Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Kampar
  • Bupati Kampar Pimpin Upacara Hari Pahlawan
Kamis, 10 November 2016 15:11:00

Bupati Kampar Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Oleh: Shm
Kamis, 10 November 2016 15:11:00
BAGIKAN:
Int
Bupati Kampar Saat Pimpin Upacara Hari Pahlawan.

BANGKINANG(POROSRIAU.COM)- Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati bangsa Indonesia setiap tahunnya didasarkan pada peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar. Dengan demikian Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. 


Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar saat membacakan amanat tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawangsa aat menjadi pembina upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 di Lapangan Pelajar Bangkinang kamis (10/11).

Lebih lanjut amanat yang di bacakan Jefry Noer menjelakan bahwa dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Dimana dengan Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah "politik ketakutan", melainkan "politik harapan". Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.

Selanjutnya bahwa semangat Kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri serta mengenang jasa para pahlawan kita.

Dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Sejalan dengan orientasi Trisakti tersebut, Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden H.M. Jusuf Kalla hadir dengan menawarkan VISI transformatif: "Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong."

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut terah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA CITA. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dafam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara aksereratif, berlandaskan prinsip-prinsip pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (Shm)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Asisten III Pimpin Upacara HUT Korpri Ke 46

    11 bulan lalu

    Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia ( Korpri) ke-45, untuk tingkat Kabupaten Kampar dalam pelaksanaannya dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Kampar dipinpin oleh Asisten III Bidang Umum dan Pegawaian Setda Kampar.Ir Nurahmi,MM sel

  • Ir.Damri Harun Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

    8 bulan lalu

    ROHUL(POROSRIAU.COM)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) Jumat, (17/2/2017) pagi laksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten. Sekdakab tekankan kepada pegawai Pemkab Rohul untuk memaknai perjuangan para Pahlawan terdahulu.

  • Semarak Hari Jadi Provinsi Riau Dan HUT RI, SMKN 1 Kuok Taja Berbagai Pelombaan

    2 bulan lalu

    Ditajanya berbagai kegiatan perlombaan tersebut merupakan gagasan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bekerjasama dengan Waka Kesiswaan di SMK N 1 Kuok, Kabupaten Kampar.

  • Kapolres Kampar Pimpin Upacara Taptu

    2 bulan lalu

    Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SiK.MH, Perwira Upacara Kasat Sabhara AKP Hermawan

  • Wabup Khairizal Pimpin Apel Peringatan Harhubnas 2016

    tahun lalu

    Inhu (Porosriau.Com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) menggelar upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2016 di halaman Kantor Bupati Inhu, Pematangreba, Senin (19/9/2016). Meskipun sempat di guyur hujan gerimis,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.