Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Bengkalis
  • Tidur Berdesakan Hingga Makan Tak Teratur, Berikut Curhatan JCH Asal Bengkalis..
Selasa, 05 September 2017 09:34:00

Tidur Berdesakan Hingga Makan Tak Teratur, Berikut Curhatan JCH Asal Bengkalis..

Oleh: dery/pen
Selasa, 05 September 2017 09:34:00
BAGIKAN:
Wajah ceria kakek-kakek yang selalu hilang dan tersesat, di saat-saat akhir Armina sudah tersenyum lega dan dengan lahapnya menyantap Mie Instan. (foto/deri)

ARAFAH(POROSRIAU.COM) - 445 jama'ah dan petugas di kelompok terbang (kloter) 05 BTH yang berasal dari Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mendapat sedikit kendala.

Hal ini disampaikan Ketua Kloter 5 yang mengatakan, "Minim jumlah armada bus yang mengangkut jama'ah kloter 5, tenda yang sangat sempit sehingga jama'ah tidurnya kayak udang goreng, berhimpitan, sesak. Tenda ukuran 5 meter X 15 meter diisi jama'ah 45 orang. Kemudian katering juga selalu terlambat didistribusikan sehingga makan tidak teratur," kata Jefri Eriadi, Ketua kloter BTH 05 Senin, (4/9/2017) siang melalui WhatsApp-nya.

Jefri Eriadi menambahkan, "Pada Sabtu (2/9) kemarin, beberapa orang jama'ah yang hilang karena tersesat sejak melontar Jumrah Aqabah sudah kembali semuanya ke tenda. "Satu jama'ah tersesat sampai 5 kilometer ke sektor 18. Setelah mengadakan rapat antara ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (Karom) maka disepakati untuk Nafar Awal namun tidak diberikan izin oleh orang maktab alasannya jumlah kendraaan yang tidak memadai.  Dan mereka tidak bisa jamin semua jama'ah akan terangkut menjelang Maghrib, karena jalan macet ditambah jumlah bus sangat minim. Usulan kami tidak diterima dan diberikan kata-kata harapan bahwa tenda sudah banyak yang kosong karena sudah banyak yang Nafar Awal. Setelah disampaikan kepada Kita dan Karom,  Alhamdulillah semua dapat memaklumi. Lagipula memang sejak awal keberangkatan dari Makkah ke Arafah kemaren bus sudah  bermasalah. Dalam rapat terakhir bersama orang maktab,  BTH 05 akan berangkat ke Arafah jam 14.00 WAS, Tapi nyatanya,  selepas Maghrib baru diangkut ke Arafah," tambahnya.

Masih kata Jefry Eriadi, "Sarapan pagi terlambat tiba kepada kami, baru sampai antara pukul 10.00 WAS - 11.00 WAS, makan siang juga terlambat juga antara pukul 13.30 WAS -14.30 WAS. Makan malam pula jarang ada pukul 11.00 malam, jama'ah sudah tidur baru datang nasi, terpaksa jama'ah mengkonsumsi Mie Instan dan minum air putih saja," tambahnya lagi.

"Senin,  04-09-2017 bertepatan  13 Dzul Hijjah 1438 Hijriah, diantara 445 jama'ah ditambah 5 petugas, 1 orang jama'ah masih dirawat di RS King Abdullah Makkah, 2 orang dirawat di RS Mina. Dan malam tadi (Senin,3/9) pukul 10.25 WAS dirujuk lagi ke RS Mina satu orang Jama'ah atas nama Amran  bin Ali Umar Dari Baserah. Alhamdulillah, sampai hari terakhir Tasyrik, semua jama'ah terpantau sudah melakukan jamarat terakhirnya pukul 04.00 WAS subuh tadi (Senin,4/9). Saat ini kami tengah melakukan persiapan untuk kembali ke hotel di Makkah, diperkirakan oleh orang maktab pukul 10.00 WAS akan dijemput dengan bus. Untuk Bus pertama diperioritaskan bagi 50 jama'ah yang sakit-sakit dan lemah, bus selanjutnya per-rombongan," tutupnya.(der/fen)
 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Mitos di Balik Heboh Supermoon

    11 bulan lalu

    Gerhana bulan total "supermoon" yang malam ini sedang berlangsung menjadi perbincangan hangat diseluruh penjuru dunia. Supermoon sendiri adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada

  • Ubah Gaya Hidup untuk Kontrol Tekanan Darah

    8 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Meski tak menimbulkan gejala yang mengganggu, namun hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal.

  • Tak Terima Sewa Kios Naik, Pedagang di Plaza The Central Curhat ke DPRD

    7 bulan lalu

    Sikap Pihak pengelola Gedung Plaza The Central atau lebih dikenal dengan pasar Kodim oleh PT. Peputra Maha Jaya (PMJ) dinilai puluhan pedagang sudah sangat keterlaluan. Pasalnya hampir setiap tahun, biaya sewa kios, biaya servisce charge mengalami kenaik

  • Buat Warga Bengkalis yang Mau Mudik Sebaiknya Baca Dulu Pesan Bupati Amril, Berikut Isinya

    4 bulan lalu

    Bagi umat Islam Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Bengkalis, perayaan Idul Fitri atau lebaran, mempunyai karakteristik yang khas, karena bukan hanya sebagai momentum perayaan keagamaan semata, tetapi berkembang menjadi bagian tradisi atau budaya.

  • Pentingnya Sarapan Sebelum Jam Sembilan

    11 bulan lalu

    Lifestyle (porosriau.com) - Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Hardinsyah mengatakan sarapan sehat sebelum jam 9 penting sebagai sumber energi sebelum memulai aktivitas pagi hari.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.