahasa satu, Bahasa Indonesia.

’’ Saat itu mereka rata-rata baru berusia 20-30 tahun. Sumpah Pemuda kemudian berujung pada Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945," pungkasnya.

"Begitu juga gerakan reformasi yang menumbangkan rezim orde baru pada 1998 juga dipelopori oleh pemuda pemudi dan mahasiswa.

Dengan gagah berani mereka berhadapan dengan senjata, bahkan ada yang tertembak dan tewas. Merekalah yang menduduki Gedung DPR/MPR di Senayan, Jakarta, sehingga memaksa Presiden Soeharto lengser," kenang Hendri.

Maka tidak berlebihan kiranya, menurut Hendri bila dikatakan, "Pemuda pemudi adalah pilar kelima dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, setelah Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Bila pada 28 Oktober 1928 sebagai aktor utama Sumpah Pemuda dan pada 17 Agustus 1945 sebagai aktor utama Proklamasi Kemerdekaan, serta pada 1998 tampil sebagai aktor utama gerakan reformasi, maka kini saatnya pemuda pemudi tampil sebagai aktor utama dalam pembangunan bangsa, baik pembangunan fisik maupun mental spiritual atau karakter.

Bila karakter bangsa ini sudah terbentuk sedemikian kuat, dan keberadaan lima pilar itu sudah kokoh, niscaya bangsa kita akan mengalami kejayaan dan NKRI tetap lestari," tutur Hendri optimis.

Hendri menilai, pemuda pemudi di Kabupaten Bengkalis pada umumnya adalah orang-orang baik, bersemangat,  berkarakter, dan terpuji. "Namun seiring waktu berjalan,  entah itu pengaruh internet, pergaulan bebas atau narkoba. Tutupnya. (Der)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Hari Sumpah Pemuda Ke-89, SMA Binsus Bernas Tampilkan Pakaian Adat Nusantara

    3 minggu lalu

    Kegiatan pawai itu, di lepas secara langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Kapolres AKBP Kaswandi Irwan SIk dari halaman sekolah menuju Gedung Derah Datuk Laksamana Mangkudiraja.

  • Pemko Pekanbaru Salurkan Bantuan Untuk Tujuh Kelompok Tani

    3 minggu lalu

    PEKANBARU (POROSRIAU.COM) - Untuk menggenjot hasil pertanian di Kota Pekanbaru, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyalurkan bantuan alat pertanian dari Kementrian Pertanian kepada tujuh kelompok tani. Diantara bantuan yang disalurkan yakni, satu unit ha

  • Zulkifli Hasan: Pemuda Zaman Now Harus Menguasai Ilmu

    3 minggu lalu

    Banyak pihak meyakini bahwa ilmu pengetahuan merupakan salah satu kunci utama dalam membangun bangsa dan negara. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan merupakan satu dari sekian banyak orang yang percaya akan hal itu.

  • Kapolda Riau Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan

    satu minggu lalu

    Kapolda Riau menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan pada hari Jumat (10/10/2017) yang dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Riau di Jl. Jenderal Sudirman.

  • Wabup Buka Lomba Pidato KNPI, Wadah Belajar Pemuda Berikan Orasi Konstuktif

    tahun lalu

    POROSRIAU.com, Meranti- Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim hadiri dan membuka secara langsung lomba pidato DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan dalam rangka meningkatkan semangat generasi m

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.