Jumat, 18 Agustus 2017
Minggu, 11 Juni 2017 20:01:00

Tradisi Penganten Sahur di Inhil

Oleh: Redaksi
Minggu, 11 Juni 2017 20:01:00
BAGIKAN:
Tradisi Pengantin Sahur

INHIL(POROSRIAU.COM)--Masyarakat Indragiri Hilir melaksanakan tradisi Festival Tradisi Penganten Sahur di Pasar Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir tadi pagi sekira pukul 00.30 wib (11/06/2017).

Dijelaskan oleh Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, SIK,MM bahwa Festival Budaya Penganten Sahur ini adalah sebuah upacara adat/tradisi turun temurun di Indragiri HIlir, tujuannya adalah  membangunkan warga agar tidak ketiduran dan bisa segera makan sahur. Yang jadi pengantin adalah laki - laki, yang dirias menjadi sepasang pengantin pria dan wanita, mewakili RT, RW dan Dusun yang ada di Desa Pulau Palas. Sebagai sebuah kearifan lokal, Festival ini sudah berlangsung lama, semenjak tahun 1970 dan selalu dilestarikan dan diselenggarakan, pada setiap Bulan Suci Ramadhan pada malam minggu.

Tak ketinggalan hadir dalam acara ini adalah Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung, S.IK., Waka Polres Inhil, KOMPOL Dr. H. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H, Kabag Ops Polres Inhil, KOMPOL Maison, S.H., Kasat Binmas Polres Inhil, AKP Lassarus Sinaga, S.H, Kasat Polairud Polres Inhil, AKP Awaluddin Dalimunthe, Kasat Sabhara Polres Inhil, AKP Alakdin Napitupulu., Camat Tembilahan Hulu M. Nazar, S.Sos, M.Si., Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP A. Raymond Tarigan, G. S.Sos.

Ada 12 pasang pengantin, yang ikut festival. Kriteria yang dinilai adalah kecantikan dan keserasian pasangan pengantin serta singasana tempat pengantin akan diarak sekeliling Desa Pulau Palas. Kapolres Inhil yang didaulat, untuk memberikan sambutan, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif dan berharap, tradisi ini dapat dilestarikan hingga menjadi event wisata lokal. Untuk itu Kapolres menyatakan apresiasinya kepada masyarakat Desa Pulau Palas dan Panitia Penyelenggara, dan berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaanya. Selain itu, Kapolres menyatakan, bahwa Polres Inhil, bersama masyarakat Desa Pulau Palas dan pengunjung dari daerah lain di Kabupaten Inhil, siap mengamankan kegiatan ini. Untuk mengamankan kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 7.000 pengunjung ini, Polres Inhil menurunkan 60 orang Personel, dibantu oleh TNI dan panitia setempat.

Festival Budaya Penganten Sahur selesai dilaksanakan tadi pagi sekira pukul 02.30 WIB, dan masyarakat melanjutkan dengan makan sahur bersama. (*/tnr)

Editor: Chaviz

Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Redaksi

    tahun lalu

    DIREKTUR UTAMA Syafrizal Jambak                  PEMIMPIN UMUM                  Dewi Fernandes

  • Komisi IV DPRD: Tidak Ada Perbedaan dalam Hal Pelayanan di RSUD

    tahun lalu

    Tekait dengan adanya isu bahwa terjadi tindakan diskriminasi di dalam hal pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan

  • Sukseskan Pacu Jalur Nasional, Perusahaan Diminta Ikut Berpartisipasi

    tahun lalu

    Seluruh perusahaan yang beroperasi di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau harus ikut mensukseskan iven pacu jalur nasional tahun 2016 yang akan berlangsung pada 25-28 Agustus mendatang di Tepian Narosa Telukkuantan.

  • Spesialis Pembobol ATM, Dibekuk Polres Inhil

    tahun lalu

    Kewasapadaan kita harus terus ditingkatkan soalnya Tim Operasional Satreskrim Polres Inhil berhasil membekuk US alias Buyung, warga Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja Batam, Provinsi Kepri, terduga pelaku pencurian dengan menggunakan kartu ATM, Ahad, (25 /

  • Bupati : Jadikan Ajang Mengasah Talenta-Talenta Berbakat Inhil

    tahun lalu

    Turnamen Sepak Bola KNPI Cup yang ditaja oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Inhil resmi di buka oleh Bupati HM Wardan, Senin sore (25/7) di Stadion Sungai Beringin Tembilahan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.