Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Kampar
  • RTMPE Usaha Yang Paling Ideal Bagi Kelompok Tani
Minggu, 06 November 2016 13:46:00

RTMPE Usaha Yang Paling Ideal Bagi Kelompok Tani

Oleh: Shm
Minggu, 06 November 2016 13:46:00
BAGIKAN:
Shm
Bupati Kampar Peragakan Mesin Chopper Blender Pembuat Pakan Ternak.

 

Bangkinang(Porosriau.com) – Usaha Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) paling ideal bagi karyawan yang akan pensiun maupun bagi masyarakat  Kelompok Petani, tinggal lagi mencari pekerjanya saja.
 
RTMPE adalah usaha keluarga dimana lokasi maupun lahan usahanya dekat dan berada di sekitar kita, jadi mudah dilaksanakan karena dapat dikerjakan bersama dan bergotong royong dengan anggota keluarga.
 
Demikian Bupati Kampar H.Jefry Noer menjelaskan, ketika menerima kunjungan karyawan PT.Semen Padang Provinsi Sumatera Barat sebanyak 20 orang yang akan memasuki masa pensiun bersama masyarakat kelompok tani sekitar perusahaan tersebut di lokasi RTMPE Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Sabtu (5/11).
 
Lebih jauh Jefry Noer bercerita sambil menerangkan satu persatu usaha yang dapat di lakukan di lahan RTMPE sekalipun luas lahannya hanya 1 000 meter saja, mulai dari peternakan sapi hanya enam ekor mampu menghasilkan pupuk biourine dan biogas untuk sumber tenaga listrik dan kompor biogas, usaha ternak ayam, ternak ikan, ada pertanian tanaman bawang atau cabai dan sayuran lainnya serta usaha rumah jamur.
 
Disamping ini program kerja utama Dinas di Pemda Kampar untuk mempercepat pengentasan kemiskinan, pengangguran dan Rumah kumuh sebagai sasaran utama pembangunan Kabupaten Kampar, kerja bertani memang sudah hoby saya dari dahulu, kata Jefry Noer menambahkan, apalagi sekarang menjadi Bupati karena itu saya kembangkan dengan teknologi terapan berdasarkan program ATM yaitu Amati, Tiru kemudian Modifikasi programnya hingga terwujud RTMPE ini, ungkapnya.
 
Sesampainya rombongan perwakilan PT. Semen Padang di lokasi saung tempat istirahat sejenak, Jefry melanjutkan penjelasannya seputar RTMPE sembari memasakkan mie instan buat rombongan sambil berkata “ Bapak-bapak akan saya masakkan mie instan yang bahan bakar kompor gas nya dari kotoran ternak sapi di lahan RTMPE ini, terang Jefry Noer”.
 
Sambil menyantap mie instan yang telah siap dimasaknya, Jefry berkata “mie nya tidak ada bau kotoran sapi kan” ujarnya berseloroh yang “sontak” (bersama) dijawab tawa rombongan, luar biasa Pak Bupati, ini kerja nyata dan patut di contoh untuk percepatan mengantarkan kita menuju keluarga sejahtera hanya berbekal lahan 1000 meter saja.
 
Indonesia akan sejahtera kalau para pemimpinnya menjalankan program RTMPE seperti program Pak Jefry Noer ini, dimana program pembangunan ekonomi dan SDM bukan hanya omongan dan teori saja tetapi bukti dan kerja nyata yang akan mengantarkan rakyat sejahtera ekonominya, ujar ketua rombongan Basri Dt Rj Usali sambil menyantap mie instannya.(Shm).

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Ilmu Menjahit Modal Yang Luar Biasa

    12 bulan lalu

    Rombongan karyawan Perwakilan PT.Semen Padang Provinsi Sumatera Barat yang akan memasuki masa pensiun bersama masyarakat kelompok tani sekitar perusahaan sebanyak 20 orang kunjungi lahan Usaha Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) dan Pusat Kegia

  • Sektor Pertanian di Harapkan Kurangi Angka Kemiskinan

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Dalam mensukseskan program Pemerintah Pusat untuk melakukan swasembada pangan bagi Indonesia disambut optimis oleh Pemerintah Kabupaten.

  • Sebelum Tanam Padi, Kelompok Tani Rimbo Hampar Gelar Tradisi Potong Kambing Dan Ayam

    11 bulan lalu

    Untuk mengulang sukses pada hasil panen padi musim tanam lalu dengan melakukan pemotongan ayam tiga warna, kini kelompok tani Rimbo Hampar Desa Suka Maju Kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu kembali mengadakan ritual potong Ayam dan Kambing.

  • Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti ke-8, Bupati Ajak Segenap Masyarakat Bersatu Padu Bangun Meranti

    10 bulan lalu

    SELATPANJANG (POROSRRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti Ke-8 Tahun 2016. Upacara dalam rangka mengenang terbentuknya Kabupaten Meranti pada Tanggal 19 Desember 20

  • Budidaya Ikan Patin Bantu Dongkrak Ekonomi Masyarakat

    7 bulan lalu

    Disaat kondisi ekonomi yang kian tidak menentu masih tersimpan secerca harapan yang besar bagi kelompok tani tuah agung kelurahan mempura Kecamatan sei. Mempura Kabupaten siak pada hari ini selasa, 14/03/2017 melakukan panen ikan, panen ini kerupakan pane

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.