Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Bengkalis
  • Dinas Kesehatan Bengkalis Gelar Sosialisasi Gema Cermat
Jumat, 28 Juli 2017 11:15:00

Dinas Kesehatan Bengkalis Gelar Sosialisasi Gema Cermat

Oleh: der/pen
Jumat, 28 Juli 2017 11:15:00
BAGIKAN:
der/pen
Sosialisasi Gema Cermat atau Gerakkan Masyarakat Cerdas Mengunakan Obat, Kamis (27/07/2017) sore, Bertempat di Gedung Serbaguna Desa wonosari Kecamatan Bengkalis.

BENGKALIS(POROSRIAU.COM) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis menggelar Sosialisasi Gema Cermat atau Gerakkan Masyarakat Cerdas Mengunakan Obat, Kamis (27/07/2017) sore, Bertempat di Gedung Serbaguna Desa wonosari Kecamatan Bengkalis.

Sosialisasi tersebut dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis yang diwakili Kepala Seksi Farmasi Dan Perbekalan Kesehatan Edi Sudarto.

Peserta sosialisasi berjumlah sebanyak 100 orang terdiri dari ibu –Ibu Tim Penggerak PKK Desa Wonosari, Kader - Kader Pukesmas, Karang Taruna dan RT/RW Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis.

Dalam Sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Moh. Syukri yang diwakili Kasi Farmasi Dan Perbekalan Kesehatan Edi Sudarto mengatakan, sangat bangga dan berterima kasih atas kerjasama yang baik pelaksanaan gema cermat di Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis dan juga sekaligus memperkenalkan program baru dari Kementerian Kesehatan bagian Bina Farmasi dan alat kesehatan, yang bernama gema cermat atau gerakkan masyarakat cerdas mengunakan obat, program gema cermat termasuk program nasional yang baru yang ditetapkan melalui SK Menkes No. HK 02.02/427/2015, kemudian dicanangkan oleh Menteri Kesehatan RI pada tanggal 13 November 2015.

Tambah Edi, tujuan gema cermat untuk meningkatkan pemahaman, dan kesadaran masyarakat luas pentingnya mengunakan obat yang benar dan tepat, dan salah satu prioritas dalam gerakkan ini hendaknya masyarakat menyadari akibat pengunaan antibiotik secara bebas tanpa resep dokter merupakan salah satu pemicu resistensi atau kekebalan kuman terhadap antibiotik.

"Guna antibiotik hanya dengan resep dokter, sesuai kebutuhan medis dan sesuai petunjuk tenaga kesehatan," kata Edi.

Edi juga berharap kepada masyarakat stop mengunakan obat sembarangan setelah mendapatkan pemahaman sosialisasi gema cermat sebagai titik tolak menuju perubahan sikap dan perilaku masyarakat sehat dalam memilih, mendapatkan, mengunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar, hingga pada akhirnya akan meningkatkan penggunaan obat secara rasional dalam pelayanan kesehatan.

Sementara itu  ketua pengurus cabang ikatan apoteker indonesia (iai) kabupaten bengkalis, Drs, Dolpin. Apt, mengatakan, apoteker sebagai tenaga kesehatan yang bertanggung jawab dan kewenangan dalam pelayanan kefarmasian terutama pelayanan informasi obat dapat menjadi motivator, edukator dan agen perubahan gema cermat (gerakkan masyarakat cerdas mengunakan obat).

Adanya sosialisasi ini, dolpin juga berharap seluruh Apoteker yang melakukan praktek kefarmasian di Kabupaten Bengkalis menyukseskan gema cermat dan berpartisipasi Apoteker berupa penyuluhan kepada kelompok masyarakat disekitar tempat praktek kefarmasian, dokumentasi  dan laporan kegiatan sebagai tanda pengabdian masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa wonosari Suswanto mengatakan, kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis yang telah menunjukkan Desa Kami sebagai tempat melakukan sosialisasi gema cermat, semoga melalui kegiatan ini dapat menambahkan pengetahuan khususnya masyarakat Desa Wonosari tentang cara mengunakan obat yang baik dan benar.(pen/der)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Amankan Natal dan Tahun Baru, Polres Bengkalis Kerahkan 250 Personil

    10 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Polres Bengkalis melaksanakan Apel Gelar Pasukan di lapangan Tugu Bengkalis. Bupati Bengkalis, Amril Mukminin memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin 2016 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017.

  • Peringati hari K3 Disnaker Gelar donor darah

    8 bulan lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) – Selasa (07/2), dalam rangka memperingati hari Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2017, Disnaker Provinsi Riau menggelar kegiatan Donor dar

  • Disdik Bengkalis Gelar Sosialisasi Pendidikan Keluarga

    3 bulan lalu

    Pemerintah Kabupaten Bengkalis Melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis menggelar Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga bagi Satuan Pendidikan Paud, Sd, SMP, PKBM, Pengawas/Penilik Se- Kabupaten Bengkalis, Kamis, (20/07/2017)

  • Bupati Bengkalis Buka Seminar Awam Dan Sosialisasi Pelayanan Bedah

    2 bulan lalu

    Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daearah Kabupaten Bengkalis H Arianto secara resmi membuka seminar awam dan sosialisasi pelayanan bedah, yang ditaja Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) Kordinator Wilayah Riau, Sab

  • 14 Rumah Sakit di Rohil, Bebas Vaksin Palsu

    tahun lalu

    Bupati H. Suyatno, A.Mp memastikan sebanyak 14 rumah sakit pemerintah dan swasta yang ada di Kabupaten Rokan Hilir bebas dari peredaran vaksin palsu. Hal itu merujuk dari laporan pemilik rumah sakit, Ketua IDI, Ketua IBI dan Diskes serta hasil uji laborat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.