Senin, 20 November 2017
  • Home
  • Bengkalis
  • Persembahan Tabuhan Kompang Bengkalis Ke Negeri Serumpun
Selasa, 17 Oktober 2017 16:43:00

Persembahan Tabuhan Kompang Bengkalis Ke Negeri Serumpun

Oleh: dery/pen
Selasa, 17 Oktober 2017 16:43:00
BAGIKAN:
Persembahan Tabuhan Kompang Bengkalis Ke Negeri Serumpun.(Foto/Der)

SELANGOR(POROSRAU.COM) - Persembahan tabuhan kompang Bengkalis bukan saja terkenal di Provinsi Riau, bahkan sampai ke negeri serumpun, Malaysia.

Seni budaya Melayu yang identik dengan seni religius bernuasa Islami ini adalah salah satu seni budaya Melayu yang telah ada sejak lama khususnya di Bengkalis.

Hampir seluruh pelosok desa di Kabupaten Bengkalis memiliki grup atau kelompok kompang. Sehingga, bisa dikatakan kompang sudah bersebati dengan Melayu dan mendarah daging di masyarakat Bengkalis

Hal ini sebagaimana diutarakan Anuar, Ketua Grup Kompang Desa Simpang Ayam Bersaudara kepada wartawan, Jumat (13/10/17) malam melalui pesan whataps-nya saat memenuhi undangan pernikahan dan diminta untuk menabuh kompang dalam serangkaian acara pernikahan kerabatnya di Selangor, Malaysia.

"Saat ini kami grup Kompang Desa Simpang Ayam, Bengkalis diundang oleh saudara kami H. Muhamat Arif Bin Damanhuri atas pernikahan anaknya di Batu 8 Ijuk Kuala Selangor, Malaysia," kata Anuar.

Masih kata Anuar, mereka yang berjumlah belasan orang sejak Jum'at malam bermain kompang. "Sampai Sabtu, (14/10) siang arak-arak selama sehari penuh," tambahnya.

Para undangan pada Sabtu tersebut, sambil menyantap hidangan bertambah nikmat menyantap makanan karena diiringi persembahan kompang yang walaupun terasa asing tapi sangat indah didengar.

Anuar berharap, seni kompang ini bisa eksis dan hidup terus di Bengkalis, dan tidak luntur seiring dengan perkembangan zaman globalisasi sekarang ini.

H. Arif yang mengundang grup kompang ini pula mengaku, "Beberapa undangan kami bertanya-tanya berasal dari mana pemain kompang ini. Yang saya jawab dari indonesia, dari Desa Simpang Ayam Bengkalis. Undangan kami memuji tabuhan kompangnya sangat syahdu dan enak didengar telinga," ungkap H. Arif.(der/fen)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Festival Mandi Safar Di Rupat Utara Berlangsung Semarak

    5 hari lalu

    Terlebih, pada perhelatan tahunan ini, dihadiri langsung orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning dan Negeri Junjungan sejumlah tamu undangan penting Pemerintah Provinsi Riau maupun Kabupaten Bengkalis, serta undangan lainnya.

  • Amril Mukminin Ajak Masyrakat Jaga Nilai Adat Dan Budaya Melayu

    3 minggu lalu

    Melalui kegiatan budaya tersebut, Amril mengajak kepada semua masyarakat untuk melestarikan budaya yang sudah lama tidak terlaksanakan, diharapkan masyarakat Desa Balai Pungut Kecamatan Pinggir ini mempunyai komitmen yang kuat untuk kembali melestarikan b

  • Layak kah Wabup Bengkalis Muhammad Dipenjara KPK?

    tahun lalu

    POROSRIAU.com- Riau dikenal dengan sebutan “Petro Dollar” karena kaya dengan minyak bumi dan perkebunan kelapa sawit.“Atas minyak, bawah minyak” kerap terdengar istilah ters

  • Dugaan Korupsi Bioethanol, Kejari Bengkalis Akan Alihkan ke BPK RI

    tahun lalu

    Terkait dugaan Korupsi Bioethanol di Balitbang Kabupaten Bengkalis, yang diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Pekanbaru (BPK-P), pihak Kejaksaan Negeri Bengkalis akan alihkan ke BPK - RI.

  • ICI : Tahan Tersangka SPPD Fiktif Dipenda Bengkalis

    tahun lalu

    BENGKALIS (POROSRIAU) – Ketua Badan Pekerja Nasional Indonesia Corruption Investigation (BPN-ICI) Darwis AK, Kamis (28/7). Mendesak Kejaksaan Negeri Bengkalis agar segera menahan tersangka du

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.