Senin, 23 Oktober 2017
Rabu, 14 Juni 2017 08:34:00

Pemko Dumai Peringati Nuzul Quran

Oleh: Redaksi
Rabu, 14 Juni 2017 08:34:00
BAGIKAN:
Humas
Nuzul Quran, yang diperingati pada 17 Ramadhan 1438 H, Senin (12/6) bertempat di Halaman Eks Kantor Walikota Dumai Jalan HR Soebrantas.

DUMAI(POROSRIAU.COM) — Pemerintah Kota Dumai memperingati Nuzul Quran, yang diperingati pada 17 Ramadhan 1438 H, Senin (12/6) bertempat di Halaman Eks Kantor Walikota Dumai Jalan HR Soebrantas.

Peringatan Nuzulul dihadiri Walikota H. Zulkifli As didampingi Wakil Walikota Eko Suharjo, unsur Fokompimda, Sekretaris Daerah HM Nasir beserta jajaran SKPD, pimpinan dan anggota DPRD Dumai, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya walikota mengatakan, Nuzulul Quran merupakan malam dimana Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. “Peringatan Nuzulul Quran merupakan upaya syiar agama Islam ditengah masyarakat. Selain itu, untuk memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT . Sekaligus mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari hari,” kata Zul As.

Peringatan Nuzulul Quran dengan tema "Internalisasi nilai-nilai Qur'ani dalam mewujudkan masyarakat makmur madani" menghadirkan utadz H Irfan Yusuf dari Medan.
Zul As melanjutkan, Al Qur'an diturunkan sebagai petunjuk untuk kita semua, juga untuk memberikan penjelasan mana yang batil dan hak, mana yang buruk mana yang baik. "Pertanyaannya apakah hari ini konteksnya sama atau berbeda. Apakah kita sudah bisa membedakan mana yang batil dan mana yang hak. Ini yang harus perlu kita renungkan," ujar Zul As.

Melalui peringatan Nuzulul Quran setiap 17 ramadan, Zul As berharap ada peningkatan amaliah. "Melalui momentum peringatan Nuzulul Quran ini mari kita introspeksi diri apakah selama ini Alquran selalu dibaca, dipahami dan diamalkan isi yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari," imbau Zul As.

“Mulai sekarang mari kita implementasikan isi kandungan Alquran sehingga dalam melakukan aktivitas sebagai aparatur pemerintah dan masyarakat kita bisa terus mendapat perlindungan dari Allah SWT. Sesibuk apapun kita, jangan lupa biasakan membaca Alquran, baik itu di tempat kerja khususnya dalam bulan Suci Ramadhan ini,” sambung walikota.

Zul As juga mengajak Umat Islam untuk menghadirkan bacaan Al Quran dalam keluarga. Dengan senantiasa dibaca dan dipahami, selanjutnya diamalkan isi kandungan Al Quran itu dalam kehidupan sehari-hari. "Ini tantangan bagi kita di tengah perkembangan zaman. Bagaimana Al Quran hadir di setiap keluarga kita masing-masing," harap Zul As.

Sementara itu dalam tausiyahnya, utadz H Irfan Yusuf menjelaskan mengenai kehidupan yang dimulai dari proses membaca dan dipahami kemudian ilmunya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sudah jelas, jika kita ingin mendapatkan petunjuk jalan lurus, jalan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan tema kali ini, kita harus membaca Al-Qur'an karena Al-Qur'an sumber kebenaran yang tidak diragukan," jelasnya.(rls)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Kerja Kantor Pelayanan Pasar Dumai Dipertanyakan ?

    tahun lalu

    Keberadaan pasar Kelakap Tujuh kota Dumai hingga saat ini belum difungsikan secara maksimal dan terkesan mubazir.Padahal pembangunan pasar tersebut telah menghabiskan anggaran negara 9.8 milyar rupiah

  • Ratusan Juta Rupiah Diduga mengalir ke Kantong pejabat Perjalan Dinas Fiktif Pemko Dumai Rugikan Negara

    tahun lalu

    Biaya perjalan Dinas yang dialokasikan dari anggaran APBD Pemko Dumai tahun 2009 lalu menimbulkan kerugian Negara

  • September, Dumai Cetak Kartu Identitas Anak

    tahun lalu

    Jika tidak ada aral melintang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai akan mencetak kartu identitas anak (KIA) pada September mendatang.

  • Kembangkan BUMD, PT. Pembangunan Dumai Terobos Enam Divisi

    tahun lalu

    Tak hanya pembangunan batching plant saja yang menjadi andalan dari perusahaan yang beralamat di Jalan Patimurra, Kelurahan Datuk Laksamana, Kecamatan Dumai Kota ini, sejumlah peluang pun telah dicanangkan Bennedy Boeiman selaku Direktur BUMD PT Pembangun

  • Bung JT : Dewan Akan Tegas Mengawasi Proyek Kota Dumai

    tahun lalu

    Dumai(POROSRIAU.com) – Terkait banyaknya kasus pekerjaan proyek dikota Dumai yang tidak sesuai bestek, bung JT atau Johannes Tetelepta angkat bicara untuk mengingatkan para kontraktor untuk b

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.