Jumat, 22 September 2017
  • Home
  • Inhu
  • Bupati Yopi : Inhu Jadi Kabupaten Pertama Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten
Jumat, 03 Maret 2017 08:28:00

Bupati Yopi : Inhu Jadi Kabupaten Pertama Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten

Oleh: Budiman
Jumat, 03 Maret 2017 08:28:00
BAGIKAN:
budiman
Acara MUSRENBANG RKPD Kabupaten INHU Tahun 2018 di Gedung Dang Purnama Rengat, RABU (1/3/2017)

INHU(POROSRIAU.COM)-Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H. Yopi Arianto resmi membuka kegiatan musyawarah pembangunan (musrenbang) RKPD Kabupaten Inhu tahun 2018, Rabu (1/3/2017) di Gedung Dang Purnama Rengat. Di Propinsi Riau, Inhu menjadi kabupaten pertama yang menyelenggarakan kegiatan musyawarah tingkat kabupaten ini.

Selain dihadiri ratusan undangan mulai dari perangkat daerah di lingkungan Pemkab Inhu, Ketua DPRD Inhu beserta anggota, unsur FKPD, camat, aparat desa serta tokoh masyarakat kegiatan ini juga turut dihadiri sejumlah pejabat termasuk Kepala Bappeda Riau Rahmat Rahim dan dua anggota DPRD Riau dapil Inhu-Kuansing diantaranya Marwan Yohanis dan Hj Supriati.

“ Kalau berbicara soal musrenbang, ini ibarat moment “hari rayanya” pembangunan bagi setiap daerah termasuk Kabupaten Inhu,” ujar Bupati Yopi saat mengawali sambutannya.

Menurut Bupati Yopi, moment musrenbang kabupaten ini merupakan wadah bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berdiskusi dalam upaya mensinkronkan usulan pembangunan dari seluruh tahapan musrenbang yang telah dilaksanakan mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

Dengan kehadiran beberapa pejabat di lingkungan Pemprov bersama anggota DPRD Riau, Bupati Yopi juga mengharapkan agar melalui musrenbang ini, rencana kegiatan pembangunan yang diusulkan benar-benar mampu mengakomodir kebutuhan prioritas masyarakat.

Terkait degan kepastian status kewenangan serta upaya perbaikan sejumlah infrastruktur jalan di Inhu, Bupati Yopi juga berharap agar usulan tersebut nantinya dapat terealisasi dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun 2018 mendatang.

Berdasarkan paparan Kepala Bappeda Inhu Junaidi Rahmat terkait arah pembangunan Kabupaten Inhu tahun 2018 diketahui bahwa ada empat hal yang menjadi target dan pencapaian kinerja di tahun 2018 mendatang.

Target tersebut diantaranya peningkatan indeks pertumbuhan manusia beserta unsur pendukungnya, peningkatan pertumbuhan ekonomi, upaya penurunan angka indeks kemiskinan dan jumlah masyarakat miskin serta upaya perkembangan PDRB.

Untuk sasaran pembangunan di tahun 2018, lanjut Junaidi berdasarkan tujuh misi yang termuat dalam RPJMD Kabupaten Inhu, berbagai target pencapaian dan usulan diantaranya peningkatan fisik dan prasarana termasuk usulan pembangunan dan penanganan jalan yang bersumber dari dana APBD Provinsi Riau, kebutuhan listrik desa, peningkatan sarana dan fasilitas pendidikan, kesehatan, pengembangan lokasi pariwisata serta pengembangan sentra bibit ternak dan sector pertanian.

Terkait dengan usulan tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmat Rahim menjelaskan bahwa pemerintah provinsi akan berupaya maksimal guna merealisasikan usulan program kegiatan pembangunan baik melalui dana yang bersumber dari APBD Riau maupun APBN.

Khusus terkait dengan usulan rigit beton dan bukan pengaspalan jalan yang telah dilakukan pada jalur lintas selatan, pihaknya menilai bahwa pemilihan konsep tersebut melihat dari kegagalan pembangunan rigit pada jalur lintas yang berada di Kabupaten Pelalawan.

Namun, pihaknya akan mengevaluasi apakah kerusakan pembangunan tersebut disebabkan dari konsep pembangunan yang salah atau kondisi material yang kurang baik.

Pada kesempatan itu, Rahmat Rahim juga mendorong Pemkab Inhu terus melakukan upaya peningkatan dan pengembangan kondisi makro guna pencapaian target pembangunan Kabupaten Inhu di tahun 2018 mendatang.(buds)

Untuk diketahui, dari data kondisi makro seluruh kabupaten di Riau, Kabupaten Inhu menjadi kabupaten kedua yang nilai kondisi tingkat pengangguran terbukanya rendah dan nilai itu terus meningkat sejak tahun 2012 lalu.

Diakhir pelaksanaan musrenbang itu, turut dilakukan penandatanganan berita acara oleh masing-masing perwakilan dari Pemprov Riau, DPRD Riau, DPRD Inhu, Pemkab Inhu, tokoh masyarakat dan akademisi.(bs)

 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Menyambut HUT RI Ke-71, DKI Akan Gelar Semarak Merah Putih

    tahun lalu

    Inhu(POROSRIAU.com) - Dewan Kesenian Indragiri (DKI) menggelar lomba sastra “Semarak Seni Merah Putih” dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-71. Pembukaan acara yang digelar di g

  • Tunggakan Pelanggan PLN di Indragiri Hulu Capai 3,3 Miliar

    4 bulan lalu

    Tunggakan pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Rengat untuk Listrik Pasca Bayar di Kabupaten Indragiri Hulu hingga tahun 2017 ini mencapai 3,3 Milyar. Untuk itu kesadaran masyarakat untuk membayar tagihan tersebut perlu di tingkatkan.

  • Wabup Inhu Lantik 151 Pejabat Eselon III,IV dan 53 Orang Non Fugsional

    tahun lalu

    Inhu (Porosriau.com) - Akhirnya Bupati Inhu H Yopi Arianto SE memberi jawaban pasti terhadap isu mutasi yang kian santer terdengar di tengah publik, selama ini,baik itu yang sudah terberitakan di media cetak / koran maupun di media online guna melakukan m

  • Bupati Usulkan Pendirian Posko PEDA KTNA

    tahun lalu

    Inhu (POROSRIAU.com) - Bupati Inhu H Yopi Arianto minta kepada panitia pelaksana Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tahun 2016 mendirikan posko sebagai pusat informasi maupun rest area bagi peserta PEDA KTNA yang akan datang ke Kabupat

  • Medadak Bupati Inhu Kumpulkan Pejabat Eselon III,IV Yang Baru Di Lantik

    tahun lalu

    Inhu (Porosriau.Com) - Bupati Inhu H Yopi Arianto minta seluruh pejabat eselon III dan IV yang baru dilantik langsung melaksanakan tugas. Bahkan Bupati H Yopi Arianto minta paling lambat Jumat (9/9) seluruhnya sudah melaksanakan serah terima jabatan sehin

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.