Minggu, 19 November 2017
  • Home
  • Kampar
  • 350 Penari Kolosal Akan Meriahkan Pembukaan Porprov Riau Ke IX
Jumat, 27 Oktober 2017 12:21:00

350 Penari Kolosal Akan Meriahkan Pembukaan Porprov Riau Ke IX

Oleh: Shm
Jumat, 27 Oktober 2017 12:21:00
BAGIKAN:
350 Penari Kolosal Akan Meriahkan Pembukaan Porprov Riau Ke IX.(Foto/Shm)

BANGKIANG(POROSRIAU.COM)--Sebanyak 350 orang penari Kolosal akan meriahkan Pembukaan Pekan Olah Raga Provinsi Riau Ke IX  di Stadion Tuangku Tambusai pada sabtu malam Tanggal 28/10/2017.

"Penari Kolosal ini sudah dilatih selama dua bulan, penari ini kita ambil dari siswa dan siswi sekolah yang ada di Kampar, dari dewan kesenian Kampar, komunitas silat Melayu. Semuanya kita ramu dan kita jadikan satu, dan terciptanya sebuah tari Kolosal," sebagaimana disampaikan Kogeografer tari kolosal, Iwan saat dijumpai disela sela acara Geladi Bersih di Stadion Tuangku Tambusai Bangkinang Jum'at (27/10).

Dijelaskan Iwan, tari kolosal yan g akan ditampilkan pada acara pembukaan Porprov Riau Ke IX tersebut mempunyai arti tentang keberadaban masyarakat Kampar di masa lalu.

" Tari kolosal yang akan kita tampilkan pada pembukaan Porprov nanti mempuanyai arti tentang keberadapan Masyarakat Kampar di masa lalu yang sekarang di jadikan sebuah tema dalam Porprov ini, 'Berjaya Ditanah Peradaban'," jelasnya.

Lebih dalam dijejelaskan Iwan, tari kolosal ini mempunyai sejarah peradaban di tiga Fase, yaitu:

Fase Pertama

Mengungkapkan Kampar itu pusat kerajaan hindu tertua di Indonesia, dengan peninggalan sejarah candi Muara Takus.

Fase Kedua

Masukknya agama Islam ke Kampar serta bagai mana tokoh islam dan tokoh kampar Dt Tabano, Syeh Burhanudin,melawan penjajahan Belanda.

Fase Ketiga

Mengungkap sisi Islam yang hidup rukun, gotong royong, saling tolong menolong dengan semangat dan spirit kehidupan dengan  peninggalan Mesid Jami'ak di Air Tiris

" Menurut Ketua harian Porprov Riau IX yang dijabat oleh Sekda Kampar Drs Yusri Msi, dan Ketua KONI Provinsi Riau Emrixal Pakis, ketika melihat sisi latihan dan penampilan tadi malam, beliau sudah yakin dan percaya Tari kolosal yang akan kita tampilkan waktu acara pembukaan nantinya  akan berlangsung sukses," Pungkas Iwan. (shm)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Porprov IX Riau Tahun 2017 Di Kabupaten Kampar Resmi Di Buka

    3 minggu lalu

    BANGKINANG(POROSRIAU.COM)-- Pekan Olahraga Provinsi Riau ke IX Tahun 2017 resmi dibuka oleh Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman yang ditandai dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahiim dan ditandai p

  • Bupati Azis Himbau Masyarakat Saksikan Dan Ramaikan Ajang Porprov Riau Di Kampar

    satu bulan lalu

    Sementara bagi masyarakat yang ingin berjualan selama Car Free Day Azis tidak melarang namun hanya mengingatkan pedagang agar menjaga lingkungan dan membersihkan sampah berjualan.

  • Jaga Kondisi Atlit, Kontingen Meranti Akan Naik Jelatik

    satu bulan lalu

    KONI memilih naik kapal dibandingkan harus naik speed boad disebabkan untuk menjaga kondisi atlit yang akan bertanding. Karena umumnya atlit Meranti banyak yang mabuk naik kendaraan darat atau naik mobil.

  • 38 Paskibraka Inhu Mulai Ikuti Pelatihan

    tahun lalu

    Sebanyak 38 calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Inhu mulai Kamis (28/7/2016) akan mengikuti pelatihan selama lebih kurang 27 hari. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhu Isdjarwadi di

  • Hari Jadi Ke 17, STIE Gelar Pelatihan Applied Approach

    tahun lalu

    Perguruan Tinggi / Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Inhu menggelar pelatihan Applied Aproach bagi para dosen di Gedung Sejuta Sungkai Rengat, Jumat (29/07/2016). Kegiatan yang dibuka Plt Asisten Administrasi Umum Hendrizal ini diselenggrakan dalam rangk

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.