Kamis, 21 September 2017
Minggu, 27 Agustus 2017 20:05:00

2023, UIN Suska Optimis Capai Predikat World Class Universtity

BAGIKAN:

PEKANBARU-PR-Rektor UIN Suska Riau beserta jajaran civitas akademika optimis mampu membawa dan mewujudkan lembaga ini hingga predikat World Class Universtity pada tahun 2023.

Demikian disampaikan Rektor UIN Suska Riau, Prof DR H Munzir Hitami MA dalam Seminar Internasionalisasi Program Pelayanan Pendidikan Tinggi yang diselenggaran oleh Pusat Pengembangan Bahasa (P2B), Sabtu (26/8) di Hotel Alpha Pekanbaru.

Dalam seminar selama dua hari hingga Minggu (27/8) tersebut, Munzir menjelaskan, meski dalam perjalanannya menemui berbagai rintangan dan kendala, namun pihaknya beserta jajaran civitas akademika optimis akan mampu mencapai target menjadikan UIN Suska sebagai universtias terkemuka di dunia atau yang lebih dikenal dengan istilah World Class University.

“Cita-cita untuk Capai menjadikan UIN Suska menjadi World Class University memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Masih banyak yang harus ditingkatkan. Baik kemahiran mahasiswa maupun dosen. Termasuk kemampuan berbahas asing terutama Arab dan Inggris,” ujarnya.

Adapun indikatornya antara lain, banyaknya hasil karya ilmiah dan penelitian para dosen yang dipublikasikan secara nasional dan internasional. Banyaknya jumlah lokal atau rombongan belajar (rombel) internasional yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar. Begitu juga kualitas out put para alumni yang berkiprah di tengah masyarakat, penunjang sistem dan basis pengajaran yang menggunakan bilingual terutama bahasa Inggris dan Arab serta indikator penunjang lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III, DR Tohirin MPd yang membidangi kemahasiswaan dan kerjasama mengatakan, pihaknya sudah banyak melakukan kerjasama dengan berbagai universitas terkemuka di lingkup Asia Tenggara. Antara lain Universtias Songkla di Thailand Selatan, sejumlah universtias di negeri jiran Malaysia. Juga beberapa universitas yang ada di Amerika, Australia dan negara Timur Tengah.

“Bahkan kita juga sudah mengirimkan sejumlah mahasiswa untuk melakukan magang, praktek kerja lapangan (PKL) dan pertukaran pelajar dengan sejumlah universitas yang disebutkan di atas,” ujarnya.

Adapun Warek I, DR Hj Helmiyati MAg yang membidangi Akademik dan Pengembangan Lembaga menambahkan, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan prestasi akademik di seluruh fakultas dan program studi (prodi) yang ada. “Ini semua dilakukan untuk pencapain UIN Suska Riau sebagai World Class University,” jelasnya.

Ketua panitia seminar Internasionalisasi, Drs H Kalayo M Tesol yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) menambahkan, seminar ini bertujuan untuk mensinkronisasikan seluruh program yang ada di masing-masing stake holter. Termasuk menjembatani seluruh program fakultas dan prodi dengan P2B. Terutama bagi yang ingin membuka kelas internasional yang berbasis bilingual.

“Kita berharap seminar internasionalisasi selama dua hari ini mampu membuka jalan dan menyatukan visi dan misi antar stake holder dan seluruh fakultas dan prodi guna mewujudkan UIN Suska Riau sebagai World Class University,” harapnya.

Adapun nara sumber dalam seminar itu, Rektor, Wakil Rektor I, II dan III. Juga Dekan Fakultas Psikologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Pertanian dan Peternakan serta Kasubag Keuangan. Sementara jumlah pesertanya terdiri dari para dosen dan pejabat di lingkungan UIN yang berjumlah hampir seratusan. (iwn)


 

Panitia seminar foto bersama usai acara
Wakil Rektor II DR H Akhyar MAg memaparkan materi dalam seminar
Para peserta seminar antusias mengikuti jalannya seminar internasionalisasi program di UIN Suska
Wakil Rektor III DR Tohirin MPd semangat dalam menyajikan materi seminar
salah seorang pejabat di lingkungan UIN juga menerima hadiah dari panitia sebagai peserta terbaik dalam seminar
Wakil Rektor I DR Hj Hermiyati MAg menjawab pertanyaan peserta seminar
Drs Yusuf yang juga dosen senior di P2B menerima bingkisan dari panitia seminar sebagai peserta terbaik
Rektor UIN Suska Riau Prof DR Munzir Hitami MA berbincang bincang sebelum dimulainya acara seminar
Drs H Irman Majid MAg yang juga dosen senior di P2B menerima hadiah sebagai peserta seminar terbaik dari panitia
copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.