Minggu, 19 November 2017
Rabu, 23 Agustus 2017 08:14:00

Pemuda Pancasila Hadang Aksi Damai GERAK

Oleh: dery/pen
Rabu, 23 Agustus 2017 08:14:00
BAGIKAN:
dery/Fen
Aksi damai yang digelar GERAK di Lapangan Tugu Jl. Jend Sudirman Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis

BENGKALIS(POROSRIAU.COM)---Bertempat di Lapangan Tugu Jl. Jend Sudirman Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis telah berdatangan massa aksi damai dari organisasi Gerakan Rakyat Kabupaten Bengkalis (GERAK) ratusan orang, Senin (21/08/17)sekitar pukul 09.00 WIB.Aksi damai ini dipimpin oleh M. Fakhrorozy alias Agam, didampingi Ketua Harian DPD Gapeknas (Gabungan Pengusaha Dan Kontraktor Nasional) Kab. Bengkalis Fitra Budiman, SH, dengan koordinatori Misri, Afdal Aulia, Affan, Agus Harianto alias Bacok dan Haris.

Mereka menampilkan beberapa spanduk poster, yang bertulisan Gerakan Rakyat Kabupaten Bengkalis(GERAK) Basmi Tikus -Tikus Diseputar Bupati Bengkalis. Pak Polisi!!! Tuntaskan Persoalan Bansos Dan Ijazah Palsu Bupati Bengkalis. KPK, tolong Tangkap Mafia Dan Makelar Proyek Di ULP Bengkalis, Kinerja Bupati Berdampak Buruk, Dana APBD Mandul, DPRD kab. Bengkalis, Prioritaskan Kelompok Masyarakat Hanya Korban,Status Hukum Amril Mukminin, Kasus Bansos Hanya Jalan Ditempat.

Selanjutnya spanduk dengan gambar/poto Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE, MM dan Kabag Umum Kab. Bengkalis/Ketua MPC PP kab. Bengkalis Sdr. Riki Rihardi, SSTP, MSi. Spanduk dengan gambar/poto karikatur Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE, MM.Demikian yang disampaikan Kapolres Bengkalis AKBP Abbas Basuni S.I.K melalui Paur Humas IPDA Zulkarnain, bahwa giat orasi itu disampaikan oleh M. Fakhrorozy alias Agam, Fitra Budiman, SH dan beberapa koorlap lainnya.

Sekira pukul 09.45 wib bertempat di halaman Lapangan Tugu telah tiba massa ratusan orang melakukan penghadangan terhadap para Pendemo oleh organisasi MPW Prov. Riau, MPC dan PC Pemuda Pancasila se kecamatan Kab. Bengkalis.Ormas ini dipimpin oleh Ketua MPC PP Kab. Bengkalis Riki Rihardi, SSTP, MSi dan Sekretaris Asep Setiawan. Sedangkan kedatangan massa organisasi tersebut, bertujuan hanya melakukan kegiatan Rapat Pleno dan Rakercab Kab. Bengkalis Tahun 2017 di Gedung Daerah Kab. Bengkalis samping Lapangan Tugu.

" Kemudian telah terjadi perdebatan dan hujatan dari masing masing pihak massa organisasi Gerak dengan organisasi Pemuda Pancasila, dilapangan tugu,"terang Paur Humas.

Kemudian Kabag Ops Polres Bengkalis Kompol Afrizal Asri, Sik didampingi Kasat Sabhara Polres Bengkalis Akp Basuki Yuniarto melakukan koordinasi dan negosiasi dengan pihak massa organisasi pemuda Pancasila.Tujuannya untuk dapat memundurkan barisan keluar dari halaman Lapangan Tugu, dan massa dari ormas Pemuda Pancasila mundur ke bagian tepi jalan depan Lapangan Tugu.

Selanjutnya massa organisasi Gerak melakukan longmarch menuju kantor Bupati Bengkalis, lalu dilanjutkan ke Mapolres dan ke Kejati Bengkalis dengan menyampaikan permasalahan hukum yang belum tuntas seperti kasus bansos, ijazah palsu dan pengadaan proyek multiyears di unit layanan pengadaan.Juga orasi menyinggung soal menfungsikan tugas Saber Pungli di kantor unit layanan pengadaan Kab. Bengkalis, yang diduga adanya penerimaan suap dan pungutan liar. Pihak penegak hukum mengusut tuntas dengan tidak jelasnya Dana Alokasi Kabupaten Tahun 2016.Sekira pukul 11.15 wib massa organisasi Gerak longmarch menuju Kantor DPRD Kab. Bengkalis di Jl. Antara Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis, guna melanjutkan orasi dan dialog dengan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis.Sekira pukul 11.30 wib massa tiba di depan Kantor DPRD Bengkalis, adapun massa organisasi Gerak sempat dihadang kembali oleh ormas ratusan orang dari organisasi MPC Pemuda Pancasila Kab. Bengkalis yang dipimpin Sdr. Riki Rihardi, SSTP, MSi, dengan melakukan pelemparan botol air mineral oleh massa.

Kemudian personil pengamanan gabungan Polres Bengkalis, Polsek Bengkalis dan Polsek Bantan yang dipimpin Kabag Ops Polres Bengkalis Kompol Afrizal Asri, Sik memisahkan kedua massa dengan membentuk pagar betir Sekira pukul 11.50 wib sebanyak 25 orang perwakilan massa organisasi Gerak masuk ke dalam ruang rapat kantor DPRD Kab. Bengkalis guna melakukan dialog.Selain dihadang dalam berorasi, Forum Gerak juga dilempar menggunakan botol mineral oleh massa MPC PP Bengkalis di depan Gedung DPRD Bengkalis yang dipimpin oleh Ketua MPC PP Riki Rihardi, Senin (21/08/17) kemarin siang.Melihat aksi massa PP yang melempar dengan botol mineral itu, sesuai laporan resmi Poltes Bengkalis, bahwa dari personil pengamanan gabungan dari Polres Bengkalis, Polsek Bengkalis dan Polsek Bantan yang dipimpin Kabag Ops Polres Bengkalis Kompol Afrizal Asri, SIK langsung memisahkan kedua massa dengan membentuk pagar betis.Kemudian, aksi dialog dilanjutkan di dalam ruangan rapat Gedung DPRD Bengkalis. Forum Gerak yang diwakili oleh M Fakhrorozy alias Agam, Fitra Budiman, SH, Misri, Indra Jaya alias Pak De, Anwar Syarifudin dan 20 orang anggota lainnya.Sementara, DPRD Bengkalis hanya diadiri Dr. H. Indra Gunawan, MH alias Eet (Wakil Ketua DPRD), Syarial, ST. Sedangkan kepolisian diwakili Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Bengkalis Ipda Agus Salim Dalam dialog, perwakilan massa Forum Gerak menyampaikan, agar pihak DPRD Bengkalis memperhatikan nasib kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkalis. DPRD Bengkalis harus cepat menanggapi ketidakjelasan atau carut marut proses pelelangan di ULP.

Selain itu, DPRD juga didesak menanggapi dengan cepat terhadap ketidakjelasan status Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bengkalis dan penyalahgunaan Dana Alokasi Khusus Kabupaten Bengkalis Tahun 2016.Kita juga minta, DPRD Bengkalis menanggapi tentang situasi dilapangan, yang mana dalam pelaksanaan aksi damai dicampuri oleh organisasi lain yang sengaja ingin membuat situasi menjadi kacau, ujar Agam.Dari beberapa poin yang disampaikan Forum Gerak, DPRD Bengkalis meminta agar Forum Gerak dapat membuat dan memasukan surat kepada pihak DPRD Bengkalis terkait adanya temuan ataupun kejanggalan dalam proses pelelangan di ULP.Adanya kekacauan situasi di lapangan, kita tidak bisa menjawabnya. Karena itu Tupoksinya pihak pengamanan Polres Bengkalis yang akan menjawabnya, tegas Eed.

Adanya aksi penghadangan yang dilakukan oleh MPC PP Bengkalis, Polres Bengkalis mengakui, Tiga hari sebelumnya, Polres telah menerima surat pemberitahuan aksi damai dari Forun Gerak. Dan Polres Bengkalis telah mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan Nomor: STTP/19/VIII/2017/SAT INTELKAM.

Dalam hal pelaksanaan aksi damai di lapangan, Polres Bengkalis juga merasa kejanggalan atas kedatangan massa MPC PP Bengkalis yang seharusnya melakukan kegiatan rapat pleno dan Rakercab di Gedung Daerah Bengkalis. Sehingga Polres Bengkalis membubarkan massa dari PP/Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni, SIK didampingi Kabag Ops Kompol Afrizal Asri, SIK kemudian menemui dan meminta kepada massa PP untuk membubarkan diri secara tertib.

Selama giat aksi damai, dilakukan pengamanan oleh personil gabungan Ton Standby Regu 1 Polres Bengkalis, Polsek Bengkalis dan Polsek Bantan dengan jumlah personil sebanyak 100 personil. Dan selama giat berlangsung, situasi yang sempat memanas akhirnya aman dan terkendali .(fen/der)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Wawako Dumai dan Ketua DPRD Kota Dumai Tandatangani Nota Kesepakatan

    tahun lalu

    DUMAI (porosriau.com) - Setelah GEMMPA (Gerakan Mahasiswa, Masyarakat dan Pemuda) Kota Dumai melakukan aksinya di perempatan Purnama selama kurang lebih tiga jam, Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, perwakilan perusahaan yang ada di Kota Dumai dan Ketua DP

  • Aksi Bela Kitabullah 4 November 2016, "Umat Islam Bukan Kelompok Bayaran"

    tahun lalu

    Ratusan ribu umat muslim datang dari berbagai daerah untuk menghadiri dan mengikuti Aksi Damai Bela Kitabullah (Al Quran, red) di Ibukota Jakarta, Jum'at (4/11/2016) siang, bertepatan dengan tanggal 3 Syafar 1438 H.

  • Subhanallah! Sejumlah Anggota DPRD Siak Turut Suarakan Aksi Bela Al Quran di Jakarta

    tahun lalu

    Tak hanya dari kalangan Masyarakat dan Organisasi Massa (ORMAS) Islam saja yang turun ke Jakarta, pada Aksi Damai Bela Al Quran yang berlangsung di Ibukata Jakarta, Jum'at (4/11/2016) siang.

  • Demo Tuntut Penjarakan Ahok Kembali Bergulir Di Kampar

    tahun lalu

    Ribuan umat Islam di Kabupaten Kampar kembali melakukan aksi damai dengan turun kejalan dalam rangka mengawal fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), tentang penistaan agama yang oleh dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

  • Terkait Rencana Aksi 2/12, Ini Himbauan MUI Meranti

    12 bulan lalu

    Meranti (porosriau.com) - Dalam rangka menyikapi berbagai isu aktual di Indonesia dan untuk menjamin tetap terjaganya kondusifitas khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP. Barliansyah bersama Wakil Bupati H. Sai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.